mie lurus

Selama Tiga Hari Puncak Arus Mudik, Astra Infra Tollroad Mengalami Peningkatan Kendaraan Secara Signifikan

 

AIT

SJT- Pada 5-7 April 2024 merupakan masa-masa krusial dimana para pemudik sudah mendapatkan cuti dari berbagai instansi masing-masing sekaligus mendapat THR. Pada masa ini, puncak arus mudik lebaran terjadi selama tiga hari. Bagaimana perkembangan jalan-jalan tol dari Astra Intra Tollroad selama puncak arus mudik? Mari kita rangkum.

Pada H-5 jelang Lebaran (5 April), arus lalu lintas di ruas tol Astra Infra terpantau mulai mengalami peningkatan signifikan pada tanggal 5 April 2024. Dibandingkan dengan Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR) normal, tercatat terdapat peningkatan sebanyak 7,8 persen pada Astra Infra Toll Road Tangerang–Merak, sebanyak 92 persen pada Astra Infra Toll Road Cikopo–Palimanan, serta sebanyak 32 persen pada Astra Infra Toll Road Jombang–Mojokerto.

Untuk mengurai kepadatan lalu lintas, pada tanggal 5 April 2024, pukul 21.50 WIB, telah diberlakukan sistem One Way (arus mudik, arah Cirebon) mulai dari KM 72 Tol Cikopo–Palimanan sampai dengan KM 414 GT Kalikangkung. Jadwal One Way pertama akan dilangsungkan hingga Minggu, 7 April 2024 pukul 24.00 WIB. Selanjutnya, One Way akan berlaku kembali pada tanggal 8 dan 9 April 2024 pukul 08.00–24.00 WIB. Adapun pemberlakuan ini bersifat situasional dan menyesuaikan dengan diskresi Kepolisian.

Sebagai langkah preventif dari kepadatan lalu lintas, Astra Infra telah melakukan berbagai inisiatif dan imbauan yang ditujukan untuk para pemudik. Salah satunya adalah mengimbau pengguna jalan untuk memastikan kesiapan sebelum berangkat, mulai dari kondisi pengemudi, kendaraan, hingga yang tak kalah penting memastikan saldo e-toll cukup untuk mencegah terjadinya kemacetan akibat pengemudi yang kekurangan saldo e-toll di gerbang tol.

“Melalui berbagai media, Astra Infra terus mengimbau pemudik untuk memastikan saldo e-toll terisi cukup sampai destinasi tujuan demi menghindari terjadinya antrean dan kepadatan di gerbang tol,” ujar Group Chief Operating Officer Astra Infra, Billy Perkasa Kadar.

Pada H-4 jelang lebaran atau 6 April, volume lalu lintas di ruas tol Astra Infra terpantau mengalami peningkatan signifikan. Total sebanyak 327 ribu kendaraan melintasi ruas tol Astra Infra di Tangerang - Merak, Cikopo - Palimanan, dan Jombang - Mojokerto. Secara akumulatif, sejak 31 Maret 2024 (H-10) hingga 6 April 2024 (H-5) lebaran, tercatat 1,9 juta kendaraan telah melintasi ketiga ruas tol Astra Infra. Meningkat 0,2% dibandingkan periode yang sama pada lebaran 2023.

“Astra Infra terus bekerjasama dengan pihak terkait khususnya kepolisian, untuk dapat melakukan berbagai upaya mengurai kepadatan dan antrean yang terjadi, serta memberikan pelayanan untuk kenyamanan pengguna jalan pada puncak arus mudik ini.” ujar Group Chief Operating Officer Astra Infra, Billy Perkasa Kadar.

Di ruas tol Tangerang - Merak, Pada 6 April 2024, dari total 147 ribu kendaraan melintas, tercatat sekitar 8 ribu kendaraan melintasi Gerbang Tol Merak menuju ke arah Pelabuhan Merak. Sesuai data yang disampaikan oleh Kementerian Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, pada tahun ini jumlah pemudik via Pelabuhan Merak dan Ciwandan mengalami kenaikan signifikan Karena hal tersebut, pada 5-6 April 2024 terjadi antrean sepanjang sekitar 8 KM menjelang Gerbang Tol Merak, imbas dari antrean di Pelabuhan Merak. 

