iklan jual beli mobil

Kampanye Tumbuh Bersama Bisa Tumbuh Siap Bantu UMKM melalui Kerjasama Dengan Rumah BUMN

 

Bisa Tumbuh


 SJT- Bisa Tumbuh, sebagai Brand Aggregator di Indonesia, yang berfokus pada pemberdayaan UMKM mengumumkan kolaborasinya dengan Rumah BUMN melalui rangkaian kegiatan bertema “Tumbuh Bersama, Bisa Tumbuh”. Kolaborasi ini merupakan komitmen inovatif Bisa Tumbuh dan Rumah BUMN demi memajukan UMKM Indonesia serta memberikan dorongan nyata bagi pertumbuhan ekonomi bangsa. Beberapa fokus kolaborasi adalah melalui pemanfaatan teknologi untuk menaikan level bisnis UMKM, peningkatan kompetensi, peningkatan akses pemasaran dan kemudahan akses permodalan. 


Saat ini, sudah banyak UMKM di Indonesia yang telah memanfaatkan teknologi. Berdasarkan data pemerintah Indonesia, ada sekitar 21 juta UMKM atau 32% dari total 64 juta UMKM yang sudah memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan ekonominya[1]. Akan tetapi, angka ini masih perlu ditingkatkan agar bisa meraih target 30 juta UMKM go digital pada tahun 2023.  


Kegiatan “Tumbuh Bersama, Bisa Tumbuh” turut dibuka dan dihadiri oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir yang menyampaikan, “Sebagai Agent of Development, Kementerian BUMN berkomitmen mendukung pemerintah dan mendorong pemerataan ekonomi Indonesia, serta kesejahteraan masyarakat. Komitmen ini diwujudkan melalui berbagai program dan inisiatif, diantaranya yang fokus pada bidang UMKM. Oleh karena itu, kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Bisa Tumbuh diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap para pelaku UMKM dan masyarakat luas.”    


Chiko Maradona, CEO Bisa Tumbuh mengatakan, “Sebagai perusahaan startup yang berkomitmen kuat untuk selalu memberikan inovasi yang dapat memberikan dampak signifikan dalam mendukung pertumbuhan dan kemajuan UMKM di Indonesia, Bisa Tumbuh selalu menghadirkan solusi yang inovatif, melalui pemanfaatan Machine Learning & Generative AI demi menciptakan solusi yang dipersonalisasi demi memaksimalkan potensi setiap UMKM. Kolaborasi ini merupakan buah pertukaran pikiran antara Bisa Tumbuh dan Rumah BUMN dan menjadi titik awal pemberdayaan UMKM yang nyata. Selain itu, kolaborasi ini diharapkan juga dapat menginspirasi banyak UMKM untuk memaksimalkan potensi yang mereka miliki secara penuh, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan”. 


Kolaborasi Bisa Tumbuh dan Rumah BUMN dalam kegiatan “Tumbuh Bersama, Bisa Tumbuh” ini terdiri dari rangkaian kegiatan literasi dan edukasi guna membantu meningkatkan kompetensi UMKM. Kegiatan literasi ini diisi oleh narasumber inspiratif yang diharapkan dapat memberikan insight bermanfaat bagi para calon maupun pelaku UMKM, mulai dari Arief Muhammad, Najib Wahab, Gilang Widya Pratama dan Aan Story. Arya Sinulingga, Staf Khusus III Menteri BUMN; Sarman Simanjorang, Wakil Ketua Umum KADIN; Winanda Yoga Dinamika, Kelola Mina Laut; Dani Zaelani, Cardig Indonesia; Tarra Budiman, Shining Bright; Leo, Head of MKT Mamee; Donny Saputro, Ketua Bidang Umum UMKM, Koperasi & Kewirausahaan BPD HIPMI Jaya; dan Sony, Gurita.  


Arya Sinulingga, Staf Khusus III Menteri BUMN, mengungkapkan, “UMKM merupakan salah satu penggerak ekonomi Indonesia yang  bisa membantu meningkatkan kemakmuran negeri. Rumah BUMN merupakan salah satu inisiatif yang dilakukan kementerian BUMN untuk turut mendukung pemberdayaan UMKM demi melahirkan UMKM yang berkualitas melalui kegiatan literasi dan pembinaan. Untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan kolaborasi yang baik dengan berbagai pihak, termasuk bersama dengan pihak swasta.  Oleh karena itu, kami menyambut baik kolaborasi bersama Bisa Tumbuh yang memiliki visi dan misi yang sama dengan kami (Rumah BUMN) dalam pemberdayaan UMKM melalui pemanfaatan teknologi dan pengembangan ekosistem digital.” 

Kegiatan “Tumbuh Bersama, Bisa Tumbuh” ini menjadi langkah awal kolaborasi Bisa Tumbuh dan Rumah BUMN. Ke depannya, kolaborasi ini akan menghadirkan berbagai program dan inisiatif bersama mitra lainnya, mulai dari rekomendasi branding, pemasaran, penjualan, pengelolaan stok dan lain-lain, yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing UMKM dengan pemanfaatan teknologi terkini seperti machine learning & AI. Bisa Tumbuh juga memberikan kesempatan bagi para UMKM untuk mendapatkan akses permodalan yang mudah untuk mendukung pengembangan bisnis UMKM.  

Untuk menyukseskan seluruh rangkaian acara, “Tumbuh Bersama, Bisa Tumbuh” ini juga didukung oleh berbagai mitra seperti; PT Satoria Agro Industri , MS Glow For Men , PT Pertamina, PT Pelabuhan Indonesia, PT Cardig International, PT. Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia, PT Telkom Indonesia,  Angkasa Pura II , Permodalan Nasional Madani, Dinas Koperasi Tangerang Selatan & Teguk Group yang senantiasa turut mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia.  


LihatTutupKomentar