pasang iklan otojatim

Naik Getek, Khofifah Bagikan 250 Paket Sembako untuk Warga Kolong dan Kampung 1001 Malam Surabaya

kampung 1001 malam

Surabaya, Suarajatim.com - Wajah Bu Mama, Teten, Mila, Iin, Febi, Bu Surati dan puluhan warga yang menghuni kolong jembatan tol Tambak Asri dan Kampung 1001 Malam terlihat sumringah.

Mereka tidak menyangka bakal dapat kunjungan dadakan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Jumat (23/7/2021).

Didampingi staf protokoler, perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur, Satpol PP Provinsi Jawa Timur, perwakilan Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) dari Kecamatan Krembangan dan Kelurahan Morokrembangan, Khofifah nampak terkejut saat melihat kondisi lokasi yang dikunjunginya.
'Paket Corona' Membawa Berkah Bagi Warga Kampung '1001 Malam'
Pasalnya, untuk menuju kolong jembatan tol Tambak Asri, dia harus naik perahu getek untuk menyeberang.

Saat menyeberang, Khofifah sempat bertanya pada penarik perahu getek, "Berapa ongkosnya untuk menyeberang?"

"Seribu Bu untuk sekali menyeberang," jawabnya.
warga kolong jembatan

Sesampai di seberang, Khofifah lalu berjalan kaki menyusuri jalan setapak di pinggiran sungai menuju pemukiman warga di kolong Jembatan Tol Tambak Asri.

Gubernur perempuan pertama Jawa Timur langsung menyapa warga yang sedang nyantai.

Mengetahui kedatangan Khofifah, mereka pun langsung berdiri dan menyambut.

Satu persatu, Khofifah blusukan di gubuk-gubuk yang berdiri di kolong jembatan tol Tambak Asri memberikan bantuan sembako secara langsung.

Salah satunya Mila (27). Ibu satu anak ini terlihat sumringah saat menerima paket sembako dan amplop berisikan uang tunai.

"Sudah lama tinggal disini?" tanya mantan Menteri Sosial ini.

Mila pun menjawab, "Kalau saya, barusan setahun, Bu. Kalau suami saya sudah cukup lama. Sekarang masih ngamen keliling sejak pagi. Sebentar lagi, sorean  biasanya sudah pulang."

Dalam kesempatan itu, Khofifah juga menyempatkan diri mampir di warung kecil milik Surati yang tak jauh dari lokasi.
khofifah blusukan

Khofifah pun memborong beberapa bungkus mie instant seharga 35 ribuan, tapi dibayar sejumlah 200 ribu, kemudian dibagi-bagikan untuk warga yang saat itu mengikutinya.

"Ini diterima ya. Dibuat makan malam. Sudah saya bayar," ujar Mantan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan pada Kabinet Persatuan Nasional di era Pemerintahan Abdurrahman Wahid ini.

Daniel Lukas Rorong, Ketua Komunitas Tolong Menolong dan Ketua Komunitas Peduli Kremil yang mendampingi Khofifah saat blusukan merasa bersyukur.

Pasalnya, warga yang tinggal di kolong Jembatan Tol Tambak Asri dan di Kampung 1001 Malam saat ini kondisinya memang membutuhkan bantuan.

"Paling tidak, bantuan berupa 250 paket sembako ini bisa sedikit meringankan beban hidup mereka akibat dampak pandemi," ungkapnya.(*)

Narahubung:
Daniel Lukas Rorong
- Ketua "Komunitas Tolong Menolong"
- Ketua "Komunitas Peduli Kremil"
HP : 081249096583
LihatTutupKomentar
close
cicilan yamaha dp 0