iklan jual beli mobil

Hari Pertama Idul Fitri: Kelistrikan Nasional Stabil, Kendaraan Listrik dan Pelayanan Pelanggan Tetap Optimal

perawatan jaringan pln
Petugas Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) melakukan pengecekan Gardu Induk Bangkalan 150 kiloVolt yang memasok listrik di wilayah Madura jelang Idul Fitri 1445 Hijriah. Petugas PDKB mampu melakukan pemeliharaan listrik tanpa padam, sehingga pasokan listrik ke masyarakat tetap andal.

Suarajatim.com - Dalam menghadapi perayaan Idul Fitri tahun ini, PT PLN (Persero) memastikan sistem kelistrikan nasional tetap stabil dan andal. Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan bahwa seluruh sistem kelistrikan telah dijaga dengan baik selama hari pertama Idul Fitri 1445 Hijriah.


"Kami bersyukur karena selama malam takbiran dan hari raya Idul Fitri, sistem kelistrikan nasional tetap aman. Ini memungkinkan masyarakat merayakan hari raya dengan penuh kehangatan bersama keluarga," ucap Darmawan.

PLN mencatat bahwa daya mampu nasional mencapai 51 ribu megawatt (MW), dengan beban puncak pada hari raya Idul Fitri sebesar 31 ribu MW, sementara cadangan daya mencapai 20 ribu MW.

Untuk menjaga keandalan pasokan listrik, PLN menyiapkan lebih dari 81 ribu personel yang bertugas di 2.766 posko di seluruh titik vital kelistrikan dan pusat kegiatan publik. Mereka dilengkapi dengan peralatan seperti genset, UPS, Gardu Bergerak, dan lainnya.

Selama arus mudik, PLN juga memastikan seluruh Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKLU) mampu melayani pemudik yang menggunakan kendaraan listrik. Ada 1.299 SPKLU tersebar di 879 lokasi di seluruh Indonesia.

"Dari jumlah transaksi dan konsumsi daya pada periode arus mudik tahun ini, terjadi peningkatan 5 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Ini menunjukkan minat masyarakat terhadap penggunaan kendaraan listrik untuk mudik semakin tinggi," jelas Darmawan.

PLN juga memastikan pelayanan pelanggan tetap berjalan normal selama 24 jam melalui PLN Mobile, di mana masyarakat dapat mengakses segala kebutuhan dan keluhan terkait kelistrikan.

Darmawan menutup pernyataannya dengan mengucapkan selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H serta memohon maaf lahir dan batin kepada semua. Dia juga mengingatkan untuk tetap berhati-hati dalam perjalanan, sementara seluruh Insan PLN akan terus bersiaga hingga berakhirnya libur Idul Fitri 1445 Hijriah.(*)

 

Ikuti berita PLN dari Google News

LihatTutupKomentar