Tercatat 124 ribu kendaraan melewati Ruas Tol Cikopo - Palimanan. Bila dibandingkan dengan prediksi, terdapat peningkatan sejumlah 1%. Angka realisasi tersebut meningkat 20% bila dibandingkan dengan hari periode yang sama tahun lalu (H-4), sedangkan bila dibandingkan Lalu Lintas Harian (LHR) terdapat peningkatan sebesar 112%.

Sebagai upaya mengurangi kepadatan pemudik pada hari puncak arus mudik, sesuai diskresi kepolisian rekayasa lalu lintas one way telah diterapkan di KM 72 ruas tol Cikopo - Palimanan hingga KM 414 tol Semarang - Batang sejak 5 April 2024 pukul 21.50 WIB. Selain itu, untuk menambah keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan, Astra Tol Cipali mendukung pihak kepolisian melakukan penertiban untuk pengguna jalan yang beristirahat di bahu jalan. Astra Tol Cipali juga melakukan sosialisasi melalui VMS maupun sarana edukasi lainnya untuk mendorong pengguna jalan mengutamakan keselamatan dan ketertiban selama di perjalanan. Adapun di ruas tol Jombang - Mojokerto, terpantau lalu lintas masih landai, dengan jumlah kendaraan melintas pada 6 April 2024 sebesar 55 ribu kendaraan, meningkat 29% dari hari sebelumnya, atau 58% dari lalu lintas harian normal.

Kepadatan selama tiga hari itu akhirnya berakhir pada 7 April atau H-3 Sebelum lebaran, terpantau kondisi lalu lintas di Astra Infra Toll Road mulai berangsur normal. Pada tanggal 7 April 2024, total volume kendaraan yang melintas Astra Infra Toll Road Tangerang–Merak sebanyak 127.406 kendaraan, Astra Infra Toll Road Cikopo–Palimanan sebanyak 127.679, dan Astra Infra Toll Road Jombang–Mojokerto sebanyak 54.636.

“Astra Infra mengapresiasi koordinasi dari seluruh stakeholders dalam mengupayakan kelancaran lalu lintas, terutama penanganan kepadatan di Pelabuhan Merak sehingga kepadatan di jalan tol pun telah terurai,” ujar Group Chief Operating Officer Astra Infra, Billy Perkasa Kadar.

Di ruas Tol Tangerang–Merak, pada 7 April 2024, masih terjadi antrean kendaraan yang menuju ke arah Pelabuhan Merak hingga KM 87 atau sepanjang 9 km yang kemudian berangsur menyusut melalui dilakukannya berbagai tindakan untuk mengurai kepadatan. Upaya yang dilakukan Astra Infra di antaranya, berkoordinasi dengan Kepolisian secara intensif untuk memperlambat (delaying) laju kendaraan yang menuju ke arah Merak, kolaborasi publikasi kondisi lalu lintas di berbagai platform, serta upaya penanggulangan lainnya bersama stakeholders. Hingga berita ini disampaikan, antrean sudah berhasil terurai sehingga lalu lintas di seluruh ruas Tol Tangerang–Merak pun terpantau kembali lancar.

Sementara itu, di Astra Infra Toll Road Cikopo–Palimanan, tercatat terdapat penurunan total kendaraan sejumlah 5,2 persen dibandingkan hari sebelumnya. Namun, dengan volume kendaraan melintas yang masih tergolong cukup tinggi, sesuai diskresi kepolisian rekayasa lalu lintas One Way dari KM 72 Tol Cikopo–Palimanan hingga KM 414 GT Kalikangkung diperpanjang hingga 8 April 2024 pukul 24.00 WIB. Terpantau kondisi lalu lintas di seluruh ruas Tol Cipali pun ramai dan lancar.

Adapun di Astra Infra Toll Road Jombang–Mojokerto, terpantau lalu lintas juga ikut mengalami penurunan, dengan persentase penurunan sebesar 2 persen dibandingkan dengan hari sebelumnya, atau 58 persen dari lalu lintas harian normal. Kondisi lalu lintas di Astra Infra Toll Road Jombang–Mojokerto pun terpantau ramai dan lancar.


LihatTutupKomentar
close
mayora