iklan jual beli mobil

Senangnya Pakai L300 Euro4, Bisa Tenggak Solar Subsidi Tapi Ngacirnya Kayak Pajero

  • Widyatmoko, pengguna L300 Euro 4 asal Pasuruan merasa puas dengan performa Mitsubishi New Colt L300 Euro 4 yang telah mendukung usahanya selama 7 bulan belakangan. Apa saja kelebihan pick up terbaru itu? Berikut ulasannya.

Suarajatim.com - Pick-up legendaris Mitsubishi L300 telah menemani pertumbuhan bisnis para konsumennya dari masa ke masa. Meski desainnya sederhana dan nampak tak pernah berubah secara signifikan dari dulu, tapi mobil ini terkenal tangguh baik dari segi mesin maupun suspensinya. Maka tak khayal merek ini bisa eksis di Indonesia hingga hampir setengah abad lamanya. 


Pada tahun 2022 lalu, Mitsubishi menghadirkan generasi terbaru yakni New Colt L300 Euro 4. Model ini dibuat dalam rangka memenuhi regulasi baru standar emisi Euro 4 (dari sebelumnya Euro 2) demi pelestarian lingkungan yang berkelanjutan.


Dapur pacu New Colt L300 Euro 4 menggunakan mesin diesel baru 2.268 cc dengan model 4N14 - DOHC 4 Cylinder Inline, Direct Injection, Inter Cooler Common Rail Turbocharger. Di atas kertas, mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga dan torsi 40% lebih besar dari model sebelumnya, yakni 99,25 Ps/ 3.500 RPM dan torsi 200 Nm/ 1.000-3.500 RPM. 


Istimewanya, mesin baru ini juga diklaim lebih irit bahan bakar 40% dari versi lamanya.

Tak hanya mesin, ubahan juga dilakukan pada ukuran kargo yang lebih besar 8% dari model lama atau mampu mengangkut beban maksimal 2.345 kg. Sehingga pengguna bisa meraup lebih banyak cuan dengan mengangkut lebih banyak muatan dalam sekali jalan.


Hal ini dirasakan langsung oleh Widyatmoko yang menggeluti usaha di bidang jasa angkut barang. Ia mengaku telah menggunakan New Colt L300 Euro 4 selama tujuh bulan.

Menurutnya, New Colt L300 Euro 4 adalah pick up rasa Pajero. Karena performanya yang enak untuk ngacir.


"Performanya bikin tergoda buat ngebut. Dari gigi 2 ke gigi 3 itu turbonya terasa banget. Ngacir di jalan tol," kata Widyatmoko saat ditemui di Pertokoan Gempol 9 Pasuruan.


Kode mesin New Colt L300 Euro4 dan Pajero memang sedikit mirip. Pajero 4N15, L300 4N14. Meskipun begitu, di atas kertas performanya berbeda jauh, karena memang beda peruntukan dan yang pasti beda harganya. Performa Pajero lebih tinggi karena mesinnya mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 3.500 RPM / 181 Ps dengan torsi maksimum 430 Nm / 2.500 RPM. 


Soal bahan bakar, Widyatmoko mengaku menggunakan solar subsidi. Ini juga menjadi nilai plus di mata para pengusaha. Dimana meskipun BBM yang disarankan untuk mesin Euro 4 minimal memiliki RON 95 atau setara dengan Pertamina Dex, namun New Colt L300 didesain masih bisa menenggak solar subsidi.


"Buat saya, ini bensinnya irit. Pakai solar subsidi sudah bisa ngacir. Tapi saya gak bisa bilang berapa konsumsinya per hari ya karena di usaha saya ini kan berbeda-beda jarak tempuhnya tergantung order," lanjut Widyatmoko.

Namun, di tengah banyak kelebihan yang ditawarkan New Colt L300, Widyatmoko menilai sistem pengeremannya tidak sepakem versi lama.


"Dulu itu begitu injak pedal rem, langsung gigit. Yang sekarang ini agak butuh waktu dulu untuk benar-benar berhenti," terangnya.


Widyatmoko juga menceritakan pengalamannya yang pernah menggunakan Daihatsu Gran Max, Isuzu Traga, dan Mitsubishi L300 dalam mendukung bisnisnya. Dari ketiganya, New Colt L300 Euro 4 inilah yang menjadi favoritnya.


"Ya kalau dibandingkan, saya lebih pilih New Colt L300 Euro 4 ini. Karena muatannya sama, tapi ongkosnya lebih murah. Memang L300 ini sudah punya pangsa pasarnya sendiri. Biasanya pengusaha itu kalau sudah pakai L300 lama, ya nanti gantinya L300 lagi," pungkas Widyatmoko.

Selain mesin dan kargo, New Colt L300 Euro 4 mendapat penyegaran pada interior dan eksteriornya. Antara lain kabin lebih lega, juga pembaruan pada desain speedometer, pegangan pintu, serta letak speaker. Posisi kabin juga dinaikkan 100 mm lebih tinggi dari versi sebelumnya sehingga visibilitas dan keamanan jadi lebih baik.


Meski penampilan luar bukanlah jadi konsentrasi utama bagi L300, namun pada versi Euro 4 ini bumper serta grille-nya mendapat desain baru. Ditambah porsi balutan chrome yang lebih banyak.


New Colt L300 Euro 4 menghadirkan dua pilihan varian, yakni Pick-up Flat Deck, dan Cab Chassis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis konsumen.


Konsumen juga tidak perlu khawair soal perawatn, karena ada 300 jaringan bengkel atau diler resmi Mitsubishi di seluruh Indonesia dengan ketersediaan suku cadang di lebih dari 3.500 outlet.


Mitsubishi juga memberi jaminan pada ketahanan produknya melalui perlindungan garansi resmi. Mobil ini dipasarkan dengan harga mulai Rp 229,2 juta (OTR Surabaya).

LihatTutupKomentar