-->
close
harga batu koral

Imbas Corona, Cuti Bersama Lebaran 22 Mei Digeser ke Akhir Tahun

kalender cuti lebaran 2020

Jakarta, Suarajatim.com - Pemerintah memutuskan untuk membatalkan rencana cuti bersama yang sedianya diadakan pada 22 Mei 2020, atau H-2 sebelum Idul Fitri. Namun demikian karena pandemi virus corona, maka cuti bersama akan digeser ke akhir tahun.



Sebagaimana diketahui bersama, Kamis, 21 Mei 2020 merupakan hari libur keagamaan, yaitu peringatan Kenaikan Isa Al Masih. Pemerintah semula menetapkan 22 Mei 2020 sebagai hari cuti bersama karena pada hari itu adalah hari 'kejepit'.

Baca: Libur Covid-19, Seharusnya Jadi Momentum Bikin Siswa Lebih Mandiri

"(Untuk perubahan cuti bersama) sedang disiapkan revisi dari SKB Menteri," ujar Sesmenko Perekonomian, Susiwijono Moegiarso dikutip dari Indozone.


Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan bila Jumat (22/5) yang semula ditetapkan sebagai hari cuti bersama Lebaran 2020, Pemerintah memutuskan untuk tetap masuk kerja. "Jadi Jumat enggak libur ya. Kita sudah putuskan tetap masuk kerja. Kan memang sedang work from home juga,"dilansir Kumparan.

Baca: Awas, Tidur Terlalu Lama Bisa Memicu Stroke


Sementara itu, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, seusai rapat kabinet terbatas secara virtual mengatakan, tanggal 22 Mei 2020 diputuskan batal dijadikan hari cuti bersama.


Pertimbangannya adalah, masyarakat saat ini tengah melakukan Work From Home (WFH), serta juga diberlakukan PSBB dan larangan mudik. Maka itu cuti bersama dianggap tidak efektif jika terus dilanjutkan.

"Pemerintah memang sudah membatalkan cuti bersama Idul Fitri yang seharusnya dilaksanakan pada 22 Mei besok. Hal itu berlaku untuk ASN dan pegawai BUMN," katanya.

Baca: Keindahan Alam dan Wisata Air Panas Jadi Magnet Wisata Galunggung


Sebelumnya, cuti bersama dan libur Lebaran selalu berurutan menjadi libur yang cukup panjang bagi masyarakat Indonesia. Di awal tahun, pemerintah menetapkan tanggal Lebaran 2020 di 24-25 Mei 2020 sedangkan cuti bersama ditetapkan tanggal 26 hingga 29 Mei 2020.

Tapi karena pandemi virus corona, cuti bersama digeser ke akhir tahun yakni 28 hingga 31 Desember 2020.
LihatTutupKomentar