Salah transfer? Selamatkan Uang Anda Dengan Cara Ini

  • Apa jadinya jika Anda tak sengaja melakukan transfer sejumlah uang ke rekening bank yang salah? Kemungkinan besar Anda akan langsung merasa panik. Akankah dana salah transfer yang telah keluar dapat dikembalikan?

Cara atasi salah transfer

Suarajatim.com - Ada dua faktor yang menyebabkan terjadinya salah transfer. Pertama, kesalahan bank. Kedua, kesalahan nasabah. Jika pihak bank melakukan kesalahan, merekalah yang akan mengurus pengembalian dananya. Tapi jika kesalahan berasal dari nasabah, maka ada sejumlah langkah yang perlu dilakukan.


Menurut pengamat perbankan, Paul Sutaryono, dikutip dari detikcom, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghubungi bank yang bersangkutan. 


"Nasabah harus segera melapor ke kantor cabang bank terdekat. Tentunya dengan membawa bukti-bukti pendukung, seperti identitas diri berupa KK, KTP, buku tabungan, serta kartu ATM-nya," kata Paul.


"Pada dasarnya, bank akan mengembalikan uang tersebut setelah meneliti dengan seksama," sambungnya.


Jika Anda tidak dapat langsung pergi ke bank, Anda dapat menghubungi call center terlebih dahulu. Tapi, pastikan nomer call center yang Anda hubungi merupakan nomer resmi bank guna menghindari kerugian yang lebih besar.


Bank akan melakukan pengecekan silang terhadap laporan Anda dengan mengajukan sejumlah pertanyaan mengenai kronologi kapan dan dimana dilakukannya transfer tersebut. Jika benar terbukti melakukan salah transfer, maka uang Anda akan dikembalikan.


Saat terjadi salah transfer, pada dasarnya uang Anda tidak hilang, dan bank pasti akan bersedia mengembalikannya dengan sejumlah syarat. Hal ini juga didukung oleh Undang-undang Nomor 3 Pasal 85 Tahun 2011 terkait transfer dana.


”Setiap orang yang dengan sengaja menguasai dan mengakui sebagai miliknya dana hasil transfer yang diketahui atau patut diketahui bukan haknya, akan dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp5 miliar.”


Layanan transfer uang memang sudah serba mudah. Anda bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja melalui ponsel Anda. Namun, pastikan untuk selalu teliti setiap kali menginput nomer rekening tujuan. Jangan sampai kejadian salah transfer mengganggu kenyamanan Anda. 

LihatTutupKomentar