iklan jual beli mobil

Penuhi Arahan Presiden, PLN Dukung IIMS 2023

  • PLN memberi dukungan untuk IIMS 2023 dengan menyediakan Hall khusus motor listrik dan test ride motor listrik juga menampilkan 12 motor konversi yang diproduksi oleh PLN Pusharis dan Puslitbang.

Jakarta, Suarajatim.com - Presiden RI Joko Widodo membuka pameran otomotif tahunan The 30th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, pada (16/2). Jokowi mengimbau semua pihak untuk bersama-sama mendorong tren penggunaan kendaraan listrik. Hal ini sejalan dengan target pemerintah dalam transisi energi dan pengurangan emisi karbon. 


Mendukung kesuksesan program pemerintah, PT. PLN (Persero) siap mengoptimalkan infrastruktur ekosistem kendaraan listrik (electric vehicles/EV) untuk mempercepat transisi energi melalui ekosistem EV.


"Saya juga mengajak industri otomotif untuk mulai sedikit demi sedikit menggeser industrinya dari LCGC (Low Cost Green Car) ke mobil listrik seperti yang dilakukan semua negara sekarang ini," ujar Presiden.


Presiden juga mengatakan bahwa pemerintah akan mendukung percepatan terbentuknya industri kendaraan listrik dari hulu sampai hilir. Dengan demikian Indonesia ke depannya bisa masuk dalam supply chain global kendaraan listrik.


"Pemerintah akan terus mendorong agar  ekosistem besar mobil listrik ini segera bisa kita miliki. Sehingga bisa masuk ke supply chain global, dari EV baterai, dari lithium baterai, semuanya sekaligus. Kita dorong agar ini segera bisa selesai," kata Presiden.

Di lokasi yang sama, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menyatakan bahwa PLN siap menjadi pemain utama dalam ekosistem kendaraan listrik ini. Berbagai inovasi dan pengembangan produk telah dilakukan untuk menunjang ekosistem kendaraan listrik mulai dari hulu hingga ke hilir.


PLN juga telah melakukan kolaborasi dengan semua pihak untuk mengembangkan ekosistem EV. Seperti membangun kemitraan dengan sektor bisnis yang hendak menjadikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).  


"Kita bangun bersama fasilitas pengisian energi di setiap titik. Kita ajak berbagai pihak ikut membangun SPKLU dan SPBKLU di kantor-kantor, di mal, di rest area, pusat-pusat keramaian dan sebagainya. Ini akan membuat SPKLU tumbuh bak jamur di musim hujan," kata Darmawan.


Para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) ataupun distributor kendaraan listrik juga turut digandeng oleh PLN sehingga setiap pelanggan yang membeli mobil listrik akan langsung mendapatkan layanan home charging. 


"Setiap ada pembelian mobil listrik secara otomatis tim PLN bergerak cepat pasang home charging, pasang baru, tambah daya, dalam layanan terintegrasi dalam superapps PLN Mobile," ujar Darmawan.


PLN juga mengembangkan sistem terintegrasi Electric Vehicle Digital Services (EVDS) sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi seputar; lokasi charging station, transaksi pengisian daya, memonitor konsumsi daya, hingga fitur test drive yang mempertemukan antara distributor dengan masyarakat yang ingin menjajal kendaraan listrik. 


"Seluruh infrastruktur kelistrikan ini bertujuan untuk menarik minat masyarakat beralih menggunakan kendaraan listrik karena kemudahannya sudah di depan mata," kata Darmawan.


PLN juga turut mendukung pelaksanaan IIMS Tahun 2023 pada 16-26 Februari dengan menyediakan Hall khusus motor listrik dan test ride motor listrik. 


PLN juga turut menampilkan berbagai produk di booth antara lain 12 motor konversi yang diproduksi oleh PLN Pusat Pemeliharaan Ketenagalistrikan (Pusharlis) dan PLN Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang). Beberapa jenis motor konversi yang ditampilkan diantaranya Choper Electric, Binter Electric, Vespa Electric, KLX Electric, dan Regal Raptor. 

LihatTutupKomentar