iklan jual beli mobil

Dengan Taycan Turbo GT, Porsche Catat Waktu Tercepat Di Laguna Seca Untuk Mobil Listrik

Porsche

Otojatim- Porsche memperluas jajaran model sedan sport all-electric untuk menyertakan Taycan Turbo GT dan Taycan Turbo GT dengan paket Weissach. Kedua model terbaru ini dibuat untuk trek dan meniadakan kursi belakang demi rasio power-to-weight yang lebih baik. Pada daya puncak, kedua model dapat menghasilkan lebih dari 1.100 PS¹. Dalam kombinasi dengan berbagai konstruksi ringan dan ukuran aerodinamika, mobil sport GT all-electric ini meningkatkan standar dalam hal dinamika berkendara. Inverter pulse yang lebih kuat dan efisien yang menggunakan silikon karbida sebagai bahan semikonduktor digunakan pada gandar belakang.

Stuttgart. Belum ada di pasaran, tetapi sudah menjadi pemegang rekor: Taycan Turbo GT dengan paket Weissach mendapatkan gelar mobil produksi seri listrik tercepat di Weathertech Raceway Laguna Seca, di California, pada 23 Februari 2024. Dengan waktu 1:27,87 menit., pembalap pengembangan Porsche Lars Kern melakukan putaran yang lebih cepat daripada pengemudi lain sebelumnya dengan mobil listrik yang disetujui untuk digunakan sebagai road-car.

Tidak lama sebelum itu, versi pra-produksi dari model baru yang sama ini membuat rekor kelas baru di Nürburgring. Kern juga berada di belakang kemudi pada kesempatan itu dan membukukan waktu putaran 7:07,55 menit di Nordschleife. Waktu putaran resmi ini adalah 26 detik lebih cepat dari yang dicatat Kern untuk rekor putaran terakhirnya di sedan Taycan Turbo S Sport yang dilengkapi dengan paket kinerja pada Agustus 2022. Hal ini juga menjadikan rekor saat ini untuk mobil listrik produksi seri- dan juga menjadikan Turbo GT empat-pintu tercepat dari semua jenis powertrain di Nürburgring.

"Dua rekor di Laguna Seca dan di Nordschleife menunjukkan potensi trek yang hebat yang ada di Taycan," kata Wakil Presiden Model Line Kevin Giek. "Untuk membuktikan keberanian Anda di trek, tidak cukup hanya memiliki kekuatan sebanyak mungkin. Paket keseluruhan akselerasi dan pengereman, cengkeraman menikung, aerodinamika, stabilitas, dan fine-tuning harus benar. Dalam Taycan Turbo GT dan Taycan Turbo GT dengan paket Weissach khususnya, teknisi kami telah mencapai ini dengan cara yang benar-benar menakjubkan. Mereka telah melakukan pekerjaan yang hebat dengan model Taycan yang baru-baru ini diperbarui. Tetapi mobil GT baru kami sekali lagi dengan jelas meningkatkan standar yang lebih tinggi dalam hal dinamika berkendara."

“Trek di Laguna Seca mendorong Taycan Turbo GT ke batasnya. Ini adalah paket keseluruhan yang membuat perbedaan," ujar Kern, driver pengembangan. “Turbo GT dengan paket Weissach menetapkan standar baru di hampir setiap metrik. Ini termasuk akselerasi dan pengereman, Attack Mode yang intuitif untuk digunakan dan powertrain yang dirancang untuk traksi dan kinerja maksimum. Dan tingkat pegangan menikung sama mengesankannya. Kontrol dan light-footedness yang luar biasa. Ban bekerja dengan sangat baik dan Anda memiliki keseimbangan yang tepat dalam setiap situasi mengemudi. Sangat menyenangkan untuk mengendarai mobil ini di sekitar trek bergelombang di Laguna Seca."

