iklan jual beli mobil

Berkat Kesuksesan Produk Mobil Listrik, Porsche Raih 40,5 Milyar Euro Pada 2023

 

Porsche


Otojatim-
Porsche AG menutup tahun keuangan 2023 dengan sangat sukses dan merencanakan tahun peluncuran produk terbesar dalam sejarah perusahaan pada tahun 2024. Dengan empat peluncuran baru di lini model Panamera, Macan, Taycan, dan 911, produsen mobil sport ini akan terus meningkatkan kecepatan pada tahun 2025. "Kami memiliki tahun finansial yang kuat," kata Ketua Dewan Eksekutif Oliver Blume. "Tahun 2024 akan menjadi tahun yang penuh dengan peluncuran produk bagi Porsche - lebih dari tahun-tahun sebelumnya dalam sejarah kami. Kami akan memperkenalkan berbagai mobil sport yang menarik ke jalan raya, yang akan membuat para pelanggan kami di seluruh dunia bersemangat di. Hal ini akan memberikan angin segar bagi kami di tahun-tahun mendatang."

Pendapatan penjualan grup mencapai 40,5 miliar euro pada tahun 2023. Ini menandai peningkatan 7,7 persen (tahun sebelumnya: 37,6 miliar euro). Laba operasional grup naik 7,6 persen menjadi 7,3 miliar euro (tahun sebelumnya: 6,8 miliar euro). Laba operasional atas penjualan Grup tetap stabil pada 18,0 persen - meskipun ada gangguan pada rantai pasokan global, inflasi yang signifikan, dan investasi yang sangat tinggi dalam digitalisasi, portofolio produk dan inovasi, serta pengalaman merek. "Hasil yang kuat ini disebabkan oleh tingginya permintaan akan produk kami yang menarik dan disiplin biaya yang ketat," kata Lutz Meschke, Deputy Chairman of the Executive Board and Board Member untuk Finance dan IT. Arus kas bersih otomotif pada tahun keuangan 2023 berjumlah 4,0 miliar euro (tahun sebelumnya: 3,9 miliar euro).

Porsche

CEO Porsche, Lutz Meschke: "Porsche membuktikan pada tahun 2023 bahwa kami tangguh, sangat menguntungkan, dan kuat secara finansial bahkan di masa-masa yang tidak menentu. Dan kami mendapat manfaat dari struktur penjualan yang lebih seimbang daripada di masa lalu," katanya. "Atas dasar ini, kami meletakkan dasar di tahun 2024 untuk memulai awal yang baik di tahun 2025. Fokus kami tetap pada kesuksesan perusahaan yang berkelanjutan. Pelanggan dan karyawan kami, perusahaan, dan pemegang saham kami semuanya akan mendapatkan keuntungan."

Pada tahun fiskal 2023, laba per saham biasa adalah 5,66 euro dan laba per saham preferen adalah 5,67 euro. Sejalan dengan kebijakan dividen saat ini, Dewan Eksekutif dan Dewan Pengawas Rapat Umum Tahunan akan mengusulkan pembayaran dividen sebesar 2,1 miliar euro untuk tahun fiskal 2023. Jumlah ini mencapai lebih dari 40 persen dari laba bersih Grup setelah pajak dan 2,30 euro per saham biasa dan 2,31 euro per saham preferen. Dalam jangka menengah, Porsche berencana untuk mendistribusikan 50 persen dari laba bersih Grup setelah pajak kepada para pemegang saham.

Meschke: "Porsche membuktikan pada tahun 2023 bahwa perusahaan ini tangguh, sangat menguntungkan, dan kuat secara finansial bahkan di masa-masa yang tidak menentu. Dan kami mendapat manfaat dari struktur penjualan yang lebih seimbang daripada di masa lalu. Atas dasar ini, kami meletakkan dasar pada tahun 2024 untuk memulai awal yang baik pada tahun 2025."


