mie lurus

Kampanye Angka Kembar Shopee Bantu Pengusaha Dalam Mendorong Peforma Bisnis

 

Shopee

SJT- Hingga saat ini kolaborasi terus menunjukan perannya sebagai salah satu strategi yang esensial dalam mendukung perkembangan bisnis para pelaku usaha. Ruang kreasi yang tercipta memberikan kesempatan untuk memperkuat potensi hingga mendorong performa bisnis yang lebih baik.  Pada kampanye Shopee 10.10 Brands Festival, setiap tahunnya dimeriahkan oleh mitra brand terpercaya yang menghadirkan berbagai penawaran menarik dan Super Brand Day setiap harinya. Yang spesial kali ini, Shopee mengadakan acara media gathering bersama Lizzie Parra, Founder & CMO BLP Beauty dan Nida Fadllillah, Head of Marketing & Communications Diario berbagi kisah inspiratif perjalanan para pelaku usaha lokal. Mulai dari cerita awal mula  merintis brand hingga upaya membuka peluang dengan kolaborasi strategis dan pemanfaatan platform online dalam berjualan.

Daniel Minardi, Head of Brands Management Shopee Indonesia mengatakan, “Sebagai platform e-commerce, Shopee terus berupaya untuk selalu memberikan apa yang menjadi kebutuhan setiap ekosistem di dalamnya, termasuk para mitra dan pelaku usaha. Maka dari itu, tahun ini kami kembali menghadirkan kampanye Shopee 10.10 Brands Festival yang secara bersamaan, kampanye ini juga merupakan salah satu bukti nyata dari keindahan berkolaborasi. Harapannya Shopee ingin memberikan wadah bagi mitra brand dan penjual untuk memperluas jangkauan mereka dalam memperkenalkan produk lokal yang berkualitas. Sehingga ini juga merupakan langkah kami setiap tahunnya, untuk terus bersinergi dengan mitra brand dan penjual terpercaya dalam menghadirkan berbagai penawaran menarik agar dapat memenuhi kebutuhan pengguna Shopee.” Brand lokal tidak boleh dipandang sebelah mata. Inilah misi yang dibawa oleh Lizzie Parra dalam membangun brand kecantikan nya, BLP Beauty. Ketertarikan yang besar akan dunia kecantikan sejak kecil membawa nya ingin membuktikan kualitas produk hasil karya anak bangsa yang tidak kalah saing melalui BLP Beauty yang dibangun pada 2016 lalu.

Perjalanan yang harus Lizzie lalui tidaklah mudah dan sebentar. Mengawali karir sebagai karyawan di perusahaan kecantikan, ia berani banting setir dan mewujudkan mimpinya sebagai make-up artist. Ternyata langkah ini mengantarkan Lizzie Parra menuju kesuksesan sebagai sosok make-up artist yang dikenal oleh masyarakat melalui ulasan dan tips kecantikan yang ia berikan yang turut menjadikannya sebagai beauty influencer yang dipercayai khalayak luas. Hal ini membuat Lizzie bisa terus menambah list klien yang ia miliki.

Namun, sepanjang karirnya sebagai make-up artist, Lizzie sering mendapatkan pengalaman ketika klien nya tidak mau menggunakan produk lokal yang ia gunakan. Dari sini ia menemukan bahwa kepercayaan masyarakat Indonesia sendiri akan produk lokal masih rendah, padahal banyak produk lokal di luar sana yang bagus dan berkualitas. Akhirnya Lizzie mulai riset dan mencari tahu alasan dan kekurangan dari produk lokal yang dirasakan oleh orang di sekitarnya.

Lizzie Parra, Founder & CMO BLP Beauty mengatakan, “Dari temuan yang aku dapatkan, aku coba menjawab ini dengan membuat produk aku sendiri dalam mengisi celah yang ada. Lewat BLP Beauty, aku mau menciptakan produk yang dapat menjawab kebutuhan yang diinginkan orang Indonesia. Saat itu aku juga mencari informasi mengenai tempat pembuatan pabrik kosmetik di Indonesia melalui dunia maya, karena aku mau produk aku dibuat nya juga secara lokal. Akhirnya produk pertama yang kami luncurkan itu adalah lip coat dengan 8 warna yang merepresentasikan beberapa personality orang saat menggunakan lipstik, dan saat itu belum ada brand lokal yang memiliki produk ini.”