Saat dipicu, daya tambahan hingga 120 kW tersedia selama 10 detik dengan menekan sebuah tombol. Attack mode didasarkan pada fungsi push-to-pass dari model Taycan lainnya. ² Sistem ini dioptimalkan untuk mengemudi di trek dan berfungsi dengan cara yang mirip dengan mobil balap 99X yang digunakan Porsche di Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA Listrik. Peningkatan ditunjukkan oleh penghitung waktu mundur di klaster instrumen dan dipentaskan secara dinamis dengan cincin animasi pada speedometer. ³

Dibandingkan dengan fungsi push-to-pass di model Taycan lainnya, Attack mode menawarkan daya dorong 50 kW lebih banyak dan dioperasikan dan tersedia dengan cara yang berbeda: sebagai alternatif untuk menekan sakelar mode yang dipasang tepat di sisi bos roda kemudi, Attack mode juga dapat diaktifkan dan dinonaktifkan melalui dayung kanan. Ini membuat fungsi lebih mudah digunakan di trek. "Anda juga dapat memicu dorongan dengan sarung tangan balap, dan tanpa mengambil tangan dari kemudi," jelas Kern. "Dengan cara operasi yang sederhana, aman dan cepat ini, model Taycan Turbo GT disesuaikan dengan kebutuhan pembalap." Dengan dayung roda kemudi kiri, tingkat pemulihan dapat diatur dan disesuaikan dengan situasi mengemudi.

Porsche baru-baru ini secara ekstensif meningkatkan lini model Taycan dan umumnya meningkatkan kekuatan sistem keseluruhan mobil. Di antara hal-hal lain, powertrain yang ditingkatkan dengan motor poros belakang baru memungkinkan kinerja yang lebih dinamis dibandingkan dengan model pendahulunya. Taycan Turbo GT dan Taycan Turbo GT dengan paket Weissach adalah model unggulan olahraga baru dan membawa kinerja Taycan ke tingkat berikutnya. Dilengkapi dengan pulse inverter yang lebih kuat, kedua mobil memiliki 580 kW. Dengan Launch Control yang meningkat hingga 760 kW daya overboost atau hingga 815 kW selama dua detik sesuai dengan metode pengukuran daya puncak¹. Taycan Turbo GT hanya membutuhkan 2,3 detik untuk sprint dari nol hingga 100 km/jam, atau hanya 2,2 detik dengan paket Weissach. Ini membuat model satu- hingga dua-persepuluh detik lebih cepat dari Taycan Turbo S.

Perbedaan akselerasi dari berhenti hingga 200 km/jam bahkan lebih besar: 6,6 atau 6,4 detik untuk Taycan Turbo GT tanpa/dengan paket Weissach, yang hingga 1,3 detik lebih cepat dari Taycan Turbo S.

Inverter pulse adalah komponen kunci untuk mengendalikan motor listrik. Di kedua model Taycan Turbo GT, inverter pulse dengan arus maksimum 900 ampere digunakan pada gandar belakang. Ini memberikan lebih banyak tenaga dan torsi daripada inverter pulsa 600-ampere di Taycan Turbo S. Untuk efisiensi yang lebih baik, silikon karbida juga digunakan sebagai bahan semikonduktor dalam inverter pulsa. Ini secara signifikan mengurangi kerugian switching di Power Inverter dan memungkinkan frekuensi switching yang lebih tinggi. Rasio transmisi dan ketahanan gearbox juga telah ditingkatkan, memungkinkan angka torsi yang lebih tinggi. Torsi maksimum di kedua versi adalah hingga 1.340 Newton meter. Jangkauan model Taycan Turbo GT hingga 555 km menurut pengukuran WLTP.

Dengan ukuran konstruksi ringan yang cerdas, Porsche telah mengurangi berat Taycan Turbo GT hingga 75 kg dibandingkan dengan Taycan Turbo S. Sejumlah bagian karbon berkontribusi terhadap hal ini. Serat karbon digunakan untuk trim pada pilar-B, cangkang atas pada cermin pintu dan tatahan rok samping, di antara komponen lainnya. Bucket seat yang terbuat dari CFRP, kompartemen bagasi yang ringan dan penghilangan fungsi soft-closing listrik dari luggage compartment juga menghemat berat.