"Tim Porsche boleh berbangga dengan kinerja mereka di tahun 2023. Terlepas dari semua tantangan yang ada, pelanggan kami sangat senang dengan produk-produk kami yang menarik, di semua lini model," lanjut Blume. Pada tahun 2023, pengiriman ke pelanggan meningkat 3,3 persen menjadi 320.221 kendaraan. Hasil di berbagai wilayah penjualan bahkan lebih seimbang daripada tahun sebelumnya. Dengan pijakan yang stabil ini, Porsche bertujuan untuk menghadirkan tidak kurang dari empat lini model baru atau model yang direvisi secara signifikan ke pasar pada tahun peluncuran produk ini.

Dimulai dengan generasi ketiga Panamera. Sedan mewah ini menekankan karakter sporty-nya dengan drivetrain yang lebih bertenaga. Konsep kontrol yang dimodernisasi secara fundamental dan berbagai teknologi inovatif semakin mempertajam profilnya. Ini termasuk suspensi Porsche Active Ride yang baru. Suspensi ini menggabungkan tingkat kenyamanan yang jauh lebih tinggi dengan karakteristik berkendara sporty yang menjadi ciri khas Porsche.

Generasi berikutnya dari mobil sport Taycan serba listrik mulai dijual pada musim semi. Versi baru ini memiliki tenaga yang lebih besar, jarak tempuh yang lebih jauh, berakselerasi lebih cepat, dan mengisi daya dalam waktu yang lebih singkat dengan stabilitas yang lebih baik. Taycan Turbo GT juga merayakan peluncuran perdana di dunia kemarin. Porsche memindahkan tradisi GT-nya ke era listrik untuk pertama kalinya - dengan kecepatan tertinggi 305 km/jam, hingga 815 kW (1.108 PS) dan waktu 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 2,2 detik.


Pada semester kedua tahun ini, generasi kedua Porsche Macan akan bergabung dengan jajaran produk dalam bentuk all-electric. Model ini akan diproduksi di Leipzig bersama dengan model ICE, yang akan terus ditawarkan. Permintaan pelanggan telah berkembang sangat positif sejak buku pesanan dibuka.

Pembaruan produk 911 direncanakan pada awal musim panas - termasuk penggerak hibrida berkinerja tinggi. Oliver Blume: "Sekali lagi kami menerapkan teknologi dalam model produksi seri yang kami ambil dari dunia motorsport. Dan pelanggan kami dapat menantikan inovasi teknologi lebih lanjut di sepanjang jalur yang sama."
Cayenne yang telah diperbarui mulai dipasarkan pada akhir tahun 2023. Generasi ketiga dari SUV mewah ini telah ditingkatkan secara ekstensif dalam hal powertrain, sasis, desain, peralatan, dan konsep kontrolnya.


Dengan berbagai pilihan kustomisasi, model-model baru ini menjadi dasar bagi Porsche untuk memajukan strateginya dalam menciptakan pertumbuhan yang bernilai. Porsche berkomitmen pada kombinasi tiga jenis powertrain: ICE yang efisien, hibrida plug-in yang menarik, dan model semua-listrik yang inovatif. Bagian dari strategi ini adalah mempertahankan fleksibilitas sebesar mungkin dalam produksi berbagai jenis powertrain. Pada saat yang sama, Porsche berinvestasi pada merek dan ekosistemnya untuk menginspirasi pelanggan dengan pengalaman dan layanan yang luar biasa. Dalam transformasi perusahaan, Porsche berinvestasi secara ekstensif dalam inovasi, digitalisasi, dan keberlanjutan - dan pada orang-orang yang membentuk Porsche dengan pekerjaan sehari-hari mereka.

Dengan tujuan untuk transformasi di masyarakat dan tren jangka panjang dalam permintaan pelanggan, Porsche mendorong peningkatan mobilitas elektronik dengan dedikasi yang sama seperti sebelumnya. Porsche 718 serba listrik direncanakan untuk pertengahan dekade ini. Ini akan diikuti oleh Cayenne listrik. Porsche juga berencana untuk memperluas portofolio produknya ke atas - dengan SUV serba listrik, yang diposisikan secara sporty di atas Cayenne. Konsep mobil baru ini didasarkan pada platform SSP Sport yang dikembangkan oleh Porsche dan akan dibangun di Leipzig. Performanya yang kuat, fungsi mengemudi otomatis dan pengalaman interior yang benar-benar baru dimaksudkan untuk memanfaatkan potensi pelanggan baru - terutama di AS dan Cina.



LihatTutupKomentar