iklan jual beli mobil

Serius Soal Pelestarian Lingkungan, Ini Kontribusi PLN Sepanjang 2023

  • PLN melalui program TJSL melakukan gerakan masif untuk lestarikan lingkungan Indonesia. 

Jakarta, Suarajatim.com - Sepanjang tahun 2023, PLN telah menanam 283.739 pohon dengan luas lahan mencapai 141,45 Hektare (ha) yang tersebar di seluruh Indonesia. Ini merupakan produk dari program prioritas Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).


Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menekankan pentingnya meningkatkan kualitas lingkungan alam demi hidup yang lebih baik. Salah satunya dengan menanam pohon.


“Harapannya program ini dapat memberi manfaat terutama untuk masyarakat dan lingkungan sekitar. Dapat mengurangi pencemaran udara dan membuat lingkungan menjadi semakin sehat,” kata Darmawan.


Pada Maret 2023, PLN bekerja sama dengan pemerintah Provinsi Yogyakarta mengembangkan kawasan ekonomi hijau di Gunung Kidul. Lahan seluas 30 ribu hektar ditanami 50 ribu bibit pohon energi yakni tanaman Kaliandra, Gamal, dan Tarum.


Masih di bulan yang sama, PLN merambah kawasan pesisir Pantura Provinsi Jawa Tengah untuk melakukan restorasi demi mencegah abrasi pantai dan banjir rob. Sebanyak 100 ribu mangrove ditanam di Pasar Banggi Rembang yang terdampak perubahan iklim.


Pada Juni 2023, sebanyak 7.875 pegawai PLN ramai-ramai melakukan konservasi sungai dan pantai pada 60 titik di 28 provinsi se-Indonesia. Sebanyak 36.211 pohon berhasil ditanam. Aksi ini merupakan hasil kerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

 

Lalu Oktober 2023, PLN bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan penanaman 70 ribu pohon secara serentak melalui gerakan "Satu Orang Satu Pohon". 


Menurut Darmawan, beragam program perlindungan, pelestarian, dan pemulihan lingkungan telah dicetuskan oleh PLN demi mencapai Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060 dan menjaga keseimbangan ekosistem yang terdampak perubahan iklim untuk meningkatkan kualitas hidup generasi yang akan datang.


“PLN tidak hanya fokus pada bisnis, tapi juga pada kehidupan masyarakat. Ini tercermin pada program TJSL yang menyentuh langsung aspek kehidupan masyarakat untuk menciptakan masa depan yang lebih baik,” ujar Darmawan.

Lewat unit-unit PLN yang tersebar di seluruh Indonesia, program pelestarian lingkungan serta konservasi flora dan fauna berhasil dijalankan. Seluas 250.000 meter persegi (m2) terumbu karang dan 13.244 satwa konservasi sukses dilestarikan. 


Tak hanya itu, ada 32 program air bersih dan sanitasi sepanjang 2023, PLN sukses menghadirkan air bersih bagi 5.327 Kepala Keluarga (KK). Lalu, melalui 6 program co-firing biomassa, PLN juga berhasil menyulap 53,1 Ton sampah menjadi energi listrik.

LihatTutupKomentar