mie lurus

Perkenalkan 2 Mobil Dan 7 Investor, BAIC Indonesia Siap Menargetkan CKD Pada 2025




Otojatim – Beijing Automotive Group Co., Ltd. (BAIC) bersama Distributor Tunggalnya di Indonesia, PT JIO Distribusi Indonesia (PT. JDI), secara resmi menghadirkan dua produk andalannya untuk meramaikan pasar otomotif Indonesia. BAIC BJ-40 PLUS dan juga BAIC X-55.

Beijing Automotive Group Co., Ltd. (BAIC) berdiri di Cina sejak tahun 1958, dengan markas besar berada di kota Beijing, Cina. BAIC merupakan salah satu merk kendaraan bermotor yang berada dibawah naungan Beijing Automotive Group Co., Ltd. dan hingga saat ini merupakan produsen kendaraan bermotor terbesar ke-lima di Cina. 

“Hari ini adalah hari yang sangat Istimewa! Pada hari ini, dengan bangga kami akan menampilkan dua produk andalan BAIC untuk pertama kalinya di Indonesia langsung dihadapan rekan-rekan Media, selain itu juga dilakukan penandatanganan beberapa investor yang sepakat untuk segera membangun jaringan Dealer BAIC dibeberapa wilayah di Indonesia” ujar Chief Operating Officer PT. JDI - Dhani Yahya.

Pada kesempatan Istimewa ini hadir Mr. Chen Wei; Vice General Manager of Beijing Automotive Group Co. Ltd & Chairman of BAIC MOTOR Corporation. Ltd, dan juga Mr. Zhao Pengfei; Vice President BAIC INTERNATIONAL, beserta beberapa perwakilan dari pihak BAIC INTL. Tidak ketinggalan hadir juga founder dari PT JDI sekaligus founder JHL Group, Bpk. Jerry Hermawan Lo, juga hadir Bpk. Dr. H. Bambang Soesatyo, S.A.P., S.E., S.H., M.B.A, sebagai Shareholder di PT JIO, serta Bpk. Aries Marsudiyanto juga sebagai Shareholder di PT JIO yang menjadi perusahaan yang membawahi CKD Manufaktur untuk merk BAIC di Indonesia.

“BAIC merupakan salah satu merk andalan dari Beijing Automotive Group Co., Ltd. Produsen ini memiliki beberapa merk lain yang dijual tidak hanya dipasar dalam negeri Cina, tetapi juga di ekspor ke negara-negara besar lain didunia. Perusahaan ini memiliki kerjasama yang erat dengan berbagai produsen Otomotif di seluruh dunia dan diantaranya yang sangat populer dan masih berlangsung hingga saat ini adalah Kerjasama Beijing-Benz dan Beijing-Hyundai.” Pungkas Dhani.

Di Indonesia, BAIC memperkenalkan dua model andalannya di segmen SUV medium yang menyasar dua pasar yang berbeda. Keduanya memiliki performa khas kendaraan eropa yang dibekali dengan teknologi modern demi mengikuti kebutuhan pasar yang terus berevolusi namun juga sarat dengan beragam kebutuhan.

BAIC BJ-40 PLUS di Indonesia hadir dengan satu pilihan mesin yaitu mesin bensin 4 silinder, 16 valve, 2.000cc DOHC dengan Turbocharger, dipadukan dengan transmisi 8-Percepatan lansiran pabrik transmisi ternama dari Jerman yaitu ZF Friedrichshafen. Sistem penggerak pun sudah menggunakan Electronic Transfer Case dengan Center Differential Lock dari Borg-Wagner, yang sangat mumpuni untuk menerabas medan berat. BAIC BJ-40 PLUS dengan penggerak empat-roda ini, menghasilkan tenaga maksimum 221 Hp dengan torsi maksimal 380 Nm, yang dirasa cukup mumpuni untuk kondisi jalan dan alam di Indonesia.

SUV dengan karakter gagah dan macho ini memberikan kesan premium pada setiap sudut tampilannya, baik penampilan maupun performanya dinilai sangat cocok untuk para pecinta offroad atau konsumen yang memiliki jiwa adventurer. Masuk ke Indonesia dengan harga 800 jutaan, SUV ini diyakini akan menjadi pesaing unggul di segmen kendaraan serbaguna khususnya berpenggerak empat roda atau 4x4 di Indonesia.

Model kedua yang dihadirkan untuk pasar Indonesia adalah BAIC X55-II yang merupakan kendaraan jenis Medium SUV penggerak roda depan (FWD) dengan mesin yang disebut MAGIC-CORE, dengan konfigurasi 4 silinder, 16 valve, 1500cc DOHC Turbocharger, yang dibangun atas kerjasama BAIC Motor dengan META Engineering dari Jerman, yang terkenal sebagai pemasok mesin dan teknologi tinggi lainnya kepada merk-merk otomotif ternama di dunia. BAIC X55-II dilengkapi dengan transmisi 7-Percepatan Double Clutch (7-Speed DCT) yang mendapatkan penghargaan sebagai Cina Top-Ten Transmission. BAIC X-55 II memiliki kemampuan 185 Hp dan tenaga 305 Nm, sehingga mampu ber-akselerasi dari 0 km/h hingga 100 km/h hanya dalam 7.8 detik. Performa dan teknologi kendaraan ini sangat layak disandingkan dengan kendaraan pada segmen serupa di kelas premium.

