mie lurus

PLN Fasilitasi Edukasi non Formal pada Gubug Pustaka Ndalung Jember

  • Peduli pada kecakapan literasi anak-anak Indonesia, PLN mendukung keberlangsungan taman literasi Gubug Pustaka Ndalung, Jember. Salah satu  caranya dengan ikut serta memberi materi pendidikan non formal kepada anak-anak seputar kelistrikan.

Jember, Suarajatim.com - PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) menyalurkan penyediaan fasilitas di bidang pendidikan kepada taman literasi Gubug Pustaka Ndalung, Jember. 


"Melalui Gubug Pustaka Ndalung, PLN Peduli mendukung fasilitas pendidikan anak-anak, khususnya dalam menyediakan bacaan bagus dan tempat berdiskusi, sehingga dapat membentuk karakter SDM yang berkualitas," kata Didik Fauzi Dakhlan, General Manager PLN UIT JBM.


Taman Literasi Gubug Pustaka Ndalung telah berdiri sejak 2018, dikelola secara swadaya oleh sekelompok anak muda di Desa Ajung, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember. Pada tahun 2020, taman baca ini mendapatkan pendampingan dari PLN Peduli. 


Kini, Gubug Pustaka Ndalung tengah berupaya untuk memiliki bangunan perpustakaan yang lebih aman untuk menyimpan buku-buku serta peralatan edukasi lainnya.


Didik mengatakan, PLN juga memberikan edukasi dan sosialisasi kepada anak-anak di sekitar lokasi taman baca sebagai bentuk pendidikan non formal.


“Tahun 2023 ini, melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan rutin tahunan, Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Probolinggo akan memberi pengayaan di luar materi sekolah seperti edukasi kelistrikan, bahayanya bermain layang-layang dekat tower SUTT/TET, dan lainnya,” imbuh Didik.


Adim, ketua pengelola Gubug Pustaka Ndalung mengapresiasi bantuan yang diberikan PLN dan menyampaikan komitmennya untuk terus mengembangkan taman literasi. 


“Kami dan tim relawan berkomitmen untuk terus mengembangkan Gubug Pustaka Ndalung dan terus memberikan edukasi kepada anak-anak untuk belajar apapun yang ditanyakan, sehingga dapat membantu anak-anak memiliki gambaran cita-cita yang mereka ingin diraihnya," tutur Adim.


Lita, salah satu anak yang kerap berkunjung ke Gubug Pustaka Ndalung usai pulang sekolah, mengatakan kegembiraannya membaca buku gratis sambil berkumpul dengan teman di sana.


“Pulang sekolah selalu ke sini soalnya bisa belajar ramai-ramai disini. Terima kasih PLN," kata Lita.

LihatTutupKomentar
close
mayora