Mendapatkan respon yang positif dari konsumen, BLP Beauty terus mengembangkan dan melengkapi ragam produk nya. Dari lip coat kemudian face powder, eyebrow dan masih banyak lainnya agar konsumen yang biasa disebut BLP Fam, bisa full face makeup dengan produk yang dimiliki BLP Beauty. Kesuksesan ini membuat BLP Beauty juga bisa terus merambah ranah penjualan melalui e-commerce seperti Shopee sejak 2017 lalu agar bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas lagi. Dalam menjalankan misi nya untuk menunjukkan potensi brand lokal yang ia miliki, Lizzie juga berkolaborasi dengan brand lokal lainnya, seperti Avoskin dan Tuku. Produk hasil kolaborasi ini yang juga dijual di Shopee ternyata menjadi langkah yang tepat dalam memperluas jangkauan para brand lokal dan mengembangkan bisnis mereka. 

“Kolaborasi kami bersama Shopee maupun brand lokal lainnya menjadi kunci penting bagi kami dan telah membantu BLP Beauty untuk memperkenalkan kualitas luar biasa yang brand lokal miliki saat ini. Bersama kampanye dan fitur Shopee yang kami ikuti, produk kami bisa dikenal secara luas dan memberikan kami basis konsumen yang baru. Semua hal ini ikut berdampak secara signifikan pada penjualan dan peningkatan transaksi BLP Beauty, dimana penjualan kami meningkat lebih dari 2 kali lipat setiap tahunnya, masuk dalam Top 3 Brand Makeup Terlaris pada kampanye Shopee sebelumnya, bahkan mencapai omset  milyaran kurang dari 24 jam saat puncak kampanye Shopee. Aku berharap pencapaian yang aku rasakan bersama BLP Beauty juga bisa dinikmati oleh brand lokal lainnya, terlebih selama kampanye Shopee 10.10 kali ini. Platform Shopee ini sudah lengkap sekali untuk brand lokal seperti kita untuk tumbuh dan berkembang yang harus bisa kita strategikan dengan baik,” tutup Lizzie.

Mengawali perjalanannya sejak 2016, Diario membangun offline store pertamanya di Bandung. Memiliki visi dan misi untuk menciptakan produk yang nyaman dipakai dari masyarakat Indonesia, sejak awal berdiri kolaborasi telah memainkan peran penting. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan produk basic yang berkualitas dan nyaman digunakan setiap hari nya dengan harga yang terjangkau, Diario bekerjasama dengan produsen Indonesia untuk mengembangkan sebuah kain yang ringan dan nyaman digunakan. Keunggulan yang dibawa dari masing-masing pihak berhasil membuahkan kain dengan keunggulan tegak di dahi walau tanpa di setrika, tidak pekak di telinga, adem, halus dan tidak berbulu walau dicuci berkali-kali.  Di tahun 2016, saat Diario memulai perjalanannya sebagai brand lokal, tugas nya bukan hanya sekedar mengembangkan potensi untuk usaha pribadi. Saat itu, menunjukan daya saing melalui kualitas produk dan membangun kepercayaan pada pasar Indonesia merupakan tujuan bersama para pelaku usaha untuk memajukan industri lokal, 

Nida Fadllillah, Head of Marketing & Communications Diario mengatakan, “Berpegang teguh dengan identitas kita, yaitu brand lokal, kami memutuskan untuk berkolaborasi dengan produsen lokal. Kerjasama tersebut dapat membawa Diario pada titik awal peluncuran pertama dengan produk perdana yang hingga sekarang masih menjadi icon, Plain Scarl Ultrafina Voal yang memiliki ratusan warna. Senang sekali hingga saat ini tidak hanya dapat berpartisipasi dalam mendukung kemajuan industri lokal melalui inovasi produk yang berkualitas, Diario juga menciptakan lapangan pekerjaan untuk SDM Lokal dengan menaungi 200 penjahit dan lebih dari 100 pegawai. Dari situ, Diario yakin dengan berkolaborasi kita dapat maju bersama dan melangkah lebih jauh. Itu pula yang menjadi alasan utama kami di tahun 2019 saat bergabung dan berkembang hingga saat ini bersama Shopee,” 