Model ini memiliki tampilan unik dan sangat modern menyesuaikan dengan tren pasar saat ini. Dibekali dengan peralatan teknologi yang sangat updated, interior nyaman yang lega untuk menampung hingga 5 orang penumpang serta bagasi yang luas membuat kendaraan ini dinilai akan sangat fungsional bagi konsumen yang menggunakan kendaraan pribadinya untuk kegiatan sehari-hari tanpa meninggalkan kesan fashionable dan modern pada tampilannya. Diluncurkan dengan harga 400 jutaan, BAIC Indonesia optimis bahwa model ini akan segera mengisi jalanan-jalanan di Indonesia dalam waktu yang singkat.

“BAIC BJ40 Plus dan BAIC X-55 II merupakan dua model pertama yang kami pilihkan khusus untuk mengisi kebutuhan konsumen Indonesia yang memiliki kebutuhan sangat beragam. Terlebih, kehadiran produsen asal Cina di pasar otomotif Indonesia saat ini memiliki daya-tarik sendiri yang tidak dapat dipungkiri membangun optimisme yang sangat besar bagi kami bahwa BAIC akan segera mengisi pangsa pasar otomotif Indonesia dengan posisi yang terus meningkat di 5 tahun ke depan” tutup Dhani.

Dalam kesempatan yang sama dengan kegiatan peluncuran awal atau Soft Launch kedua produk unggulan BAIC Indonesia yaitu BAIC BJ-40 PLUS dan BAIC X-55 hari ini, dilakukan juga penandatanganan kesepakatan antara para investor dengan distributor tunggal merk BAIC di Indonesia yaitu PT JIO Distribusi Indonesia yang berada dibawah naungan JHL Group.

Dhani Yahya, selaku Chief Operating Officer PT JDI menyampaikan kebahagiaan sekaligus juga penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para investor, bahwa merk BAIC sebagai pemain baru Otomotif di Indonesia bisa mendapatkan sambutan hangat utamanya dari para investor. “Kesepakatan ini memberikan optimisme yang sangat besar bahwa merk BAIC akan memiliki komitmen jangka panjang di pasar Otomotif Indonesia. Direncanakan pembangunan dealer-dealer baru akan segera
 terlaksana pada tahun ini (2024), dan proses perakitan lokal di Indonesia sudah matang dibicarakan, sehingga targetnya pada tahun 2025 BAIC Indonesia sudah dapat merakit unit kendaraan BAIC BJ-40 secara lokal” ujar Dhani.

Ada 7 investor ternama telah mengonfirmasi kerjasamanya dan akan membangun 13 jaringan Dealer yang tersebar di wilayah Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Bali dan Batam. Berikut adalah daftar investor BAIC Indonesia beserta wilayah investasinya yang akan memberikan kemudahan bagi para konsumen Indonesia untuk menjangkau produk BAIC mulai dari pembelian, perawatan hingga purna jual kendaraan:

1. JHL Group yang akan membangun dua dealer di wilayah Alam Sutera dan Gading Serpong, Tangerang.
2. PT DAS Indonesia Motor yang akan membuka di kota Surabaya dan di Pulau Bali.
3. PT Trijaya Oto Makmur yang akan berinvestasi di wilayah Jakarta yang berkembang pesat yaitu Pantai Indah Kapuk - Jakarta Utara dan juga di Tomang - Jakarta Barat, lalu merambah ke kota Bandung - Jawa Barat, hingga ke kota Pekanbaru - Provinsi Riau.
4. PT Istana Tujuh Sukses yang akan memulai Dealer di kota Samarinda - Provinsi Kalimantan Timur.
5. PT Mega Central Autoniaga yang akan membuka Dealer di kota terbesar di Sumatera Barat, yaitu kota Medan.
6. PT Mega Prakarsa Indonesia akan menghadirkan Merk BAIC di Pulau Batam yang terkenal dengan Free Trade Zone Area (FTZ).
7. Prestige Motorcars akan turut hadir diwilayah Jakarta Utara ,melalui kehadirannya di daerah Pantai Indah Kapuk dan Pluit

““Kesepakatan ini membuktikan kepercayaan para investor terhadap merk BAIC, yang diyakini akan menumbuhkan tingkat kepercayaan pasar, dimana ini juga merupakan komitmen kami untuk tumbuh dan berkembang dipasar otomotif Indonesia” tutup Dhani.

LihatTutupKomentar
close
mayora