iklan jual beli mobil

Ini Dia Pemenang PLN Journalist Award 2022: Mengangkat Transisi Energi dan Kolaborasi dengan Media

PLN Journalist Award 2022

Jakarta, Suarajatim.com
- PT PLN (Persero) telah memberikan penghargaan kepada pemenang PLN Journalist Award 2022 dengan tema Transisi Energi Dorong Pemanfaatan Energi Ramah Lingkungan. Dari total 1.003 karya yang ikut serta dalam kompetisi ini, terpilih 24 karya jurnalistik terbaik.


Penghargaan ini secara langsung diserahkan oleh Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, kepada para pemenang di Kantor Pusat PLN, Jakarta, pada Selasa (20/6).

Darmawan menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan bukti dari kekompakan, kebersamaan, dan semangat kekeluargaan yang terbangun antara PLN dan insan jurnalis di seluruh Indonesia.

Menurutnya, kolaborasi antara PLN dan media telah berjalan dengan baik, dan media telah banyak membantu perusahaan dalam menyampaikan informasi, memberikan edukasi, serta meluruskan fakta-fakta terkait ketenagalistrikan kepada masyarakat Indonesia.

"Saya sangat mengapresiasi komunikasi antara insan pers dengan PLN. Melalui kolaborasi ini, informasi mengenai kerja keras yang dilakukan oleh PLN dapat diterima oleh masyarakat," ujar Darmawan.

Darmawan menambahkan bahwa hubungan antara PLN dan insan pers sebelumnya bersifat satu arah, pasif, dan kaku. Namun, dengan perubahan pendekatan komunikasi yang dilakukan oleh PLN, terjalinlah hubungan yang kuat antara PLN dan jurnalis, yang bersifat dua arah, interaktif, dan dinamis.

"Sebelumnya, isu-isu yang terkait dengan PLN lebih banyak berkaitan dengan pemadaman listrik, kerugian, dan pelayanan yang lambat. Banyak informasi positif yang terabaikan dan tidak terungkap. Namun, melalui kolaborasi yang baik, berbagai informasi positif mulai terlihat dan disampaikan dengan jelas. Media kini dipenuhi dengan informasi terkini mengenai program transformasi, pencapaian perusahaan, transisi energi, serta upaya PLN untuk menerangi daerah terpencil," ungkap Darmawan.

Hal ini juga terbukti dengan peningkatan jumlah karya yang mengikuti PLN Journalist Award dari tahun ke tahun. Pada tahun 2020, hanya ada 406 karya yang ikut serta, namun jumlahnya meningkat menjadi 1.003 karya pada tahun 2022.

PLN Journalist Award 2022 melibatkan dewan juri yang kompeten di bidangnya, antara lain Direktur Pemberitaan Tempo Budi Setyarso, Direktur Pemberitaan Metro TV Arief Suditomo, Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho, Pemimpin Redaksi CNN Indonesia Titin Rosmasari, Fotografer Senior Oscar Motuloh, dan Chief Photographer di Associated Press Jakarta Bureau Dita Alangkara.

Perwakilan dari Dewan Juri PLN Journalist Award 2022, Titin Rosmasari, menyatakan bahwa komitmen PLN untuk melibatkan dan bekerjasama dengan media mainstream merupakan langkah yang penting.

"Saya memberikan apresiasi kepada PLN. Meskipun ada banyak konten kreator dan lainnya, media mainstream masih relevan sebagai mitra kolaborasi bagi PLN," jelas Titin.

Titin juga mengapresiasi para insan media atas minat mereka dalam mengikuti kompetisi dengan tema yang menjadi program PLN saat ini.

"Tema yang dibahas memang sangat penting untuk disosialisasikan saat ini. Bagaimana media dapat merespons dan menggambarkan kampanye PLN menjadi nilai yang penting, karena kebijakan PLN tidak akan produktif jika tidak dijelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat. Semoga acara ini dapat terus diadakan dengan lebih baik di masa mendatang," tutup Titin.

Berikut ini adalah daftar pemenang PLN Journalist Award 2022:

Kategori Hardnews Media Online:

  1. Palce Amalo - Media Indonesia
  2. Triyari Kurniawan - Koran Sindo Makassar
  3. Muhammad Basir - Radar Bali


Kategori Feature Media Cetak:

  1. Maulana Sandijaya - Radar Bali
  2. Muhammad Ridhuan - Kaltim Post
  3. Anton Chrisbiyanto - Koran Sindo


Kategori Hardnews Media Online:

  1. Stepanus I Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com
  2. Jumarto Yulianus - Kompas.id
  3. Nurhafi Sucahyo - VOA Indonesia


Kategori Feature Media Online:

  1. Siti Masudah Isnawati - Suara Merdeka
  2. Muhammad Amin - Riau Pos
  3. Andi Aan Pranata - IDN Times


Kategori Hardnews Audiovisual:

  1. Stefiani Sirait - MNC TV
  2. Gancar Wicaksono - CNN Indonesia
  3. M Awaludin - Berita Satu TV


Kategori Feature Audiovisual:

  1. Githa Nila Maharkesri - Kompas TV
  2. Fadly - INews TV
  3. Ahmad Faishal Adnan, I Gusti Agung Ayu Novitasari, Satrio Giri Marwanto - Antara TV


Pemenang Foto Essay:

  1. Sukirman - Koran Sindo
  2. Iqbal Septian Nugroho - Merdeka.com
  3. Mas Agung Wilis Yudha Baskoro - Jakarta Globe


Pemenang Foto Tunggal:

  1. Heru Sri Kumoro - Kompas.id
  2. Idris Prasetiawan - PalopoPos.co.id
  3. Arie Basuki - Merdeka.com


LihatTutupKomentar