Lika-liku Hidup Ki Joko Bodo, Sungguh-sungguh Tobat Hingga Akhir Hayat

  • Ki Joko Bodo tutup usia pada Selasa, 22 November 2022 sekitar pukul 09.75 WIB. 
  • Pria 57 tahun itu memiliki perjalanan hidup luar biasa. Dimulai dari menjadi paranormal hingga akhirnya bertobat dan mendalami agama di tahun-tahun terakhir kehidupannya.

Suarajatim.com - Ki Joko Bodo meninggal dunia pada Selasa, 22 November 2022 pagi sekitar pukul 09.75 WIB. Pria bernama asli Agung Yulianto itu berpulang di usianya yang ke 57 tahun meninggalkan 10 orang anak.


Kabar ini berhembus dari status whatsapp story putrinya, Ayda Prasasti.


"Mengantarkan ayahku ke surga," tulisnya.


Kepada wartawan Ayda menjelaskan bahwa belakangan sang ayah memang kerap sakit-sakitan hingga susah berjalan. Darah tinggi dan asam urat sering kambuh lantaran usianya yang sudah tua. Namun Ayda mengaku lega karena di penghujung usianya, sang ayah telah bertobat dan menjalankan agama dengan baik.

Sosok Ki Joko Bodo terkenal di dunia hiburan Tanah Air sebagai paranormal. Penampilannya nyentrik dengan rambut panjang, kumis dan jenggot panjang, pakaian serba hitam, serta cincin batu akik di jari jemarinya. Ia kerap tampil di televisi meramalkan banyak hal. Tak sedikit masyarakat yang datang padanya meminta bantuan seputar ekonomi, usaha, nasib, penyakit, dan problematika hidup lainnya.


Namun beberapa tahun terakhir ia memutuskan berhenti dari profesinya itu dan sepenuhnya berhijrah mendalami ilmu Agama Islam. Ia bahkan mewakafkan tempat praktik paranormalnya yang berluas 200 meter menjadi masjid. 


Ki Joko Bodo benar-benar menunjukkan keseriusannya dalam meninggalkan hal-hal berbau klenik. Penampilanya berubah 180 drajat. Ia mengaku telah bertobat dan ingin fokus beribadah. Pria kelahiran Bali 17 Februari 1964 itu bahkan mengajak anak-anaknya memperdalam ilmu agama agar menjadi pribadi yang beradab dan berakhlak.


"Sekarang lebih mendekatkan diri, lebih khusyuk beribadah kepada Yang Maha Kuasa, lebih dekat kepada Allah. Niatnya mendekatkan diri kepada Tuhan. Dulu mencari Tuhan sekarang sudah menemukan Tuhan," kata Ki Joko Bodo pada salah satu wawancara di kanal youtube Trans 7 Official.


Menurut Ayda, Ki Joko Bodo mulai meninggalkan dunia klenik sejak tahun 2018. Perubahannya terjadi secara perlahan namun pasti hingga akhirnya benar-benar bertobat dan mendekat pada Allah SWT. 

LihatTutupKomentar