iklan jual beli mobil

Jasa Raharja Gandeng Karang Taruna Probolinggo untuk Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas

  • Berbagai cara dilakukan Jasa Raharja untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam keselamatan lalu lintas. Selain bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, kini Jasa Raharja juga gandeng persatuan karang taruna.

Probolinggo, Suarajatim.com –Jasa Raharja Perwakilan Probolinggo, UPT PPD Bapenda Probolinggo dan Satlantas Polres Probolinggo bersama dengan Karang Taruna Kabupaten Probolinggo menandatangani kesepakatan peningkatan Kepatuhan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan keselamatan dalam berlalu lintas di wilayah Kabupaten Probolinggo.


Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Perwakilan Jasa Raharja Probolinggo Suryo Setyantoro Putro, Kepala UPT PPD Bapenda Probolinggo Zainal Arifin, Kanit Rigident Satlantas Polres Probolinggo Ipda Eko Erfan, Ketua Karang Taruna Kabupaten Probolinggo Sigit Wida Hartono dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto.


Kegiatan tersebut dilangsungkan dalam pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Karang Taruna Kabupaten Probolinggo masa bakti 2023-2028 di ruang PRIC Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Probolinggo pada Sabtu, (2/9/2023).


Dalam perjanjian itu disebutkan bahwa setiap karang taruna se-Kabupaten Probolinggo harus taat dan patuh dalam melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) serta Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Kantor Bersama Samsat. 


Selain itu, karang taruna se-Kabupaten Probolinggo juga diharapkan dapat menjadi pelopor keselamatan tertib berlalu lintas dan aktif dalam upaya pencegahan kecelakaan lalu lintas.


Ketua Karang Taruna Kabupaten Probolinggo Sigit Wida Hartono mengatakan bahwa kerja sama lintas instansi tersebut memacu semangat anggota karang taruna untuk terus berinovasi dan berkembang menjadi lebih baik lagi.


“Karang Taruna Kabupaten Probolinggo akan terus berusaha melakukan inovasi-inovasi dalam membantu menyukseskan program Pemerintah Kabupaten Probolinggo mulai dari penurunan stunting hingga pengentasan kemiskinan ekstrim,” ujarnya.


Kepala Perwakilan Jasa Raharja Probolinggo Suryo Setyantoro Putro berharap kolaborasi tersebut dapat membawa manfaat dan dampak signifikan pada ketaatan serta kelengkapan administratif kendaraan bermotor, sekaligus mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas khususnya di Kabupaten Probolinggo.


“Kolaborasi ini sudah kami sampaikan ke Provinsi Jawa Timur dan mendapatkan apresiasi yang luar biasa. Harapannya pemuda karang taruna ini dapat menularkan dan mensosialisasikan apa yang diterima dalam kesempatan ini pada masyarakat pemuda lainnya di tingkat desa,” ungkapnya.


Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto. Ia mengimbau kepada seluruh pengurus karang taruna di Kabupaten Probolinggo agar benar-benar melaksanakan dengan baik komitmen yang terlah disepakati bersama. Mengingat komitmen ini adalah sebuah tanggung jawab yang besar.


“Saya harap MoU ini betul-betul dilaksanakan. Jangan sampai hanya ueforia sebentar saja. Lakukan komitmen ini untuk mendukung peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah),” kata Ugas.


Lebih lanjut Sekda Ugas mengungkapkan bahwa pajak kendaraan bermotor sangat berpengaruh kepada PAD Kabupaten Probolinggo. Di mana hasil dari PAD ini nantinya digunakan untuk menyelesaikan PR (Pekerjaan Rumah) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.


“Harapannya komitmen ini nantinya bisa berdampak pada peningkatan PAD dan keselamatan dalam berlalu lintas,” tegasnya.


Sekda Ugas juga menegaskan bahwa Pemerintah Daerah sangat menanti semangat dan kemampuan para pemuda karang taruna.


"Pola pikirnya yang membara itu diharapkan bisa memberikan kontribusi nyata pada masyarakat dan Pemerintah Daerah. Oleh karena itu, karang taruna harus terus menjaga komunikasi dan kolaborasi dengan baik,” pungkasnya.

LihatTutupKomentar