iklan jual beli mobil

Produk Kecantikan Jadi yang Terlaris, Tokopedia Bagi Tips Kulit Segar Selama Puasa

  • Melihat tingginya antusiasme masyarakat akan produk kecantikan dan perawatan kulit selama Ramadan ini, Tokopedia berbagi tips cara menjaga kesegaran kulit saat berpuasa.

Suarajatim.com - Tokopedia mengungkapkan adanya kenaikan tren transaksi produk kecantikan dan perawatan tubuh di Bulan Ramadan 2023. Berdasarkan temuan data internal Tokopedia, produk kategori kecantikan seperti Perawatan Wajah, Lip Color & Lip Care, Makeup Wajah, dan Makeup Mata menjadi barang paling populer dicari pembeli pada periode Ramadan 2023. Tak ketinggalan, Perlengkapan Mandi, Grooming, Parfum, Cologne & Fragrance, dan Perawatan Rambut juga tercatat jadi yang paling diminati pada kategori perawatan tubuh.


"Menurut temuan Tokopedia, terjadi kenaikan transaksi rata-rata sekitar 1,5x lipat pada kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh selama periode bulan Ramadan 2022,” kata Associate Vice President of FMCG Tokopedia, Marina Anggraini.


Melihat pertumbuhan transaksi tersebut, Tokopedia menghadirkan fitur Beauty Catalog. Tujuannya, tak lain untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan berbagai jenis produk kecantikan dan perawatan diri termasuk dari pegiat usaha lokal.


“Fitur Beauty Catalogue adalah salah satu upaya Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat mendapatkan berbagai kebutuhan harian termasuk produk kecantikan dan perawatan tubuh agar tetap segar dan sehat termasuk selama bulan Ramadan,” terang Marina.


“Melalui fitur Beauty Catalogue ini, masyarakat bisa menemukan berbagai produk terkurasi dan dapat membandingkan berbagai produk dari segi spesifikasi, ulasan, dan lainnya yang membantu masyarakat mendapatkan produk sesuai kondisi kulit," lanjutnya.

Puasa sendiri memang secara medis terbukti baik untuk kesehatan. Meskipun ada efek samping yang kurang nyaman seperti kulit terasa kering. Tokopedia bersama Dermatologist, Dr.dr.Fitria Agustina, SpKK, FINSDV, FAADV, membagikan tips agar kulit tetap terlihat segar selama berpuasa.


1. Cukupi kebutuhan air mineral saat sahur dan berbuka

Salah satu cara mudah untuk menjaga kelembapan kulit adalah dengan minum bayak air putih. Ini bisa dilakukan saat sahur dan berbuka.


Dr. Fitria menyarankan untuk minum masing-masing satu gelas air putih saat bangun sahur, Azan Magrib, sebelum shalat Magrib, sebelum dan setelah Tarawih, dan saat akan tidur.


2. Konsumsi makanan sehat

Gorengan memang menggoda untuk disantap saat berbuka puasa. Namun, menurut dr. Fitria, konsumsi gorengan berlebihan dapat menyebabkan penuaan dini.


Lebih baik makan makanan bergizi dan bernutrisi seperti ikan, sayur-sayuran, buah pisang dan beragam buah berry yang memiliki kandungan magnesium sehingga kulit kenyal dan elastis. Makanan yang mengandung kalium juga bermanfaat dalam menjaga kelembapan kulit. 


3. Menjaga kebersihan wajah 

Setelah pulang Tarawih, selalu sempatkan mencuci muka. Begitu pula saat sebelum tidur. Dengan demikian kulit wajah akan terbebas dari debu dan kuman-kuman yang dapat menyumbat di pori-pori sehingga berpotensi menyebabkan jerawat dan komedo.


Produk facial cleanser dari Avoskin Gentle Facial Wash Natural Sublime, brand kecantikan asal Kabupaten Sleman, dan toner wajah dari Everwhite Acnepair Toner bisa jadi solusi dalam perawatan kulit wajah sehari-hari.


4. Tetap lakukan perawatan kulit harian 

Jangan lupa pakai sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang dapat membuat kulit terlihat kusam


“Bahkan walau di dalam ruang sekalipun sunscreen tetap dipakai. Karena cahaya alami, blue light, dan infra red yang dipancarkan dari perangkat elektronik dapat meningkatkan melanin, sehingga meningkatkan risiko pigmen kulit lebih gelap,” terang dr. Fitria. 


Produk sunscreen Azarine Ultralight HydraGlow Day Cream asal Kabupaten Sidoarjo, dan krim wajah dari produk lokal Skindoze bisa jadi skincare pilihan yang cocok untuk melindungi kulit Anda.


5. Mandi menggunakan air suhu normal 

“Penggunaan air hangat saat mandi dapat membuat kulit menjadi kering sehingga usahakan mandi menggunakan air bersuhu normal dapat membantu menjaga kelembapan kulit selama berpuasa,” ujar dr.Fitria. 


6. Hindari skin care dengan kandungan alkohol dan parfum yang tinggi

Kandungan Alkohol dalam skincare kurang cocok untuk kulit kering dan sensitif. Maka sebaiknya gunakan produk skincare yang aman seperti serum wajah dari Elsheskin.


7. Istirahat cukup 

Istirahat cukup dapat membantu kulit terlihat lebih muda dan sehat. Selain itu, hal ini juga dapat membantu tubuh menjadi lebih fit dan segar di kemudian hari. 


“Puasa dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kita, sehingga dapat membantu memperbaiki kondisi kulit seperti lingkaran hitam pada kantung mata, mata bengkak, dan kulit kusam,” tutup dr.Fitria.

LihatTutupKomentar