iklan jual beli mobil

Mudik Saat Puasa? Kurangi Gorengan. Ini Asupan yang Benar saat Sahur dan Berbuka

Mudik

Mudik lebaran menggunakan kendaraan peribadi memang lebih terasa afdol. Tapi pastinya akan sangat melelahkan. Oleh sebab itu sangat diperlukan persiapan yang cukup. Sudah tentu persiapan fisik adalah hal pertama yang harus diperhatikan.

Apalagi untuk Anda yang masih  berpuasa saat mudik. Dengan berpuasa, tubuh Anda tentu akan rentan kelelahan saat menempuh perjalanan. Sehingga faktor makanan dan minuman yang dipilih sangat mempengaruhi kondisi kesehatan Anda.

Lantas bagaimana menurut saran ahli?

“Mudik bisa sangat melelahkan apalagi bagi yang berpuasa. Untuk itu makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur maupun berbuka harus mengandung unsur gizi lengkap. Mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral serta serat.” tutur Mercy Laowo,S.Gz, Aerofood Acs, RS. Husada Jakarta Pusat.

Baca: Tips Pakaian Tetap Bersih dan Kering di Musim Hujan

Bagi pemudik juga tidak disarankan untuk menenggak minuman berenergi yang kerap dipilih selama perjalanan ke kampung halaman. Lantaran minuman tersebut terkadang mengandung kafein tinggi.

Mudik lebaran
Jangan terlalu banyak gorengan
“Saat puasa tubuh lebih banyak kehilangan cairan sehingga lebih tepat adalah meminum air putih. Minuman berenergi biasanya tinggi gula atau kafein yang membahayakan kesehatan, gangguan ginjal, kerusakan hati dan diabetes. Energy drink juga bisa menyebabkan sakit kepala, pusing atau gelisah.” lanjutnya.

Nah untuk itu, harus sangat diperhatikan makanan dan minuman yang baik untuk dikonsumsi. Jangan asal mengisi perut tapi harus memenuhi kebutuhan tubuh agar tetap prima saat mudik.

Do(s) :
  1. Perhatikan menu berbuka dan sahur. Pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi, ubi atau bubur kacang hijau.
  2. Konsumsi serat yang cukup seperti makan buah dan sayur saat berbuka dan sahur.
  3. Perbanyak minum air putih terutama menjelang tidur atau beristirahat.
  4. Makan dan minum secukupnya.
  5. Bila perlu konsumsi suplemen.

Don’t(s) :
  1. Tidak dianjurkan makan makanan yang digoreng.
  2. Hindari makanan yang mengandung gas seperti sawi, kol, minuman bersoda, coklat, durian dan lain-lain. Karena akan menyebabkan gangguan perut dan membuat lambung tidak nyaman.
  3. Sahur di pagi hari sebaiknya jangan yang berbumbu pedas atau tajam.
  4. Hindari makan mie instant karena berisiko menyebabkan perut kembung mual dan muntah.
  5. Jangan terlalu banyak minum minuman yangg merangsang produksi asam seperti  kopi, susu full krim. Dan Makanan yang kadar lemak tinggi seperti jeroan, daging berlemak, dan bersantan banyak.
  6. Hindari minuman yang mengandung tanin seperti teh pada saat makan agar protein yang dikonsumsi tidak menghambat penyerapan zat besi.
LihatTutupKomentar