mie lurus

Jelang Arus Balik, Astra Infra Persiapkan Infrastruktur Dan Fasilitas Pendukung Untuk Para Pemudik Di Jalan Tol

AIT


SJT- Hari lebaran yang jatuh pada 10 April sudah dilalui oleh umat Islam. Setelah merayakan hari raya di perantauan, maka ada waktunya mereka kembali ke kota untuk beraktifitas kembali dengan melakukan arus balik.

Menyambut arus balik yang akan dimulai pada 13-15 April 2024, Astra Infra telah mempersiapkan kesiapan infrastruktur jalan, penyiagaan lebih dari 1300 petugas yang dilengkapi armada patroli, derek, rescue, hingga ambulance, kesiapan sarana prasarana di rest area, dan pengaturan rekayasa lalu lintas. Astra Infra juga melakukan koordinasi intensif dengan pihak terkait seperti Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korlantas Polri. Beberapa evaluasi yang terjadi sepanjang arus mudik, juga akan menjadi rencana peningkatan layanan pada periode arus balik. Sebagai bagian evaluasi tersebut, pada 9 April 2024 Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan ke Rest Area KM 166 A Tol dan Command Center KM 188 Tol Cipali, untuk melakukan evaluasi sekaligus meninjau kesiapan menghadapi arus balik. Selain itu, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin juga melakukan kunjungan ke Rest Area KM 102 Tol Cipali, dengan agenda pengecekan posko kesehatan untuk memastikan pelayanan kesehatan kepada pemudik berjalan dengan baik. 

Untuk mencegah terjadinya kepadatan, Astra Infra mengimbau pemudik dapat menghindari tanggal yang diprediksi menjadi puncak arus untuk melakukan perjalanan, yaitu pada 14 - 15 April 2024, sesuai prediksi dari Korlantas Polri. Dalam rangka melakukan distribusi arus lalu lintas, Astra Infra juga menerapkan diskon tarif tol sebesar 20% selama arus balik lebaran, yang berlaku pada pada Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB (2 x 24 jam). Diskon berlaku bagi seluruh golongan kendaraan, yang melintasi Tol Tangerang - Merak, Cikopo - Palimanan, dan Jombang - Mojokerto secara menerus (gate to gate) dan untuk transaksi tol menggunakan kartu uang elektronik dengan saldo cukup.


Bersama kepolisian, Astra Infra juga telah merencanakan penerapan rekayasa lalu lintas one way di ruas tol Cipali yang akan diterapkan pada Jumat, 12 April 2024 pukul 08.00 s.d 24.00 WIB, Sabtu, 13 April 2024 pukul 08.00 s.d. 24.00 WIB, dan Minggu 14 April 2024 pukul 14.00 s.d Selasa 16 April 2024 pukul 08.00 WIB. Penerapan rekayasa lalu lintas bersifat situasional sesuai diskresi kepolisian. Ketika menggunakan jalur contra flow / one way, pengguna jalan tol diimbau untuk dapat tetap memperhatikan batas kecepatan di jalan tol luar kota 100 km/jam, menjaga batas jarak aman dengan kendaraan lain, dan menepi ke sisi paling kiri jalan dan menghubungi petugas jika terdapat kendala dalam perjalanan.


Astra Infra juga mengimbau pengguna jalan tol untuk selalu mengutamakan keselamatan dengan menjaga batas kecepatan kendaraan dan beristirahat jika lelah, mengantuk, atau telah berkendara selama 4 jam berturut-turut. Pengguna jalan juga diimbau untuk menjaga fasilitas dan beristirahat secukupnya di rest area. Jika rest area penuh, pengguna jalan juga dapat memanfaatkan tempat istirahat di luar jalan tol, untuk kemudian kembali masuk tanpa tambahan biaya. Hal tersebut tentunya dilakukan untuk mendukung dan menciptakan perjalanan yang menyenangkan, aman serta nyaman bagi para pengguna jalan tol dalam perjalanannya bersilaturahmi maupun berlibur bersama keluarga.

LihatTutupKomentar
close
mayora