Muhammadiyah prediksi tak akan ada reaksi keras dari Timur Tengah untuk Trump

Suarajatim.com - PP Muhamadiyah menilai negara-negara timur tengah tidak akan berbuat banyak untuk merespon pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, yang secara sepihak akan memindahkan ibu kota Israel ke Yerusalem.

Sekertaris Jendral PP Muhamadiyah Abdul Mu’ti mengatakan, saat ini sebagian besar negara-negara Timur tengah sedang mengalami masalah politik dalam negaranya masing-masing.
Hal ini, jelasnya, akan membuat fokus mereka tertuju pada masalah internal negaranya ketimbang menyoroti pernyataan Trump tersebut.

“Saya kira sekarang ini dunia Timur Tengah dalam posisi yang lemah, karena kita melihat hampir semua negara di sana mengalami masalah politik dalam negeri, mereka akan fokus menyelesaikan masalahnya sendiri,” kata Abdul dalam diskusi ‘Kotak Pandora itu Bernama Yerusalem’ di Jakarta Pusat, Sabtu (9/12).
Sekertaris Jendral PP Muhamadiyah Abdul Mu’ti

Tak hanya itu, Abdul juga menyebut adanya koalisi anti terorisme di antara sesama negara Arab yang menjadi penghambat lain yang dapat meredam gelombang protes di kawasan tersebut terhadap penyataan Trump. Koalisi ini sendiri diinisiasi oleh Arab Saudi.

“Kemudian koalisi Saudi soal anti terorisme juga membuat negara – negara Timur Tengah semacam terpenjara oleh koalisi itu sehingga kemudian mereka sangat terpengaruh pada sikap politik Yahudi,” ucapnya.

Menurut Abdul, pernyataan yang dilontarkan Trump bukan asal bunyi saja, melainkan telah diperhitungkan secara matang. Trump disebutnya telah memanfaatkan keadaan negara Timur Tengah yang sedang mengalami krisisis politik untuk menunjukan sikap pragmatis demi kepentingan pribadinya.

Abdul mengatakan sikap Trump tersebut selain tidak mengutungkan AS secara politik, pernyataan itu  juga berpotensi menimbulkan ancamaan keamanan dunia.

“Dalam konteks ini saya melihat Trump sudah mempehitungkan bahwa tidak ada reaksi keras dari negara – negara Timur tengah kecuali reaksi dari Iran dan Turkei,” tutup Abdul.//Cst.sumber:rilis

Share on Google Plus

About Suara Jatim

Suarajatim.com adalah portal berita yang memfokuskan sentra informasi tentang Jawa Timur dengan tidak menghilangkan topik-topik terhangat di lintasan nasional.