mie lurus

Bekerjasama Dengan Pemangku Kepentingan, Astra Infra Tollroad Sambut Arus Mudik 2024 Dengan Persiapan Matang

AIT


SJT-  Dalam rangka menyukseskan angkutan lebaran 2024, Astra Infra senantiasa berkoordinasi dan mendukung upaya pemerintah mewujudkan angkutan lebaran yang lancar, aman, dan nyaman. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui partisipasi dalam Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu yang diadakan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Group Chief Operating Officer Astra Infra, Billy Perkasa Kadar menyatakan komitmen untuk terus menjalin koordinasi yang kuat dengan setiap pemangku kepentingan dalam angkutan lebaran. “Kami akan terus berkoordinasi dengan pemerintah maupun pihak-pihak terkait untuk mendukung pemerintah mewujudkan angkutan lebaran yang aman, nyaman, selamat, dan berkesan.” ujarnya.

Selain dengan Kementerian Perhubungan, Astra Infra juga telah berkoordinasi dengan Korlantas Polri, yang salah satunya ditunjukkan melalui peresmian command center di KM 188 Tol Cikopo - Palimanan pada 1 April 2024. Command center tersebut akan berfungsi sebagai pusat pemantauan yang akan menjadi dasar penentuan rekayasa lalu lintas di ruas tol Cipali oleh pihak kepolisian. Selain itu, memastikan keamanan dan kelancaran selama arus mudik dan balik lebaran, Astra Infra telah berkoordinasi dengan Korlantas Polri untuk memastikan kesiapan CCTV sebagai sarana pemantauan pada titik - titik krusial ruas tol Tangerang - Merak, Cikopo - Palimanan, dan Jombang - Mojokerto.

Untuk menunjang koordinasi dalam angkutan lebaran 2024, Astra Infra juga telah melakukan pemasangan Remote Traffic Microwave Sensor (RTMS) tambahan di ruas Tol Tangerang - Merak, melengkapi perangkat yang sebelumnya telah terpasang di ruas tol Cikopo - Palimanan dan Jombang - Mojokerto. Melalui penambahan perangkat tersebut, sebanyak total 7 traffic counter telah siap mendukung pemantauan lalu lintas di ketiga ruas tol Astra Infra.

Adapun pemantauan lalu lintas yang dilakukan Astra Infra menunjukkan data sebagai berikut :


  1. Di Astra Infra Tollroad Tangerang-Merak, total volume lalu lintas pada 2 April 2024 tercatat sekitar 171 ribu kendaraan, atau meningkat sekitar 6,8% dibandingkan lalu lintas harian normal. Volume kendaraan yang keluar dari Gerbang Tol Merak tercatat sekitar 11.600 kendaraan, meningkat sekitar 6% dari hari sebelumnya.
  2.  Sementara itu, ruas Astra Infra Tollroad Cikopo-Palimanan pada 2 April 2024 mencatatkan sekitar 58 ribu kendaraan melintas pada 2 April 2024. Jumlah tersebut mengalami peningkatan 21% dibandingkan lalu lintas harian normal, atau sekitar 9% dibandingkan hari sebelumnya. Terpantau sekitar 20 ribu kendaraan melintasi Palimanan menuju arah timur, atau meningkat sekitar 18% dibandingkan lalu lintas harian normal. 
  3.  Adapun di Astra Infra Tollroad Jombang-Mojokerto, terhitung sekitar 25 ribu kendaraan melintas pada 2 April 2024. Jumlah tersebut mengalami peningkatan 4% dibandingkan lalu lintas harian normal.

 
Demi keselamatan dan kenyamanan bersama, Astra Infra turut mengimbau pemudik untuk dapat mempersiapkan kondisi kendaraan maupun kondisi tubuh sebelum melakukan perjalanan. Astra Infra juga mengimbau pemudik untuk dapat melakukan perjalanan lebih awal, menghindari tanggal yang diprediksi menjadi puncak arus, untuk mencegah terjadinya kepadatan.

Sebagai salah satu upaya mencegah kepadatan, diskon tarif tol di ruas Astra Infra diberikan sebesar 20% pada Rabu 3 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat 5 April 2024 pukul 05.00 WIB (2 x 24 jam) untuk arus mudik. Sedangkan untuk arus balik, diskon 20% diberikan pada Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB (2 x 24 jam). Diskon berlaku bagi seluruh golongan kendaraan, yang melintasi Tol Tangerang - Merak, Cikopo - Palimanan, dan Jombang - Mojokerto secara menerus (gate to gate) dan untuk transaksi tol menggunakan kartu uang elektronik dengan saldo cukup.

Selama di perjalanan, pemudik diimbau untuk mengutamakan keselamatan dengan menjaga batas kecepatan dan beristirahat jika lelah, mengantuk, atau telah berkendara selama 4 jam berturut-turut. Jika rest area penuh, pengguna jalan juga dapat memanfaatkan tempat istirahat di luar jalan tol, untuk kemudian kembali masuk tanpa tambahan biaya. Untuk mencegah antrean di gerbang tol, pemudik diimbau untuk dapat menyiapkan saldo e-toll yang mencukupi.

Sebagai upaya mengurangi sampah kertas dan kenyamanan transaksi, Astra Infra menerapkan penggunaan struk digital di ruas tol Tangerang - Merak, Cikopo - Palimanan, dan Jombang - Mojokerto. Pengguna jalan tol dapat mengunduh struk digital di website astratol.co.id dengan menggunakan nomor kartu uang elektronik yang digunakan saat tapping di gerbang. Struk digital dapat diakses hingga 30 hari setelah transaksi dilakukan.

LihatTutupKomentar
close
mayora