mie lurus

Rp34 Triliun! THR 2022 dan Gaji ke-13 Dicairkan H-10. Menkeu: Belanjakan Produk Indonesia!

THR ASN 2022

Jakarta, Suarajatim.com - Setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri, pencairan THR dan Gaji ke-23 selalu dinantikan oleh para ASN.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku sering mendapat kiriman meme seperti di atas dengan berbagai versi. Meme tersebut  berisi sindiran jenaka mengenai kapan THR akan diumumkan dan dibayar pemerintah.

"Alhamdulillah, Presiden telah menetapkan kebijakan pemberian THR dan Gaji-13 tahun 2022 dalam Peraturan Pemerintah 16/2022," kata bu Menteri, dikutip dari akun resmi Sri Mulyani @smindrawati

Rincian pencairan THR pada tahun 2022 adalah sebagai berikut:

1) THR    tahun 2022    diberikan kepada seluruh aparatur Negara (termasuk TNI dan Polri) dan     pensiunan,    yang    terdiri dari:
a. Aparatur Negara    Pusat :        sekitar 1,8 juta Pegawai
b. Aparatur Negar Daerah :        sekitar 3,7 juta Pegawai
c. Pensiunan sekitar 3,3 juta orang

2) Kebijakan pemberian THR    diatur dalam APBN    TA    2022,    dengan anggaran THR dan Gaji 13 sudah dialokasikan dalam :
• Anggaran Kementrian/Lembaga sebesar Rp 10,3 Triliun untuk ASN Pusat,    TNI, dan Polri
• melalui DAU sekitar Rp15,0 Triliun untuk ASN Daerah (PNSD dan PPPK) dan dapat ditambahkan dari APBD TA 2022 sesuai kemampuan fiskal masing-masing Pemerintah Daerah dan sesuai ketentuan yang berlaku, serta
• Bendahara Umum Negara sekitar Rp9,0 Triliun untuk para pensiunan.

3) THR dan Gaji-13 diberikan sebesar gaji/pensiun pokok dan tunjangan yang melekat pada gaji/pensiun pokok (tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan struktural/fungsional/umum), dan 50% tunjangan
kinerja per bulan bagi yang mendapatkan tunjangan kinerja.

Bagi Pemerintah Daerah, paling banyak 50% tambahan penghasilan dengan memperhatikan
kemampuan kapasitas fiskal daerah.

4) Pencairan THR    direncanakan dimulai pada    periode H-10 (10 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri), diharapkan mendorong kegiatan ekonomi rakyat. Belanjakan untuk produk Indonesia.

"Terimakasih atas dedikasi seluruh Aparatur Negara    yang bekerja keras memberikan pelayanan rakyat selama pandemi dan mendorong pemulihan ekonomi. Mari kita jaga bersama perekonomian Indonesia. Pandemi Covid-19 belum berakhir dan sekarang timbul guncangan global," tutup Sri Mulyani.

LihatTutupKomentar
close
mayora