iklan jual beli mobil

Upaya BKKBN Jawa Timur Menguatkan Pembangunan Keluarga Melalui Edukasi Kespro dan Gizi bagi Remaja

bkkbn stikes rustida banyuwangi

Suarajatim.com - BKKBN Jawa Timur menggelar Penguatan Program Pembangunan Keluarga melalui Edukasi Kespro dan Gizi bagi Remaja bersama Mitra Kerja. Aula STIKES RUSTIDA, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan ini pada Senin (18/12).

Acara dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Dra. Maria Ernawati, M.M., yang diwakili oleh Yuni Dwi Tjadikijanto, S.E., Pembina Program KSPK Perwakilan BKKBN Jawa Timur. Henik Setyorini, AP, M.Si, selaku Kepala Dinas Sosial PPKB Kabupaten Banyuwangi, juga turut hadir bersama Direktur STIKES RUSTIDA.

Partisipan sebanyak 250 orang terdiri dari pengurus PIK-Remaja, Saka Kencana, Karang Taruna, dan Insan GenRe di Kabupaten Banyuwangi.

Henik Setyorini, Kepala Dinas Sosial PPKB Kabupaten Banyuwangi, memberikan semangat kepada para remaja yang hadir, menyatakan, "Remaja hari ini adalah penentu masa depan. Majunya suatu negara di masa yang akan datang ditentukan oleh bagaimana remaja hari ini disiapkan dan diberdayakan."

Dalam sambutannya, Henik juga menekankan pentingnya rasa empati antar sebaya dan mendorong remaja untuk menghindari pernikahan dini, seks pranikah, penggunaan NAPZA, bullying, dan perilaku berisiko lainnya.

Yuni Dwi Tjadikijanto, Pembina Program KSPK Perwakilan BKKBN Jawa Timur, menyampaikan bahwa dalam upaya menurunkan angka stunting diperlukan berbagai terobosan. "Jumlah remaja di Jawa Timur usia 10-24 tahun berjumlah 9.134.061 jiwa. Data menunjukkan usia kawin pertama perempuan baru mencapai 19,13 tahun, sementara yang diharapkan adalah 21 tahun," kata Yuni.

Yuni juga membagikan data terkait prevalensi stunting di Indonesia, menekankan perlunya remaja menjadi influencer bagi teman sebaya untuk tidak menikah muda. "Menikah butuh kesiapan fisik, psikis, pendidikan, ekonomi, dan lain sebagainya," tambahnya.

Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Ketua Tim Kerja BKR Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Yuyun Evriana S. S.E., serta penjelasan tentang kesehatan reproduksi dan pencegahan stunting dari dr. Juwana. Ibu Vina Meidhityaningrum, A.Md.Gz, turut berbicara mengenai Kebutuhan Gizi Remaja.

LihatTutupKomentar