mie lurus

Sebelum Melakukan Mudik Lewat Tol, Lakukan Dulu 4 Hal Wajib Berikut Ini

AIT


SJT-  Bagi sebagian masyarakat, perjalanan pulang ke kampung halaman tidak hanya sebatas mengemudi di jalan raya, melainkan juga melakukan penyeberangan antar pulau. Bagi mereka yang akan melakukan penyeberangan sebagai bagian dari perjalanan mudik, persiapan perjalanan yang matang menjadi kunci utama dalam mendapatkan pengalaman mudik yang menyenangkan. Astra Infra melalui Astra Infra Toll Road Tangerang Merak, memiliki peranan penting sebagai akses utama penghubung ke pulau Sumatera. Astra Infra berupaya memastikan, pengguna jalan tol terutama yang akan melakukan penyeberangan mendapatkan pengalaman mudik lebaran yang aman serta nyaman. Selain itu, Astra Infra juga secara konsisten mengajak para pengguna jalan tol untuk dapat memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

1.    Pastikan Diri & Kendaraan Dalam Keadaan Prima
Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima, antara lain memastikan tekanan ban, kondisi mesin, hingga kondisi rem kendaraan. Selain itu, kondisi fisik pengemudi juga perlu diperhatikan agar pemudik dapat mengendarai kendaraan dengan fokus dan tetap waspada. Hal ini sangat penting diperhatikan oleh pemudik mengingat faktor utama terjadinya kecelakaan salah satunya disebabkan oleh kondisi kendaraan yang tidak siap dan pengemudi yang mengantuk atau kelelahan. Pemudik juga perlu memastikan kecukupan bahan bakar, saldo kartu uang elektronik, dan membawa perbekalan secukupnya untuk mengantisipasi kepadatan di rest area.

2.    Siapkan Tiket Ferry Anda Sebelum Melakukan Perjalanan
Pemudik diimbau untuk dapat melakukan pembelian tiket ferry melalui aplikasi atau website ferizy sebelum tiba di pelabuhan. Karena saat ini, pelabuhan sudah tidak lagi melayani penjualan tiket ferry. Selain itu, pemudik juga perlu memperhatikan penerapan sistem geofencing, di mana pembelian tiket tak bisa dilakukan dalam jarak sekitar 4,2-4,7 km sebelum pelabuhan untuk rute Merak-Bakauheni.

3.    Upaya Antisipasi Penguraian Kepadatan Dari Astra Infra
Untuk mengantisipasi penguraian kepadatan menuju Pelabuhan Merak, Astra Infra melakukan berbagai upaya peningkatan layanan lalu lintas melalui manajemen trafik, penyiapan lajur-lajur utama arus ke Gerbang Tol Merak, Cilegon Timur, dan dukungan delaying system mengantisipasi kepadatan ke arah Pelabuhan Merak. Selain itu, dilakukan juga dukungan pembatasan angkutan barang, penambahan toilet portable di rest area dan jalur, peningkatan kapasitas parkir di rest area KM 43 A, serta peningkatan penyebaran layanan informasi publik.

4.    Perhatikan Rencana Rekayasa Lalu Lintas Bagi Pemudik Yang Melawan Arus Mudik
Bagi para pemudik yang akan melakukan perjalanan mudik dengan arus yang berlawanan, perhatikan beberapa rencana rekayasa lalu lintas sebagai berikut. One way arus mudik akan diberlakukan mulai dari KM 72 ruas jalan tol Cikopo-Palimanan sampai dengan KM 414 ruas jalan tol Semarang-Batang dengan janga waktu: Jumat 5 April 2024 Pukul 14.00 WIB - 24.00 WIB, Senin 8 April 2024 Pukul 08.00 - 24.00 WIB, Selasa 9 April 2024 Pukul 08.00 WIB - 24.00 WIB. Adapun perlu dicatat, informasi pemberlakuan rekayasa lalu lintas ini dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti diskresi Kepolisian.
 

