Gencarkan Industri Perkereta Apian Dan Maritim: Gem Adakan Railwaytech Dan Inamarine 2022

Railwaytech Dan Inamarine 2022

Jakarta, Suarajatim.com - Kabar gembira bagi para pelaku, professional dan praktisi industri transportasi kereta api dan maritim. Dimana GEM Indonesia kembali akan menggelar pameran teknologi dan inovasi transportasi kereta api dan maritim berskala internasional terbesar di Asia Tenggara, RailwayTech Indonesia 2022 dan INAMARINE 2022 yang diselenggarakan tiga hari pada tanggal 19 – 21 Oktober 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Indonesia dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, yang paling gencar dalam pembangunan transportasi kereta api saat ini. Terdapat beberapa mega proyek kereta api yang sudah atau sedang dalam pengerjaan seperti MRT Jakarta fase 1 dan 2, Kereta Cepat Jakarta Bandung, LRT Jakarta, LRT Jabodebek, Kereta Api Celebes Sulawesi, dan lain – lain.

Mulai Hari Ini, Pesawat, Kapal Laut, Dan KA Jarak Jauh Dilarang Angkut Penumpang


Sedangkan beberapa lainnya masih dalam studi dan perencanaan seperti MRT fase 3, Kereta Cepat Jakarta - Surabaya, dan LRT di beberapa kota besar Indonesia, seperti Bandung, Medan, Makassar, Bali, dan Surabaya.

Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), LRT Jabodebek dan MRT Jakarta memiliki potensi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi baru di Indonesia khususnya di wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta juga daerah – daerah di sekitarnya. Hal ini juga akan berkontribusi terhadap peningkatan pembangunan, pertumbuhan, serta pengembangan perekonomian wilayah dan Kawasan.

Sidak Stasiun Pasar Turi, Kapolda Dan Pangdam Lakukan Pengecekan Prokes


Selain transportasi darat kereta api, pemerintah memiliki visi menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, pemerintah memiliki komitmen kuat dalam mengembangkan industri perkapalan yang tentunya memberikan keuntungan bagi para pelaku dan pekerja di sektor industry tersebut. Presiden Joko Widodo menargetkan untuk mengoptimalkan transportasi laut, mewajibkan BUMN dan instansi lain di bidang kemaritiman untuk membeli kapal dari galangan kapal dalam negeri.

Selain menggelar Railwaytech Indonesia 2022 dan INAMARINE 2022, dalam waktu yang bersamaan, GEM Indonesia turut menggelar INAGRITECH 2022 di bidang teknologi serta inovasi pertanian modern (smart farming 4.0), teknologi pangan (food tech) serta kimia. Indonesia yang dikenal sebagai penghasil kelapa sawit terbesar di dunia pastinya memerlukan teknologi yang modern guna menunjang produksinya. INAPALM ASIA 2022 hadir untuk menunjang kebutuhan teknologi produktivitas kelapa sawit di industri 4.0 seperti saat ini.

Mengingat Indonesia adalah negara agraris, pemerintah pun berupaya untuk menjadikan Indonesia sebagai lumbung padi dengan merombak sistem pertanian lama menjadi modern. Pertanian modern (smart farming 4.0) sendiri yaitu teknologi atau inovasi di bidang pertanian yang lebih maju dari segi mesin, pengendalian hama penyakit, sampai panen dan pasca panen.

Kebutuhan pupuk juga pastinya meningkat di industri 4.0 seperti saat ini, INAGRICHEM 2022 juga turut hadir untuk memenuhi kebutuhan pupuk di era pertanian modern (smart farming 4.0) ini. Di waktu yang bersamaan Sugar Mach Indonesia 2022 juga diselenggarakan. Teknologi modern untuk produktivitas gula harus segera ditingkatkan di Indonesia agar Indonesia dapat beradaptasi dan memenuhi kebutuhan gula yang tinggi di negerinya sendiri.

Pameran ini juga turut didukung oleh Asosiasi Gula Indonesia (AGI) dan Indonesia Sugar Research Institute (P3GI), dan beberapa asosiasi lainnya untuk meningkatkan produktivitas gula di Indonesia di industri 4.0.

Selain itu, adanya penerapan industri 4.0 di pabrik makanan dan kimia membuat GEM Indonesia turut melaksanakan pameran Food Manufacturing dan Chemical Indonesia Indonesia 2022 untuk memamerkan teknologi terkini pengolahan makanan (food tech) dan kimia.

Pameran berskala internasional ini dilaksanakan selama 3 hari dari pukul 10.00 – 18.00 WIB di JIExpo Kemayoran, Jakarta pada tanggal 19 – 21 Oktober 2022. Akan banyak sekali teknologi terkini di industri kereta api, maritim, pertanian modern (smart farming), perkebunan sawit dan gula, makanan (food tech), dan kimia.(BP)
LihatTutupKomentar