Dukung Gus Ipul, PKS tinggalkan Gerindra dan PAN

Suarajatim.com - Rencana membangun poros baru di Pilgub Jawa Timur oleh Partai Gerindra, PKS dan PAN, terancam batal. Sebab, DPP PKS akhirnya menyatakan dukungan kepada Syaifullah Yusuf (Gus Ipul)-Azwar Anas sebagai cagub-cawagub Jatim.

"PKS sudah tegas mendukung Gus Ipul di Pilkada Jatim, bukan calon lainnya," ujar Ketua Bidang Wilayah Dakwah Jatijaya DPP PKS Sigit Sosiantomo di Surabaya, dikutip dari Antara, Kamis (7/12).

Sigit menilai Gus Ipul sebagai kandidat yang potensial dan berkualitas sebagai seorang calon gubernur, setelah dua periode sebelumnya menjabat sebagai orang nomor dua di Jawa Timur.

"Beliau sudah terbukti dan teruji selama hampir 10 tahun memimpin Jawa Timur bersama Pakde Karwo. Makanya PKS tetap memberikan rekomendasinya ke Gus Ipul yang sekarang maju bersama Abdullah Azwar Anas," ucapnya.

Karena itulah, kata dia, PKS sebagai partai pendukung pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) di dua Pilkada Jatim sebelumnya, sudah memantapkan pilihan dan beranggapan majunya Gus Ipul tidak jauh berbeda dengan KarSa karena sosok Gus Ipul.

"Jadi kami berkomitmen mendukung Gus Ipul dan sudah tidak ada perubahan, sudah oke, sudah resmi itu," kata Wakil Ketua Komisi V DPR RI tersebut

Tak itu saja, ia juga memastikan partainya tidak bergabung dengan poros baru bersama Gerindra dan PAN. Pasalya, sampai saat ini belum tahu siapa yang akan diusung dari poros baru tersebut.
"Tidak ada poros baru dan kami tidak bergabung karena tidak jelas siapa yang mau didukung. Pakai yang lama sajalah sudah terbukti," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, rencana membangun poros baru itu disuarakan oleh PAN, mengajak Gerindra dan PKS. Koalisi 3 parpol ini mengantongi 26 kursi di DPRD Jawa Timur. Dengan keluarnya PKS, maka menyisakan Gerindra dan PAN.

Dua parpol ini jika bergabung, masih bisa mengusung cagub-cawagub karena punya 20 kursi, syarat minimal mengusung cagub-cawagub.

Namun, belum diketahui siapa cagub-cawagub yang akan diusung. PAN sebagai inisiator, justru belakang makin memberikan sinyal mendukung untuk Khofifah-Emil Dardak yang sudah diusung Golkar, Demokrat, Nasdem, Hanura dan PPP. Gus Ipul-Anas sudah diusung PDIP dan PKB.//Cst
Share on Google Plus

About Suara Jatim

Suarajatim.com adalah portal berita yang memfokuskan sentra informasi tentang Jawa Timur dengan tidak menghilangkan topik-topik terhangat di lintasan nasional.