Pengamat Nilai Jokowi Sulit Wujudkan Kabinet Profesional


Suarajatim.com - Sikap Presiden Joko Widodo yang memberikan jaminan jika PDIP mendapat jatah menteri terbanyak dimaknai sebagian kalangan sebagai bentuk belum merdekanya Jokowi dari pengaruh parpol.

Sikap tersebut dikemukakan Jokowi menjawab permintaan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang dilontarkan saat Kongres ke-V PDI-P di Hotel Grand Inna Bali Beach.

"Tidak mungkin Jokowi lepas dari pengaruh partai," kata Analis Politik Pangi Syarwi Chaniago.

Menurut Pangi, posisi presiden secara konstitusional seharusnya sangat kuat sehingga tidak perlu setengah hati dalam menjalankan amanat dan kepercayaan rakyat.

Dengan demikian, kata dia, pengangkatan menteri jangan sampai lebih cenderung kepada tawar menawar dan kompromi semata daripada faktor kompetensi dan profesionalisme. 

Seharusnya, lanjut Pangi, sekuat apapun upaya intervensi dan tekanan politik tidak akan memberi pengaruh apapun jika presiden secara personal juga kuat.

Direktur Eksekutif Voxpol Research and Consulting ini menilai, bila posisi presiden tersandera, maka akan membuka potensi terjadinya kompromi-kompromi politik dalam pembentukan kabinet. Akibatnya hak prerogatif presiden kurang maksimal dijalankan.

"Bila terbebani, maka kabinet ahli dari profesional memang sulit terwujud (zaken kabinet) karena Jokowi tetap harus berkompromi dan mengakomodir kepentingan parpol, agar tidak diganggu dan dijahilin/direcoki partai nantinya," katanya.

Terkait permintaan Mega, menurut Pangi, tidak ada yang ganjil dan salah soal bagaimana sikap ketua umum partai politik meminta jabatan kursi menteri. Sikap PDIP menunjukkan daya tawar dan memakai panggung kongres untuk memperlihatkan PDIP sebagai partai yang paling pantas mendapatkan kursi menteri paling banyak.

"Jadi Jokowi juga punya bergaining position meningkatkan daya tawarnya, bisa saja Jokowi tidak akan menuruti semua kemauan dan mengabulkan permintaan Megawati," kata dia.//cw

Share on Google Plus

About suara jatim

Suarajatim.com adalah portal berita yang memfokuskan sentra informasi tentang Jawa Timur dengan tidak menghilangkan topik-topik terhangat di lintasan nasional.

0 comments:

Posting Komentar

close
Iklan Sticky