iklan jual beli mobil

Seabank Raup Rp 34,81 Milyar Di Smester 1 2023

Seabank


SJT- PT Bank Seabank Indonesia (SeaBank) terus menunjukkan tren pertumbuhan positif dan solid hingga akhir bulan Juli 2023, yang merupakan kinerja baik hasil dari strategi bisnis yang tepat, berkesinambungan dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Berdasarkan laporan keuangan hingga Juli 2023 yang diunggah di laman website resmi perusahaan, SeaBank berhasil mencatatkan laba bersih setelah pajak Rp132,26 miliar, meningkat signifikan dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yakni Rp8,3 miliar. Pertumbuhan laba bersih ini dikontribusikan oleh peningkatan pendapatan operasional, terutama berasal dari pendapatan bunga bersih, yang dikompensasi dengan peningkatan kerugian penurunan nilai aset.

SeaBank mencatatkan pertumbuhan aset sebesar 47% (yoy) di Juli 2023 menjadi Rp32,78 triliun dari Rp22,32 triliun pada Juli 2022. Penyaluran kredit hingga Juli 2023 sebesar Rp15,09 triliun sementara Dana Pihak Ketiga (DPK) tercatat sebesar Rp26,00 triliun.

Direktur Utama SeaBank Indonesia, Sasmaya Tuhuleley menjelaskan bahwa performa baik hingga akhir Juli 2023 ini merupakan hasil kerja keras SeaBank Team di seluruh Indonesia “Sejak awal hingga sekarang saya selalu bangga dengan kinerja baik SeaBank Team. Kami berharap tren positif ini akan terus berlanjut hingga akhir tahun, dengan tetap menghadirkan inovasi layanan dan produk yang berlandaskan prinsip kehati-hatian dalam bisnis demi menjaga keamanan dan kenyamanan nasabah.”

Kinerja positif SeaBank juga terlihat jika membandingkan laporan keuangan akhir Semester I 2023 dengan akhir Semester I 2022. SeaBank berhasil mencatatkan laba bersih setelah pajak Rp34,81 miliar pada akhir semester I tahun 2023, meningkat dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yakni Rp5,97 miliar atau hampir 6 kali lipat dibanding tahun 2022. Dari segi kualitas aset, SeaBank berhasil memperbaiki rasio kredit bermasalah (non-performing loan/NPL) gross yang turun menjadi 2,09% sementara NPL net  turun menjadi 0,13% yang menunjukkan penyaluran kredit terus dilakukan dengan prinsip kehati-hatian yang berkesinambungan.

Tingkat pengembalian aset SeaBank (return on asset/ROA) berhasil membaik menjadi 0,28% dibandingkan pada periode semester I tahun 2022 yakni 0,07%. Tingkat pengembalian ekuitas (return on equity / ROE)  juga tumbuh dengan baik dari 0,48% menjadi 1,33% di semester I tahun 2023. Sedangkan rasio biaya terhadap pendapatan atau cost to income ratio (CIR) ditekan menjadi 18,39% dari yang sebelumnya di tahun 2022 sebesar 36,21%.

Tren positif bisnis sepanjang semester I 2023 diikuti dengan berhasil diraihnya banyak penghargaan dari berbagai pihak yang diberikan kepada SeaBank. Di sektor bisnis, SeaBank mendapatkan penghargaan sebagai Gold Champion pada kategori bank digital pada gelaran WOW Brand Award 2023 yang digelar MarkPlus Inc serta Winner pada kategori KBMI 1 di gelaran Indonesia Top Brand Award yang digelar oleh Iconomics.

Pada sektor pelayanan kepada nasabah, SeaBank tak tanggung-tanggung menerima empat penghargaan pada Infobank Service Excellence Award 2023 untuk kategori best in service excellent, best in call center, best in chatbot, dan 2nd best in live chat. Sedangkan dari sektor channel media sosial, SeaBank dianugerahi penghargaan sebagai the most active brand in digital bank category oleh Selular ID pada ajang Selular ID Awards 2023. 

Di semester I 2023 pula Komisaris Independen SeaBank Joyce Rosandi dinobatkan sebagai salah satu Top 100 Most Outstanding Women 2023 pada ajang Top 100 Women Recognition 2023 yang diselenggarakan oleh Infobank. Performa positif di semester I 2023 tidak langsung membuat SeaBank berpuas diri, di semester II tahun 2023 SeaBank berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Jelang akhir tahun 2023 SeaBank berencana meluncurkan fitur tarik dan setor tunai yang sudah lama dinanti oleh nasabah, melalui fitur ini nantinya nasabah dapat menarik serta menyetorkan uang tunai dari dan ke rekening masing-masing. 

Sebelumnya fitur top up dan tagihan yang ada di aplikasi SeaBank juga semakin lengkap. Melalui fitur tersebut kini nasabah sudah bisa membayar tagihan TV kabel dan Internet, BPJS, hingga angsuran kredit tanpa harus berpindah-pindah aplikasi.  Layanan dan fitur yang dihadirkan SeaBank selalu dibuat dengan mendengarkan masukan nasabah “Tentu di SeaBank kami sangat mendengarkan apa yang diinginkan nasabah. Kami berharap layanan dan fitur di aplikasi SeaBank semakin lengkap, sehingga nasabah dapat menikmati kemudahan dan kenyamanan menggunakan aplikasi SeaBank.” Ungkap Sasmaya.


LihatTutupKomentar