iklan jual beli mobil

Porsche Siap Ungkap Macan Generasi Kedua Sebagai SUV Terramping Yang Diproduksi

 



OtojatimSJT- Beberapa saat sebelum peluncuran perdana Porsche Macan terbaru di dunia, Michael Mauer membahas tantangan dalam memperbarui desain SUV yang sudah dikenal luas ini. "Macan baru adalah model pertama yang kami perbaharui dari identitas produk yang sudah ada dan terbukti," ujar Vice President Style Porsche. Menurutnya, "setiap mobil sport baru harus dapat dikenali dengan sangat jelas sebagai bagian dari keluarga produk Porsche dan model yang bersangkutan, tetapi juga harus dianggap sebagai 'yang baru'". Mauer percaya bahwa konsistensi visual ini sangat penting untuk merek Porsche. Menciptakan keseimbangan yang tepat antara "Porsche yang klasik" dan "inovatif" terkadang merupakan proposisi yang sulit, demikian pengakuan sang desainer.

Peralihan dari mesin pembakaran internal ke powertrain all-electric di Macan menjadi tantangan tersendiri bagi tim Style Porsche sekaligus menawarkan berbagai kemungkinan baru. "Persyaratan teknis mobil selalu menjadi hal yang sangat mendasar," lanjut Mauer. "Hal ini dianggap sangat awal dalam proses dengan pengemasan - pengaturan berbagai komponen di dalam mobil. Pengemasan sangat penting untuk mendapatkan proporsi dasar yang tepat - flyline Porsche klasik tidak akan dapat dilakukan dengan sembarang pengaturan." Powertrain listrik menawarkan tingkat fleksibilitas baru namun menimbulkan tantangan di sini: "Menghilangkan blok mesin yang besar memungkinkan kami untuk meningkatkan bentuk bonnet yang khas. Dan tentu saja aerodinamika memainkan peran besar dalam hal jangkauan mobil sport listrik." Keberhasilan kolaborasi erat antara desainer dan insinyur aerodinamika terlihat jelas dari satu angka: dengan koefisien hambatan 0,25, Macan listrik adalah salah satu SUV paling ramping di pasar.

Secara umum, Porsche telah memutuskan untuk tidak membedakan model listriknya sepenuhnya dari mobil sport bermesin bakar, jelas Mauer. "Porsche tetaplah Porsche - bahkan Porsche listrik adalah mobil sport di segmennya. Dari sudut pandang ini, masuk akal jika kami tidak meninggalkan DNA desain Porsche yang telah terbukti." Kepala desainer yakin bahwa hal ini juga dapat dikenali dengan jelas dari SUV listrik pertama yang dikembangkan oleh produsen mobil sport Stuttgart: "Macan baru juga sangat jelas terlihat sebagai Porsche dan Macan pada pandangan pertama. Kami telah mempertahankan proporsi yang mendefinisikan apa yang diwujudkan oleh mobil sport di segmen ini untuk Porsche. Desainnya telah disempurnakan baik di dalam maupun di luar - model baru ini memiliki kesan yang lebih sporty dan dinamis."


LihatTutupKomentar