Pertama di Indonesia, Peugeot 308 Baru Hadir dengan Aksesoris 3D Printing

  • Peugeot memperkenalkan aksesoris mobil dengan teknologi 3D printing polimer. 
  • Peugeot adalah salah satu produsen mobil yang pertama menggunakan teknologi HP Multi Jet Fusion (MJF).

Jakarta, Suarajatim.com - Peugeot memberi penyegaran pada produknya melalui teknologi 3D printing polimer sebagai aksesoris.


Inovasi ini merupakan yang pertama kalinya pada aksesoris mobil, bahkan dinilai menjanjikan bagi seluruh industri otomotif ke depannya.


Aksesori ini merupakan hasil kerja sama antara tim design, product, research and development Peugeot dengan HP Inc., Mäder, dan ERPRO. 


Aksesoris 3D printing tersebut menggunakan teknologi 3D HP Multi Jet Fusion (MJF) terbaru. Tujuannya adalah melahirkan produk inovatif yang menyenangkan untuk disentuh, ringan, kokoh, dan mudah digunakan. Hal ini dinilai selaras dengan citra interior Peugeot 308 dan i-Cockpit barunya.


Semua jenis objek dan aksesoris yang diproduksi tanpa memerlukan cetakan dan alat manufaktur yang mahal. Selain itu 3D printing juga lebih ramah lingkungan. Dimana dalam proses produksinya mengadopsi sistem berkelanjutan yang menghemat sumber daya dan limbah.

Banyak keuntungan yang dijanjikan teknologi 3D printing ini, seperti; kebebasan desain, struktur optimal, produksi singkat, dan biaya produksi yang lebih murah. Selain itu, teknologi ini juga bisa meminimalisir kendala manufaktur karena tidak ada cetakan injeksi.


Ruang kreatif baru terbuka bagi para desainer. Hanya dalam beberapa bulan saja, tim telah mengembangkan polimer baru yang memiliki 3 keunggulan utama yaitu:

  • Fleksibilitas: polimer yang fleksibel, mudah dibentuk dan kuat,
  • Kecepatan: proses pembuatannya sangat singkat dan dibuat untuk mengukur,
  • Kualitas rendering: detail yang sangat akurat berkat molekul yang sangat halus

Peugeot adalah salah satu produsen mobil yang pertama menggunakan teknologi HP Multi Jet Fusion (MJF). Pencetakan 3D sendiri masih dalam masa pertumbuhan di industri otomotif.


Teknologi ini dimaksudkan untuk dikembangkan secara seri, tidak hanya pada rangkaian aksesori, tetapi juga pada bagian yang lebih teknis dari model Peugeot ke depannya. Keunggulan teknologi ini menawarkan kemungkinan tak terbatas.

LihatTutupKomentar