126 Kickboxer Jatim Perebutkan Tiket Kejurnas dan SEA Games 2019 Manila

Malang, Suarajatim.com - Sebanyak 126 atlet se-Jawa Timur bersaing memperebutkan tiket Kejurnas Kickboxing Indonesia dan SEA GAMES 2019 Manila di ajang Selekprov Kickboxing Indonesia Jawa Timur 2019 Pengurus Provinsi Kickboxing Indonesia (KBI) Jawa Timur menggelar ajang seleksi untuk menyaring atlet-atlet kickboxing Jawa Timur yang akan berlaga di Kejurnas Kickboxing Indonesia di Jakarta mendatang.

Pengurus Cabang Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu) menjadi tuan rumah seleksi diadakan pada 22-23 Maret 2019 bertempat di GOR Vira Yudha, Markas Divisi 2 Kostrad Singosari, Kabupaten Malang.
Seleksi persiapan Kejurnas dan SEA Games
“Pemilihan Madiv 2 kostrad ini karena adanya dukungan penuh Pangdiv 2 Kostrad Malang sebagai upaya mengembangkan olahraga beladiri, khususnya Kickboxing di tanah air,” ujar Rudhi Pramono, selaku Ketua pelaksana Selekprov. “Acara ini juga mendapat dukungan dari Bapak Hayono isman selaku Ketua FORMI dan mantan Menteri Olahraga,” sambung pria yang lebih akrab dipanggil Arens ini.


Sebanyak 126 atlet dari 13 Pengurus Cabang di Jawa Timur berlaga mengikuti 30 nomor yang dipertandingkan; yaitu, Musical Forms Tangan Kosong, Musical Forms Senjata, Kick Light, Full Contact, dan Low Kick. Animo di event ini cukup besar, mengingat beberapa nomor yang dipertandingan sekaligus menjadi seleksi awal SEA Games 2019, di Manila pada Desember mendatang.

Cabang Kickboxing akan dipertandingkan untuk pertama kalinya di ajang olahraga multi event terbesar di Asia Tenggara tersebut. “Selekprov ini digelar untuk menyaring atlet-atlet yang akan mewakili Jawa Timur di ajang Kejurnas, sekaligus mengikuti seleksi tim SEA Games 2019,” jelas Tito Krisdiansyah, Ketua Pengurus Provinsi Kickboxing Indonesia Jawa Timur.

Kickboxing merupakan cabang olahraga baru di tanah air. Berbeda dengan cabang combat sports lain,
peraturan cabang ini mengacu ke aturan WAKO (World Association of Kickboxing Organizations), badan organisasi Kickboxing dunia yang berdiri sejak 1975. Ada 7 kategori yang bisa ditandingkan: Musical Forms, Point Fighting, Kick Light, Light Contact, Full Contact, Low Kick, dan K1.

Di Indonesia sendiri, Kickboxing Indonesia baru berkembang sejak dua tahun terakhir. Ajang Selekprov Kickboxing Jawa Timur kali ini merupakan gelaran kedua Pengurus Provinsi KBI Jawa Timur, setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan Kejuaraan Provinsi pada awal Desember 2018 lalu.

Melalui ajang seleksi ini, diharapkan akan melahirkan atlet-atlet terbaik Jawa Timur yang akan mewakili provinsi di event Kejurnas, serta bisa meloloskan wakil untuk masuk tim nasional Kickboxing Indonesia di ajang Sea Games 2019 di Manila, Desember 2019 mendatang.

Setelah event Selekprov ini, Pengurus Provinsi KBI Jawa Timur sudah bersiap untuk menggelar nomor eksibisi Kickboxing di ajang PORPROV Jawa Timur yang akan diselenggarakan di Gresik pada awal Juli mendatang.
Share on Google Plus

About Handi Cahyono

Suarajatim.com adalah portal berita yang memfokuskan sentra informasi tentang Jawa Timur dengan tidak menghilangkan topik-topik terhangat di lintasan nasional.

0 comments:

Posting Komentar