Memasuki H-6 jelang lebaran, Astra Infra mencatat adanya peningkatan jumlah kendaraan yang melintas di ruas tol Astra Infra. Secara total, sejumlah 305 ribu kendaraan melintasi ruas Tangerang - Merak, Cipali, dan Jombang - Mojokerto pada 4 April 2024. Secara akumulasi, sejak 31 Maret hingga 4 April 2024, total sekitar 1,3 juta kendaraan telah melintasi ketiga ruas tol tersebut. Peningkatan signifikan mulai terjadi pada beberapa titik di ruas tol Astra Infra seperti Gerbang Tol Merak, dan juga ruas tol Cikopo-Palimanan. Adapun pemantauan lalu lintas yang dilakukan Astra Infra menunjukkan data sebagai berikut :

Di Astra Infra Tollroad Tangerang-Merak, tercatat total sekitar 176 ribu kendaraan melintas pada 4 April 2024. Pada hari tersebut, tercatat sekitar 52 ribu kendaraan melintas memasuki ruas Tangerang Merak melalui entrance Gerbang Tol Cikupa, meningkat sekitar 9,4% dibandingkan lalu lintas harian (LHR) normal. Sedangkan jumlah kendaraan dari arah Jakarta yang menuju ke Gerbang Tol Merak tercatat sekitar 17 ribu kendaraan, meningkat 76% dibandingkan LHR, meningkat sekitar 33% dari hari sebelumnya. Adapun sejak 31 Maret 2024 hingga 4 April 2024 tercatat total sekitar 825 ribu kendaraan telah melintasi ruas Tol Tangerang - Merak.

Sementara itu, ruas Astra Infra Tollroad Cikopo-Palimanan pada 4 April 2024 mencatatkan sekitar 94 ribu kendaraan melintas di Ruas Tol Cipali. Jumlah tersebut mengalami peningkatan 88% dibandingkan lalu lintas harian normal, atau sekitar 31,9% dibandingkan hari sebelumnya. Sejak 31 Maret 2024 hingga 4 April 2024, tercatat total sekitar 336 ribu kendaraan telah melintasi ruas Cikopo - Palimanan. Sedangkan di tanggal 5 April 2024 Astra Tol Cipali memprediksi sebesar 105 ribu kendaraan melintas di Ruas Tol Cipali.

Adapun di Astra Infra Tollroad Jombang-Mojokerto, terhitung sekitar 34 ribu kendaraan melintas pada 4 April 2024. Jumlah tersebut mengalami peningkatan 25% dibandingkan lalu lintas harian normal, atau meningkat 21% dari hari sebelumnya. Sejak 31 Maret 2024 hingga 4 April 2024, tercatat total sekitar 143 ribu kendaraan telah melintasi ruas Tol Jombang - Mojokerto.

Mengantisipasi peningkatan arus lalu lintas, Astra Infra telah menyiapkan infrastruktur jalan, menyiagakan lebih dari 1300 petugas yang dilengkapi armada patroli, derek, rescue, hingga ambulance, serta telah menyiapkan sarana prasarana di rest area, dan pengaturan rekayasa lalu lintas. Astra Infra juga terus melakukan koordinasi intensif dengan pihak terkait seperti Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korlantas Polri untuk mendukung pemerintah menyukseskan angkutan lebaran yang aman, lancar, dan nyaman.

Sebagai upaya mengurangi sampah kertas dan kenyamanan transaksi, Astra Infra menerapkan penggunaan struk digital di ruas tol Tangerang - Merak, Cikopo - Palimanan, dan Jombang - Mojokerto. Pengguna jalan tol dapat mengunduh struk digital di website astratol.co.id dengan menggunakan nomor kartu uang elektronik yang digunakan saat tapping di gerbang. Struk digital dapat diakses hingga 30 hari setelah transaksi dilakukan.

LihatTutupKomentar
close
mayora