mie lurus

Wortel Bagus Untuk Mata, Mitos atau Fakta?

  • Banyak masyarakat meyakini bahwa wortel berkhasiat menyehatkan mata karena mengandung banyak vitamin A. Apakah hal ini benar adanya atau hanya mitos belaka?

Suarajatim.com - Menurut Brian S. Boxer Wachler, MD, praktisi kesehatan dari WebMD, wortel dapat meningkatkan kesehatan mata merupakan sebuah fakta.

Vitamin A pada wortel dapat menjaga agar mata tetap sehat dan bening. Hal serupa juga dinyatakan oleh Kementrian Makanan Inggris. Berdasarkan penelitian yang mereka lakukan, beta karoten yang terkandung dalam vitamin A berperanan dalam membuat pigmen mata menjadi lebih jernih.

Fakta mengenai pengaruh wortel untuk kesehatan mata juga disampaikan oleh Emily Chew, Direktur deputi klinis Inggris, National Eye Institute. Menurutnya, vitamin A mampu mengubah cahaya yang masuk ke mata menjadi sinyal yang  disalurkan ke otak. Melalui sinyal tersebut manusia bisa melihat benda atau lingkungan sekitar meski dalam kondisi agak gelap.


Chew juga mengingatkan agar masyarakat waspada terhadap defisiensi Vitamin A. Kekurangan asupan vitamin A dapat menyebabkan 
kornea atau bagian depan mata perlahan menghilang dan berujung kebutaan.

Berdasarkan penelitian oleh National Eye Institute, setiap tahunnya diperkirakan 250.000 sampai 500.000 anak menjadi buta di seluruh dunia akibat kekurangan asupan vitamin A.

Penelitian lainnya menyebutkan bahwa masyarakat Nepal dan India yang tinggal di daerah pegunungan ekstrim dan minim cahaya matahari, memiliki penglihatan yang baik di malam hari usai diberikan suplemen vitamin A dan beta-karoten secara berkala.


Meski begitu, semua kandungan pada wortel belum terbukti dapat menurunkan minus pada mata. Hal ini karena gangguan mata minus terjadi ketika bentuk bola mata lebih panjang dibandingkan dari orang normal sehingga tidak bisa disembuhkan dengan mengonsumsi vitamin A saja.

Wortel berperan lebih kepada upaya pencegahan terjadinya gangguan mata, namun bukan untuk mengobati. Meski mengandung banyak khasiat, para ahli kesehatan menyarankan untuk tidak mengkonsumsi lebih dari satu hingga dua wortel berukuran sedang setiap harinya. Konsumsi wortel secara berlebihan dapat menyebabkan karotenemia, yakni perubahan warna kulit menjadi kekuningan.

Selain wortel, Anda dapat menemukan vitamin A dan beta karoten pada: ubi jalar, labu, sawi, wortel, paprika merah, bayam, mangga, brokoli, dan melon.

Tak hanya bagus untuk kesehatan mata, wortel juga bagus untuk memelihara sistem pencernaan, menjaga daya tahan tubuh, mengendalikan kadar gula darah, mengoptimalkan fungsi otak, menjaga kekuatan tulang, kesehatan kulit, rambut, dan jantung, serta mencegah kanker.

Jadi, tidak perlu ragu lagi mengonsumsi wotel setiap hari. Terutama bagi anak-anak di era serba gadget seperti saat ini, menjaga kesehatan mata amat penting.
LihatTutupKomentar
close
mayora