Ketua MPR: Semua agama menyerukan kerukunan dan kebersamaan

Ketua MPR Zulkifli Hasan saat bertemu Uskup Keuskupan malang Mgr. Hendricus Pidyarto Gunawan
Suarajatim.com - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan) mengatakan Indonesia pantas menjadi teladan bagi negara lain soal kerukunan umat beragama.

"Indonesia pantas menjadi contoh bagi negara-negara lain, termasuk negara maju seperti Amerika dan Eropa," tandas Zulkifli.

Zulkifli menuturkan keberagaman di Indonesia adalah karunia dari Allah SWT.  "Perbedaan yang ada bisa dijadikan satu keunggulan dan hikmah yang menjadi satu kekuatan bagi bangsa," katanya.

Zulkifli yakin bangsa Indonesia akan menjadi negara yang maju, hebat dan meninggalkan negara lain. Menurut dia Indonesia punya potensi yang luar biasa.

Meski begitu, Zulkifli mengingatkan untuk terus menjaga kesatuan dan kerukunan. Ia mengatakan sudah kewajiban bagi umat beragama untuk menjaga toleransi, ketertiban dan kedamaian, serta menjadikan empat konsesus Indonesia menjadi perilaku dan budaya sehari-hari.

"Kita sudah punya Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Tapi itu perlu diaktualisasikan secara nyata, apalagi semua agama itu sendiri juga menyerukan kerukunan dan kebersamaan," ucapnya.

Karena itu pula, Zul Hasan beberapa kali menggelar silaturrahim ke tokoh-tokoh agama untuk menegaskan tekad bersama menghadapi tantangan globalisasi. "Untuk menyamakan persepsi bahwa di era globalisasi ini, kita bisa menghadapi segala ujian dan cobaan yang menganggu kerukunan kita," tandasnya.//cst
Share on Google Plus

About Suara Jatim

Suarajatim.com adalah portal berita yang memfokuskan sentra informasi tentang Jawa Timur dengan tidak menghilangkan topik-topik terhangat di lintasan nasional.