Initial Coffee Roaster Perkenalkan Kopi Celup Lewat Tokopedia

  • Program Hyperlocal Tokopedia mampu meningkatkan kenaikan jumlah transaksi, khususnya dalam kategori makanan dan minuman. Initial Coffee Roaster adalah salah satu UMKM yang penjualannya melonjak 2 kali lipat, setelah mengikuti kampanye dari Tokopedia. 

Surabaya, Suarajatim.com - Tokopedia melalui Rizky Juanita Azuz selaku External Communications Senior Lead mengungkapkan kenaikan jumlah transaksi dan pembeli, khususnya di Surabaya, hingga hampir 1,5 kali lipat, pada semester pertama tahun 2022. Kategori makanan dan minuman menjadi kontributor utama dalam capaian tersebut.


Tren ini didorong Hyperlocal Tokopedia yang memiliki inisiatif dalam mendekatkan UMKM dengan pembeli setempat di berbagai daerah termasuk Surabaya. Hal ini dilakukan agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh. 


Initial Coffee Roaster mengaku telah merasakan manfaat dari inisiatif yang diusung Tokopedia tersebut. Ivan Hartanto selaku pendiri Initial Coffee Roaster bersama dua rekannya, Kenny Soewondo dan Kevin Soewondo, mengatakan bahwa mereka telah berkecimpung di industri kopi sejak 2014 dan telah memberdayakan ratusan petani kopi lokal di berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Aceh, Jawa, hingga Papua.


"Initial Coffee Roaster berdiri bukan hanya sebagai kedai kopi, tetapi juga wadah dalam memberdayakan dan meningkatkan nilai tambah setiap pelaku yang berperan di rantai industri kopi, mulai dari petani kopi, prosesor kopi, dan masih banyak lagi," kata Ivan.


Initial Coffee Roaster membeli biji kopi langsung dari ratusan petani kopi lokal, tanpa perantara. Mereka juga memastikan pembayaran dilakukan di awal agar para petani punya pegangan modal untuk mengembangkan produktivitas lahan kopi mereka.


"Kami rajin mengikuti berbagai kampanye di bawah naungan inisiatif Hyperlocal Tokopedia. Salah satunya, Tokopedia NYAM!. Berkat kampanye ini, transaksi produk best seller kami, Kopi Espresso Early Riser Blend, bisa melonjak hingga 2 kali lipat. Bahkan produk kami berhasil menembus luar Surabaya, seperti Bogor, Sumbawa, dan Samarinda,” ujar Ivan.

Selain memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan omzet, Tokopedia membantu Initial Coffee Roaster meningkatkan minat peminum kopi, melalui edukasi tentang kopi kepada masyarakat, terutama homebrewer, salah satunya lewat Coffee Academy. 


“Melalui program ini, kami tidak hanya membuka pelatihan bagi masyarakat umum yang ingin belajar tentang kopi, tetapi juga bagi mereka yang tertarik menjadi barista. Sudah ada lebih dari 300 orang yg belajar di Premium Coffee Academy kami,” jelas Ivan.

Initial Coffee Roaster juga giat melakukan inovasi lewat produk-produk barunya. Salah satu yang terbaru adalah kopi celup, yang diharapkan bisa memenuhi keinginan masyarakat yang ingin menikmati kopi dengan cara yang lebih praktis dan tidak memerlukan peralatan khusus. 


“Kami ingin kopi lokal berkualitas tinggi menjadi produk yang inklusif, bisa dinikmati oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja,” tutup Ivan.


LihatTutupKomentar