Masyarakat Anti Korupsi Beber Lima Alasan Gugat Pasal 27 Perppu Covid-19

Gugat Pasal 27 Perppu Covid-19
Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman

Suarajatim.com - Presiden Jokowi telah menggunakan kewenangannya dalam bentuk menerbitkan Peraturan Pemerintan Pengganti Undang Undang (Perppu) No.1 tahun 2020 dengan judul yang cukup panjang. 


Yaitu, Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disesae 2019 (COVID-19) dan/atau dalam Rangka Menghadapi Ancaman yang membahayakan perekonomian Nasional dan/atau Stabilitas Sistem Keuangan.

Baca: Gugat Perppu Covid-19, Inilah Alasan yang Dikemukakan Para Pakar Hukum Muhammadiyah

Perppu itu akan menggunakan anggaran negara Rp. 405 Triliun. Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) bersama Yayasan Mega Bintang 1997, LP3HI, KEMAKI dan LBH PEKA pada Kamis (9/4) lalu telah mendaftarkan permohonan uji materi untuk membatalkan pasal 27 Perppu No. 1 tahun 2020 tersebut.

"Pendaftaran melalui media pendaftaran online pada WEB Sistem informasi Permohonan Elektrik (SIMPEL) Mahkamah Konstitusi," kata Koordinator MAKI, Boyamin Saiman.

MAKI mengungkapkan lima alasan pengajuan uji materi untuk membatalkan pasal 27 Perppu No, 1 Tahun 2020 yaitu:
  1. Pasal 27 Perppuu No. 1 tahun 2020 adalah pasal yang superbody dan memberikan imunitas kepada aparat pemerintahan untuk tidak bisa dituntut atau dikoreksi melalui lembaga pengadilan sehingga pasal 27 Perppuu No. 1 tahun 2020 jelas bertentangan dengan UUD 1945 yang menyatakan Indonesia adalah negara hukum sehingga semestinya semua penyelenggaraan pemerintahan dapat diuji atau dikontrol oleh hukum baik secara pidana, perdata dan Peradilan Tata Usaha Negara. 
  2. Bahwa jika perbandingan mengacu kedudukan Presiden Republik Indonesia adalah tidak kebal karena tetap manusia biasa yang mungkin saja tidak luput salah dan khilaf sehingga terdapat sarana pemakzulan ( impeach ) apabila diduga telah melanggar ketentuan UU atau UUD sehingga sekelas Presiden tidak kebal termasuk tetap dapat dituntut hukum apabila melanggar hukum baik dalam keadaan normal maupun bencana, hal ini jelas berbeda dengan kekebalan para pejabat keuangan yang tidak dapat dituntut hukum sebagaimana diatur oleh Pasal 27 Perppu No. 1 tahun 2020 
  3. Kami tidak ingin terulang skandal BLBI dan Century. Dalil BLBI dan Century selalu disandarkan dengan istilah kebijakan yang tidak bisa dituntut. Kami yang selalu mengawal BLBI dan Century dalam bentuk pernah menang praperadilan kasus BLBI dan Century tidak ingin terulang skandal BLBI dan Century yang merugikan keuangan negara ratusan triliun. 
  4. Bahwa pada jaman pemerintahan Presiden SBY tahun 2008 pernah menerbitkan Perppu yang sejenis namun ditolak oleh DPR ( Perppu No. 4 Tahun 2008 tentang Jaring Pengaman Sistem Keuangan ) sehingga semestinya tidak pernah ada lagi Perppu yang memberikan kekebalan penyelenggara pemerintahan terkait keuangan negara. 
  5. Bahwa dalil itikad baik, tidak bisa dituntut hukum dan bukan merugikan keuangan negara harus diuji melalui proses hukum yang fair dan terbuka, tidak boleh ada istilah itikad baik berdasar penilaian subyektif pelaku penyelenggara pemerintahan sendiri. Bisa saja ternyata klaim itikad baik ternyata kemudian terbukti itikad buruk sehingga tetap harus bisa dituntut hukum untuk membuktikan itikad baik atau itikad buruk.


"MAKI selalu mendukung upaya pemerintah untuk menjaga rakyat dari Covid 19 dalam bentuk selalu mengawal dan mengontrol serta meluruskan kembali apabila pemerintahan mengarah kebal dan tidak dapat dikontrol melalui mekanisme hukum," kata Boyamin Saiman.//

LihatTutupKomentar