-->
close
harga batu koral

Ini Alasan Hanafi Rais Lebih Pilih Dampingi Mulfachri Harahap dalam Bursa Ketum PAN

Suarajatim.com - Berbeda dengan calon ketua umum lainnya yang belum men-declare calon sekejend yang akan mendampinginya, Mulfachri Harahap yang sudah men-declare calon sekjend jika terpilih menjadi Ketua Umum PAN kelak, yakni Hanafi Rais.

Sebagaimana diketahui, ada beberapa nama yang disebut-sebut bakal maju dalam bursa calon Ketua Umum PAN di kongres PAN mendatang. Namun, semuanya masih belum menyebut nama calon sekjend yang akan mendampingi mereka.

“Yang dipilih memang hanya ketua umum, tapi kami ingin memulai sebuah ijtihad baru dalam berpartai. Kita awali Kongres PAN agar lebih transparan dengan men-declare caketum dan casekjend. Karena bagaimanapun dalam setiap keputusan strategis dan resmi yang tandatangan adalah ketum dan sekjend,” papar Hanafi Rasi di hadapan para Ketua dan Sekretaris DPD PAN seluruh Jawa Timur pada Sabtu (12/1) lalu.

Dengan secara terbuka men-declare calon sekjend sejak awal, menurut Hanafi itu bisa mereduksi politik dagang sapi, tawar menawar posisi yang hanya berujung pada kepentingan pragmatis semata.

“Kami ingin membuktikan bahwa kami memiliki komitmen untuk membangun partai bersama-sama dengan menyiapkan ide dan gagasan-gagasan sejak awal berpasangan,” tandasnya. 

Karena itu pula, sejak awal ia dan Mulfachri juga sudah membuat komitmen bersama untuk berbagi peran dalam menjalankan program kerja partai. “Butuh percepatan dan pembagian tugas untuk bisa menjangkau seluruh wilayah dalam rangka melaksanakan kerja-kerja kepartaian. Dan ini tidak bisa hanya mengandalkan ketua umum saja,” tandasnya.

Ketua Fraksi PAN DPR RI ini juga mengungkapkan alasannya kenapa memilih bersinergi dengan Mulfachri.

“Saya lima tahun terakhir di DPR menjadi kolega Bang Kimung (sapaan akrab Mulfachri, red) bisa merasakan betul banyaknya gagasan, ide dan inovasi dari Bang Kimung. Karena itu, jika mendapatkan saluran yang pas yakni sebagai ketua umum, maka saya yakin ia bisa membawa PAN menjadi partai besar di masa mendatang,” paparnya.

Hanafi juga tak menampik tentang banyaknya pertanyaan terkait dengan penampilan Mulfachri yang terkesan angker dan berjarak.

“Jika sudah kenal, Insyaallah bisa sangat memahami. Saya merasakan betul selama 5 tahun menjadi kolega beliau. Ia adalah pemimpin yang sabar diajak diskusi dan mau mendengar banyak pendapat. Kedua hal ini sangat diperlukan dalam membangun partai secara menyeluruh. Ia juga tidak ngotot jika punya kehendak. Bacaannya sangat kuat sehingga bobot pemikiran dan gagasannya benar-benar bisa jadi modal besar bagi PAN mendatang,” urai Hanafi sambil menambahkan jika tampang garang itu hanya di luar saja. “Hatinya hello kitty,” tambahnya sambil tergelak.//cw
LihatTutupKomentar