Taycan Turbo GT dilengkapi sebagai standar dengan paket dinamika. Ini termasuk suspensi Porsche Active Ride dengan penyetelan khusus GT. Dalam situasi mengemudi yang dinamis, suspensi ini memastikan koneksi yang hampir sempurna ke jalan berkat distribusi beban roda yang seimbang. Selain itu, paket peralatan termasuk ban musim panas performa khusus. Mereka dipasang pada roda tempa ringan 21 inci. Roda Turbo GT eksklusif memiliki jari-jari relief-milled, yang menghemat berat dan pada saat yang sama secara efektif ventilasi rem.

Taycan Turbo GT hadir standar dengan rem keramik ringan. Berdasarkan Porsche Ceramic Composite Brake (PCCB), sistem rem telah dioptimalkan dari perspektif bobot. Perubahan desain pada ruang cakram rem dan rumah kaliper rem mencukur lebih dari dua kilogram. Ini memiliki efek positif pada dinamika dan kinerja mengemudi: mengurangi massa yang tidak terdorong dan berputar meningkatkan kinerja. Kaliper rem dicat secara eksklusif dalam Victory Gold.

Taycan Turbo GT dengan paket Weissach bahkan lebih tajam dalam posisinya. Dengan aerodinamika tambahan dan ukuran konstruksi yang ringan, model ini bahkan lebih tegas dirancang untuk kinerja. Taycan Turbo GT dengan paket Weissach berakselerasi dari nol menjadi 100 km/jam dalam 2,2 detik, membuat dua tempat duduk sepersepuluh detik lebih cepat daripada Taycan Turbo GT yang sama kuatnya. Kecepatan tertingginya adalah 305, bukan 290 km/jam.

Langkah-langkah aerodinamika tambahan termasuk elemen deflektor udara di bagian bawah bodi dan diffuser depan baru. Di bagian belakang, model dengan paket Weissach memiliki sayap belakang tetap dalam lapisan karbon-menenun dengan penyangga sayap yang dipasang pada bodi. Total downforce di sini mencapai 220 kg. Fitur logo paket Weissach di kedua sisi sayap belakang. Tersedia secara eksklusif berdasarkan permintaan adalah bungkus bergaris dalam Volt Blue, Black atau Black (matt). Ini semakin menonjolkan karakter motorsport mobil. Desain bergaris dapat dikombinasikan dengan set stiker hitam.

Menghilangkan semua peralatan yang tidak diperlukan untuk mengemudi di trek telah memangkas sekitar 70 kg lagi dibandingkan dengan Taycan Turbo GT tanpa paket Weissach. Alih-alih sistem kursi belakang yang biasa, ada kelongsong karbon ringan berkualitas tinggi yang dibuat khusus dengan kompartemen penyimpanan di belakang cangkang kursi untuk pengemudi dan penumpang depan. Jam analog dari paket Sport Chrono, yang biasanya ada di panel instrumen, juga ditiadakan, seperti juga alas kaki dan sepatu bot dan lebih sedikit bahan isolasi yang digunakan. Taycan Turbo GT dengan paket Weissach hanya memiliki pintu port pengisian daya di sisi penumpang, yang dioperasikan secara manual, bukan secara elektrik. Kaca isolasi suara dan panas khusus dan Sound Package Plus juga menghemat berat. Model terbaru ini tanpa speaker belakang dan menggantikan sistem Suara Surround BOSE®.

Paket interior GT dengan fitur Race-Tex dalam warna Hitam hadir sebagai standar. Di sisi penumpang ada lencana dengan logo paket Weissach. Paket interior dalam Volt Blue dan GT Silver juga tersedia untuk Taycan Turbo GT dengan paket Weissach. Jahitan kontras dalam warna masing-masing melengkapi berbagai fitur.

LihatTutupKomentar