iklan jual beli mobil

Ribuan Pegawai PLN Salurkan Bantuan Peduli Pendidikan ke 12.205 Anak

  • Masih dalam nuansa Ramadan, 7.756 pegawai PLN memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu di seluruh Indonesia dengan cara menumbuhkan minat baca.

Jakarta, Suarajatim.com - PT PLN (Persero) menyalurkan bantuan kepada 12.205 penerima manfaat di seluruh Indonesia, melalui Program Relawan Pegawai Berbagi Kebahagiaan Ramadan 2023. Bantuan yang dibagikan berupa sarana penunjang kegiatan belajar untuk pondok pesantren, panti asuhan, sekolah luar biasa, komunitas penyandang disabilitas, hingga taman pendidikan Alqur’an (TPA). Sebanyak 7.756 pegawai yang tersebar di 44 unit PLN, turut serta dalam acara amal tersebut.


Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, mengatakan bahwa bantuan ini merupakan wujud kepedulian PLN terhadap dunia pendidikan. Ia berharap program ini membawa manfaat bagi kemajuan lembaga pendidikan di seluruh pelosok Tanah Air.


"Sebagai wujud rasa syukur pegawai PLN untuk terus menebar kebaikan, program ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya yang masih memerlukan banyak perhatian," kata Darmawan.


Darmawan menilai momentum Ramadan ini sangat tepat untuk membangun kepedulian terhadap lingkungan dan sesama. Ia meminta agar pegawai PLN di seluruh unit terus membangun kepedulian kepada masyarakat sekitar wilayah operasionalnya, termasuk dengan memberikan perhatian pada sarana penunjang pendidikan di wilayah tersebut.


"Semangat PLN dalam menerangi negeri tak hanya sebatas menghadirkan akses listrik yang andal bagi masyarakat, tapi juga mendukung pendidikan di tanah air, sehingga bisa memberikan multiplier effect demi kemakmuran seluruh rakyat Indonesia," ujar Darmawan.


Program Relawan Pegawai Berbagi Kebahagiaan Ramadan 2023 ini merupakan bantuan yang dilakukan sukarela oleh pegawai PLN. Mereka juga berpartisipasi aktif dalam kegiatan mengajar, mengecat sekolah, menumbuhkan kebiasaan membaca buku, serta mengumpulkan buku-buku bacaan untuk sekolah.


Contohnya PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur dengan nama program Berbagi Kebahagiaan Ramadhan, melaksanakan program PLN mengajar kepada yayasan atau panti asuhan di sekitar wilayah kerja PLN se-Jawa Timur dan menyerahkan bantuan peralatan dan buku bacaan siswa dengan total penerima manfaat 720 anak.


Hal serupa dilakukan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Aceh yang bekerja sama dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN. Mereka memberikan bantuan sarana dan prasarana ke panti asuhan, pondok pesantren, rumah tahfidz, dan sekolah luar biasa (SLB). Bantuan berupa pengadaan perangkat elektronik, alat bantu tuna netra, buku paket di Aceh ini menyasar tujuh lembaga pendidikan dengan total 1.347 penerima manfaat.

LihatTutupKomentar