Lusa KPU Tetapkan Caleg Terpilih DPRD Jatim

SuaraJatim.com - Selasa (13/8) lusa Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur akan menetapkan Calon Legislatif terpilih untuk DPRD Jawa Timur 2019-2024.

Di dalam penetapan tersebut akan diikuti oleh sejumlah peserta pemilu, mulai partai politik hingga 120 caleg DPRD Jatim terpilih.

"Caleg diundang melalui partai masing-masing," kata Komisioner KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro.

Tak hanya peserta pemilu, pihaknya juga mengundang jajaran forum pimpinan daerah (Forpimda) di lingkungan Jawa Timur.

"Kami juga mengundang Gubernur (Khofifah Indar Parawansa), ormas (organisasi kemasyarakatan), OKP (organisasi kepemudaan), hingga kawan-kawan pers," katanya.

Penetapan tersebut menjadi rangkaian pemilu setelah KPU Jatim selesai menghadapi gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Di dalam proses PHPU di MK, ada empat perkara yang teregistrasi untuk pileg DPRD Jatim. Namun, pada putusannya, MK tak mengabulkan seluruh gugatan tersebut.

Dengan demikian, hampir dapat dipastikan bahwa PDI Perjuangan memimpin perolehan kursi DPRD Jatim, terlihat dari hasil rekapitulasi suara oleh KPU Jatim yang selesai pada Jumat (10/5/2019) silam.

Menggunakan metode perhitungan sainte league terhadap 14 daerah pemilihan di Jatim, terungkap bahwa PDI Perjuangan sukses mengemas 27 kursi dari total 120 kursi DPRD Jatim (22,5 persen) sekaligus memimpin perolehan kursi.

Di bawah PDI Perjuangan, berturut-turut ada PKB (25 kursi), Gerindra (15 kursi), Demokrat (14 kursi), dan Golkar (13 kursi) yang juga masuk jajaran lima besar partai dengan kursi terbanyak.

Nasdem menjadi partai yang perolehan suaranya melesat drastis. Pada pemilu 2014 Nasdem hanya mendapat empat kursi (empat persen), kini sukses mengemas 9 kursi (8,3 persen jumlah kursi DPRD Jatim) atau meningkat lebih dari 100 persen.

Dengan jumlah sebanyak itu, NasDem berada di urutan keenam. Selain itu, PPP menjadi satu-satunya partai yang memiliki jumlah kursi yang sama dengan pemilu sebelumnya, yakni lima kursi.

Sedangkan PAN, PKS dan Hanura pada pemilu 2019 ini turun. Sebelumnya, PAN yang mendapatkan tujuh kursi kini hanya mendapat enam kursi. Sementara PKS yang sebelumnya mendapat enam kursi kini menyisakan empat kursi.

Serta, Hanura dari yang sebelumnya mendapat dua kursi kini hanya ada satu kursi.
Partai baru yang akan masuk ke parlemen adalah PBB yang kemungkinan mendapat satu kursi dari Dapil Jatim 14 (Madura).//cw

Berikut Perolehan Kursi  Partai Politik DPPRD Jatim di Pemilu 2019:
1. PDI Perjuangan: 27 kursi
2. PKB: 25 kursi
3. Gerindra: 15 kursi
4. Demokrat: 14 kursi
5. Golkar: 13 kursi
6. NasDem: 9 kursi
7. PAN: 6 kursi
8. PPP: 5 kursi
9. PKS: 4 kursi
10. Hanura: 1 kursi
11. PBB: 1 kursi






Share on Google Plus

About suara jatim

Suarajatim.com adalah portal berita yang memfokuskan sentra informasi tentang Jawa Timur dengan tidak menghilangkan topik-topik terhangat di lintasan nasional.

0 comments:

Posting Komentar