iklan jual beli mobil

PLN dan Siemens Energy Resmi Kerja Sama Untuk Kembangkan Teknologi Energi Berkelanjutan di Indonesia

  • Di Hannover, PLN dan Siemens Energy menandatangani MoU tentang kerja sama dalam pengembangan teknologi dan kapasitas SDM demi menyukseskan langkah Pemerintah Indonesia menuju penggunaan energi bersih.

Hannover, Suarajatim.com - Dalam rangka kerja sama dan upaya implementasi teknologi energi berkelanjutan di Indonesia, PT PLN (Persero) menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Siemens Energy (18/4). 


Menurut Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, kedua belah pihak sepakat untuk bekerja sama dalam menyukseskan transisi energi di Tanah Air. Termasuk di dalamnya soal studi kelayakan awal dala menyertakan anak perusahaan dan perusahaan afiliasi masing-masing.


"Kami mengapresiasi Siemens Energy selaku perusahaan global yang akan membawa teknologi terbarunya dalam program energi hijau dan dekarbonisasi ini. Kolaborasi ini searah dengan komitmen Pemerintah Indonesia untuk mereduksi emisi karbon sekaligus menyokong pertumbuhan ekonomi," tutur Darmawan.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis PLN, Hartanto Wibowo menyampaikan, kerja sama ini akan meningkatkan kapasitas pegawai PLN dalam mengembangkan teknologi energi berkelanjutan. Hal ini penting bagi PLN sebagai langkah mengurangi ketergantungan akan energi fosil.


"Di tengah cepatnya peningkatan demand energi, pengembangan teknologi berkelanjutan adalah langkah besar yang diambil PLN untuk meningkatkan ketahanan energi domestik," kata Hartanto.


Lebih lanjut Hartanto mengatakan bahwa setelah peluncuran Energy Transition Mechanism (ETM) di KTT G20, Pemerintah Indonesia lebih gencar lagi dalam mengembangkan sektor energi yang adil dan terjangkau bagi masyarakat. Tujuan utamanya adalah mencapai target net zero emission di tahun 2060.


Hartanto juga berharap agar dukungan dan kolaborasi Siemens Energy yang notabene merupakan perusahaan teknologi terdepan di kancah global, dapat mewujudkan implementasi teknologi berkelanjutan di Indonesia.


"Semoga kolaborasi ini berjalan lancar dan memberikan keuntungan untuk semua pihak. Hal ini juga menjadi cerminan bahwa kita bersama-sama untuk maju demi menciptakan masa depan yang lebih baik," tutup Hartanto.

LihatTutupKomentar