mie lurus

Ini Dia Paijo, Kucing Pintar Pemandu Pendakian Gunung Ungaran

  • Nama Paijo terkenal di kawasan Gunung Ungaran. Ia bukanlah seorang pria, melainkan seekor kucing yang suka menjadi tour guide bagi para pendaki.

Suarajatim.com - Ada hal unik saat mendaki Gunung Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Jika beruntung, Anda bisa melakukan pendakian ditemani sosok paling kuat: Paijo. 


Paijo bukanlah seorang pemandu ataupun porter, melainkan seekor kucing kampung berbulu hitam. Ia biasa menemui para pendaki di Basecamp Perantunan.


Momen ini dibagikan oleh @dellaocta_ melalui laman Instagram-nya. Video singkat itu ia beri judul "Naik Gunung Ungaran Bersama Paijo".


Della beserta teman-temannya terlihat mulai melakukan pendakian. Lalu seekor kucing berkalung oranye menghampiri mereka. Layaknya seorang pemandu, Paijo langsung sigap mengambil posisi paling depan seakan memimpin "tamu-tamunya" mendaki.

"Awalnya mikir ini kucing jadi-jadian. Tapi ternyata begitu turun sampai basecamp, penjaganya bilang kalau Paijo ini tim terkuat Gunung Ungaran karena sudah sering naik turun sampe puncak nemenin para pendaki tanpa logistik," tulis Della sebagai keterangan.


Uniknya, Paijo benar-benar mengerti apa yang harus dilakukan. Saat rombongan memutuskan untuk istirahat, Paijo pun berhenti dan ikut melakukan hal yang sama.

Meski kali itu Paijo nampak kelelahan di Pos 4 dan tidak ikut melanjutkan perjalanan hingga puncak, namun ia setia menunggu di pos tersebut hingga rombongan yang diantarnya kembali.


"Terima kasih Paijo sudah nemenin kita. Welafyu" tulis Della di akhir video.

LihatTutupKomentar
close
mayora