Hadapi Musim Hujan, PLN Unit Jawa Bali Ganti Isolator

  • Guna mengantisipasi curah hujan tinggi dan petir, PLN UIT JBM melakukan penggantian isolator.

Suarajatim.com - Di tengah curah hujan yang tinggi, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) melakukan inspeksi rutin untuk mengecek kondisi material pada tower.


“UPT (Unit Pelaksana Transmisi) Malang berhasil menyelesaikan penggantian sejumlah 150 keping isolator kaca dengan isolator polimer selama kurang dari 2 pekan sejak akhir Januari lalu, pada 21 Tower di sepanjang jalur SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) 70 kV Kertosono-Ploso untuk menjaga ketahanan isolator," kata Amiruddin, General Manager PLN UIT JBM.


Menurut Amiruddin, isolator kaca perlu diganti dengan isolator polimer agar fungsinya berjalan lebih optimal, terutama di tengah tingginya curah hujan dan intensitas petir. "Isolator kaca yang sebelumnya digunakan mudah terkena polutan, dan jika polutannya menumpuk membuat ketahanan isolator menurun, termasuk jika terkena sambaran petir, tentu hal ini menjadi perhatian PLN untuk mengantisipasi memasuki musim dengan curah hujan tinggi  dan petirnya saat ini," kata Amiruddin.


Guna menghindari terjadinya kerusakan akibat petir, PDKB (Pasukan Dalam Keadaan Bertegangan) UPT Malang melakukan pengecekan berkala pada SUTT 150KV penghantar Balongbendo-Sekarputih pada 5-6 Februari 2024.

Pekerjaan tersebut berhasil diselesaikan dengan tidak mengganggu suplai listrik ke pelanggan dan tetap mengutamakan K3. Komitmen dalam menyediakan keandalan sistem transmisi tentunya dilakukan PLN UIT JBM untuk kepuasan pelanggan terhadap kualitas layanan PLN.

LihatTutupKomentar