mie lurus

Marina Bay Sands Adakan Year of Extraordinary Women, Pameran Karya Seni Khusus Untuk Ikon Perempuan Dunia

 

MBS


SJT - Sebagai realisasi tema ‘Year of Extraordinary Women’, ArtScience Museum di Marina Bay Sands baru saja meluncurkan sebuah pameran istimewa yang juga turut meramaikan aktivitas kebudayaan di wilayah tersebut. Pertunjukan  besar ini membahas, merayakan, dan mengungkap kisah-kisah hidup tokoh perempuan yang hidupnya telah berdampak  kepada lingkungan masyarakat dari dekade demi dekade – mulai dari ikon perempuan dunia yang juga merupakan salah satu seniman perempuan paling berdampak  dari masa ke masa, Frida Kahlo, dan juga karakter perempuan yang sangat sering ditampilkan pada film-film epik karya rumah animasi Studio Ghibli.

 

Pameran pertama untuk tahun yang spesial ini ialah Goddess: Brave. Bold. Beautiful
(Para Dewi: Berani. Percaya Diri. Anggun.), sebuah pameran yang mewah dan penuh kekuatan yang diluncurkan pada bulan April lalu menyoroti tokoh perempuan ikonis pada industri layar kaca dan layar lebar yang berhasil mendobrak batasan, melawan stereotip dan memberikan dampak feminisme melalui representasi diri mereka di dalam maupun di luar layar. Pada bulan Mei, ArtScience Museum juga mempertunjukkan dua pameran baru yang merayakan seniman dan ikon kebudayaan Meksiko,
Frida Kahlo, yang mengusung judul Frida Forever (Frida Selamanya).

 
Sementara itu, yang tidak kalah dinantikan, pameran The World of Studio Ghibli
(Dunia Studio Ghibli) dijadwalkan untuk terlaksana pada bulan Oktober mendatang bertepatan dengan perayaan akhir tahun. Menyoroti film-film animasi Jepang ikonis yang diproduksi oleh Studio Ghibli, pameran masif yang imersif ini akan menjadi salah satu  yang terbesar – menawarkan pengalaman teatrikal interaktif dalam skala yang luar biasa. Pengunjung diajak untuk berinteraksi secara langsung dengan beberapa karakter Ghibli favorit mereka, serta memasuki dimensi film-film animasi Jepang favorit seperti My Neighbor Totoro, Princess Mononoke and Spirited Away.

 

“Pameran dan program-program yang kami persiapkan untuk tahun ini akan berpusat pada perayaan sekaligus apresiasi atas hikayat kehidupan tokoh perempuan yang telah berhasil mendobrak dan melampaui narasi konvensional. Studio Ghibli telah menciptakan beberapa karya animasi yang dicintai dan diakui kualitasnya dari masa ke masa. Film-film mereka yang mewah secara visual mengeksplorasi topik-topik humanis seperti ekologi dan alam, serta banyak menampilkan beragam tokoh wanita yang berkarakter kuat, mandiri, kompleks;  tetap sensitif; namun bisa dipahami maknanya. Dengan demikian, pameran ini – rasanya akan menjadi salah satu yang terbesar dalam sejarah kami – sangat sempurna melengkapi tema ‘Year of Extraordinary Women’ kami. Dengan mengarahkan fokus pada esensi revolusi gender yang disorot dalam silver screen berjudul Goddess; serta kepada salah satu seniman yang paling berdampak sepanjang masa berjudul Frida Forever; tidak lupa juga melakukan proses kurasi untuk program-program selama satu tahun ke depan yang berpusat pada isu perempuan dalam kesenian dan ilmu pengetahuan; kami akan menjadikan tahun 2024 sebagai tahun penting yang penuh kesan bagi ArtScience Museum,” jelas Honor Harger, Vice-President of ArtScience Museum at Marina Bay Sands.

 

LihatTutupKomentar
close
mayora