iklan jual beli mobil

PLN Gandeng 4 Perusahaan Untuk Memperbanyak Charging Station di Indonesia

  • Demi memperkuat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, PLN Gandeng 4 Perusahaan untuk bangun Charging Station.

Jakarta, Suarajatim.com - PT PLN (Persero) jalin kerja sama dengan empat perusahaan guna meningkatkan ketersediaan charging station di Indonesia. Kesepakatan kerja sama ini ditandatangani pada acara The 11th Indonesia EBTKE ConEx 2023, yang berlangsung pada Rabu (12/7).


Darmawan Prasodjo, selaku Direktur Utama PLN, menyatakan bahwa perusahaan terus berkomitmen mempercepat pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Salah satunya dengan membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak guna memperluas jaringan charging station, termasuk Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), dan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU).


"Kami akan terus memperbanyak charging station ini. Masyarakat jadi tidak ragu untuk beralih ke kendaraan listrik karena bisa isi daya mobil atau motornya di mana saja," kata Darmawan.


PLN juga telah merancang skema kerja sama untuk pengembangan SPKLU dan SPBKLU. Peluang bisnis masa depan ditawarkan melalui kerja sama dalam penyediaan lahan dan investasi pengadaan SPKLU dan SPBKLU tersebut.

Seluruh mitra kompak mendukung komitmen PLN dalam menghadapi transisi energi. Diantaranya PT Exelly Elektrik Indonesia dan PT Astra Otoparts Tbk, yang bergabung dengan PLN untuk mengembangkan infrastruktur SPKLU.


PLN juga menjalin kerja sama dengan PT Bringin Karya Sejahtera dalam menyediakan infrastruktur SPKLU. Sedangkan dengan PT High Volt Technology, PLN membangun infrastruktur SPKLU di Rest Area KM 7 Jalan Tol Serpong Pondok Aren dan Rest Area KM 97 Jalan Tol Cipularang Purwakarta.


PLN berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Saat ini, PLN telah mengoperasikan 616 SPKLU, lebih dari 1.400 SPBKLU, dan lebih dari 9000 SPLU. Bahkan, PLN telah mengembangkan versi terbaru SPLU 2.0 dengan fasilitas fast charging di lokasi-lokasi strategis guna meningkatkan kenyamanan masyarakat dalam menggunakan kendaraan listrik, terutama kendaraan roda dua.

LihatTutupKomentar