mie lurus

Potong Lambung, Melly Goeslaw Makin Langsing dan Tirus Dalam 2 Bulan

  • Penyanyi Melly Goeslaw berhasil menurunkan berat badan sebanyak 16kg dalam 2 bulan. Bukan diet biasa, ia mengaku telah melakukan operasi bariatrik atau modifikasi lambung. 


Suarajatim.com - Penyanyi Melly Goeslaw kian manglingi. Jika dulu tubuhnya berisi, kini terlihat jauh lebih ramping. Bukan sekedar diet biasa, penyanyi berusia 48 tahun tersebut diketahui melakukan operasi bariatrik. 

Bedah bariatrik sendiri merupakan teknik operasi pengecilan dan bypass lambung. Tujuannya untuk menurunkan berat badan sehingga terhindar dari obesitas.

Menurut Melly, operasi yang dilakukannya itu bukan semata-mata karena ingin langsing, melainkan demi kesehatannya. Pasalnya meski sudah mencoba berbagai jenis pola diet, ia masih mengalami kelebihan berat badan sebesar 35kg.

"Alhamdulillah, hari ini tepat 2 bulan pasca bariatrik. Artinya sudah 2 bulan saya menjalani hidup sehat, kebiasaan yang sangat berbeda dengan hidup saya sebelumnya. Gula darah saya normal terus hingga sekarang. Dari berat badan hampir 86, sekarang hampir 70. Dan akan terus turun pastinya dengan pola hidup sehat ini. Tidur jadi lebih cepet dan tidak ngorok lagi. Bangun jadi lebih segar. Alhamdulillah," tulisnya pada sebuah unggahan Instagram Sabtu (15/10/2022).

Lebih lanjut Melly mengucapkan terima kasih kepada dokter Tompi yang telah memberikan saran bariatrik padanya. 
Lantas, apa itu operasi bariatrik? Dilansir dari kemkes.go.id, bedah bariatrik merupakan tindakan untuk melakukan modifikasi pada beberapa bagian pencernaan seperti pengecilan lambung. Hal ini dinilai efektif menangani obesitas yang sudah tidak bisa ditolong dengan diet biasa.

Indikasi seseorang dinyatakan perlu melakukan operasi bariatric, adalah ketika berat badannya lebih besar 20-40 kg dari berat badan ideal yang merujuk pada rumus indeks massa tubuh (IMT).

Jika IMT lebih dari 30, atau IMT lebih rendah namun memiliki berbagai penyakit komorbid obesitas seperti terganggunya fungsi jantung, paru-paru, sesak napas, hingga sindrom metabolik seperti diabetes, pasien disarankan untuk melakukan operasi bariatrik.

Jenis operasi bariatrik juga ternyata bermacam-macam lho. Ada reversible, dimana lambung diikat menggunakan selang berbahan silikon untuk membatasi ruang lambung sehingga pasien lebih cepat merasa kenyang.

Ada juga operasi bariatrik irreversible atau disebut juga operasi bariatrik permanen yang bisa dilakukan dengan dua pilihan cara. Pertama, gastric bypass dimana lambung dibedah untuk mendapatkan bagian atasnya yang berukuran sebesar telur, kemudian dihubungkan langsung dengan bagian usus halus. Dengan begitu, bagian lambung yang lebih besar tidak lagi dilewati ataupun mencerna makanan.

Kedua, dengan cara sleeve gastrectomy dimana 80% lambung dibuang secara memanjang. Dengan begitu, yang tersisa adalah lambung yang ukuran dan bentuknya hanya sebesar pisang. 

Soal harga, operasi bariatrik berkisar antara Rp 40-70 jutaan. Bagaimana, tertarik mengikuti jejak Melly Goeslaw?
LihatTutupKomentar
close
mayora