Di tengah transformasi perilaku belanja masyarakat yang mulai bergerak menuju ke online, Diario menyadari bahwa hal ini merupakan peluang yang dapat dimanfaatkan khususnya untuk perluasan jangkauan bagi brand nya. Memiliki keterbatasan pengetahuan mengenai berjualan online, Diario merasakan dukungan dari Shopee melalui pendampingan dan edukasi menjadi aspek yang memberikan brand lokal kemudahan dalam beradaptasi dengan tren belanja online serta kerap mendapatkan motivasi untuk terus mengembangkan bisnisnya. Manfaat lain yang dirasakan secara langsung adalah bagaimana Diario dapat memperluas jangkauan, dari sebelumnya hanya memiliki pasar yang terpusat di pulau Jawa, setelah bergabung dapat mengembangkan pasar hingga seluruh Indonesia, bahkan Malaysia. 

“Kerjasama hingga saat ini dengan Shopee menawarkan Diario, salah satu brand lokal untuk tetap tumbuh bersama melalui berbagai situasi dan tentunya kemajuan teknologi. Mengilas balik sedikit, bagi kami Shopee bukan hanya menawarkan wadah pertemuan dengan konsumen, di tengah situasi yang mengharuskan kami untuk menutup gerai offline beberapa tahun lalu, Shopee dapat dikatakan menjadi sumber penghasilan dan strategi pemasaran utama. Kolaborasi berkesinambungan hingga saat ini telah membawa Diario ke pencapaian terbaru yaitu, di tahun 2023, Diario berhasil menjadi Top Seller di kategori Fashion Muslim. Pada puncak kampanye 9.9 kemarin pula, peningkatan pesanan terhadap produk Diario meningkat lebih dari 9 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa,” lanjut Nida.

Kampanye angka kembar setiap bulannya menjadi salah satu program favorit yang diikuti oleh Diario. Bagi Diario, hal ini memberikan kesempatan bagi mitra brand dan pelaku usaha lokal dari setiap kategori untuk meningkatkan exposure nya. Berbagai aspek diperhatikan saat menghadirkan kampanye oleh Diario, seperti mengikuti gratis ongkir, banner, flash sale hingga cashback, yang dapat meningkatkan daya tarik konsumen terhadap produk-produknya. Kolaborasi spesial juga dihadirkan oleh Diario untuk semakin menarik minat pengguna Shopee, yaitu dengan meluncurkan kolaborasi produk dengan salah satu publik figur. “Berbagai kesempatan dan kemudahan kami manfaatkan melalui platform Shopee. Sebagai pelaku usaha, kami senang dapat berkolaborasi dan dapat berkembang sebagai brand lokal dan menciptakan lapangan kerja bagi penjahit lokal. 

Semua ini tentu dapat kami capai dengan bantuan dari Shopee yang selalu mendukung produk-produk lokal dengan menjadi wadah agar kami bisa terus maju dan berkembang. Salah satunya saat ini kami juga berpartisipasi dalam kampanye 10.10 Brands Festival. Pada puncak kampanye nanti, kami akan menyediakan lebih dari 100 warna, jadi tidak perlu bingung untuk menyesuaikan dengan warna outfit yang akan kalian gunakan. Menambah keseruan, kami akan menghadirkan berbagai penawaran seperti diskon hingga 90%, serba 10RB, dan masih banyak lagi keseruan lainnya,” tutup Nida.

Kampanye Shopee 10.10 Brands Festival masih berlangsung hingga 10 Oktober 2023 mendatang. Pengguna dapat mengakses ragam produk dari mitra brand dan penjual lokal favorit dari berbagai kategori untuk memenuhi berbagai kebutuhan, dan secara bersamaan ikut mendukung produk lokal dan menikmati penawaran menarik, antara lain Setiap Hari Super Brand Day, Shopee Live Semua Diskon 50%, dan Gratis Ongkir Rp0.

LihatTutupKomentar
close
mayora