iklan jual beli mobil

Transformasi Berkelanjutan PLN: Meraih Penghargaan Terbaik dalam BUMN Entrepreneurial Marketing Awards 2023

Transformasi Berkelanjutan PLN: Meraih Penghargaan Terbaik dalam BUMN Entrepreneurial Marketing Awards 2023

Jakarta, Suarajatim.com - Transformasi berkelanjutan yang telah dilakukan oleh PT PLN (Persero) selama tiga tahun terakhir telah membuahkan hasil yang gemilang dengan meraih penghargaan 'Best of the Best' Company serta dua penghargaan lainnya dalam ajang BUMN Entrepreneurial Marketing Awards 2023 yang diadakan oleh MarkPlus pada Rabu (14/6).


Dalam rangkaian acara 'Jakarta Marketing Week 2023', PLN dinobatkan sebagai perusahaan BUMN terbaik dengan penghargaan Best of The Best. Selain itu, PLN juga meraih penghargaan Gold Winner sebagai 'Perusahaan Paling Menjanjikan dalam Pemasaran Strategis' dan CMO of The Year yang diberikan kepada Direktur Retail dan Niaga PLN, Edi Srimulyanti.

Hermawan Kartajaya, Pendiri & Chairman MarkPlus Corp, menyampaikan bahwa BUMN Entrepreneurial Marketing Awards merupakan penghargaan yang diberikan kepada para pemasar atau 'marketeer' di kalangan BUMN dan perusahaan subholding. Hermawan memberikan apresiasi terhadap transformasi yang dilakukan oleh PLN di berbagai bidang, yang telah membuat bisnis perusahaan menjadi lebih baik.

"Hal ini menarik perhatian mengenai PLN, apa rahasia di balik kesuksesan mereka dalam memenangkan semua penghargaan ini," ujar Hermawan.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PT PLN (Persero), menyampaikan komitmen PLN untuk terus melakukan transformasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Ia optimis bahwa transformasi berkelanjutan yang dilakukan oleh PLN akan menjadi kunci keberhasilan dan meningkatkan kinerja perusahaan di masa depan.

"Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh insan PLN yang telah bekerja dengan sepenuh hati dalam menjalankan transformasi PLN serta merapikan proses bisnis yang sebelumnya terfragmentasi menjadi terintegrasi, sehingga berdampak positif pada pelayanan terbaik bagi pelanggan," kata Darmawan.

Ia juga menjelaskan bahwa transformasi berkelanjutan PLN telah dimulai sejak tiga tahun yang lalu dan akan terus dilanjutkan di masa depan.

"Kami telah memulai transformasi ini sejak tahun 2020, dan hingga saat ini kami masih terus melanjutkannya," ujar Darmawan.

Lebih lanjut, Darmawan menyatakan bahwa dalam proses transformasi ini, PLN mengubah cara pandang dalam pengembangan bisnis agar lebih adaptif terhadap perubahan.

"Dari yang sebelumnya stagnan, hanya melihat ke belakang, dan berorientasi pada pasokan, sekarang menjadi pengembangan bisnis yang dinamis dan ekspansif, melihat ke depan, berorientasi pada permintaan dan pelanggan," jelas Darmawan.

Sementara itu, Edi Srimulyanti, Direktur Retail dan Niaga PLN yang meraih penghargaan sebagai CMO of The Year, menambahkan bahwa penghargaan yang diterima oleh PLN ini adalah hasil kepemimpinan yang kuat dari Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, dalam memimpin transformasi bisnis di PLN. PLN telah aktif menerapkan strategi ekstensifikasi dan intensifikasi untuk meningkatkan pertumbuhan konsumsi listrik, memperluas pasar, serta mendukung produktivitas industri dan masyarakat.

"Kami melakukan ekstensifikasi dengan menciptakan permintaan baru, salah satunya dengan mendorong akuisisi captive power agar lebih banyak pelanggan bisnis dan industri beralih dari penggunaan pembangkit listrik sendiri ke PLN, sehingga operasional dapat ditekan. Penambahan permintaan baru ini telah menyumbang penjualan listrik sebesar 2,53 terawatt hour (TWh) pada tahun 2022," terangnya.

Edi menjelaskan bahwa PLN juga telah mendorong produktivitas masyarakat melalui layanan listrik untuk sektor pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan (electrifying agriculture), serta layanan listrik untuk aktivitas pelabuhan (electrifying marine). Kedua program ini telah berhasil menyumbang penjualan listrik sebesar 0,31 TWh sepanjang tahun 2022.

Selain itu, strategi intensifikasi juga telah digalakkan untuk mendorong penggunaan listrik oleh masyarakat melalui penyediaan promo tambah daya guna memenuhi kebutuhan tambahan daya listrik, serta layanan pengisian daya kendaraan listrik di rumah (home charging). Upaya intensifikasi ini telah berkontribusi pada penjualan sebesar 1,31 TWh selama tahun 2022.

"Strategi pemasaran proaktif yang dilakukan oleh PLN telah berkontribusi pada penjualan listrik sebesar 273,8 TWh pada tahun lalu," tambah Edi.

Upaya peningkatan pendapatan perusahaan ini juga telah berkontribusi pada kinerja keuangan terbaik sepanjang sejarah PLN, dengan mencatatkan laba bersih sebesar Rp14,44 triliun.

Selain itu, dalam acara tersebut, Edi juga menerima piagam apresiasi Dewi BUMN 2023 bersama dengan Sinthya Roesly, Direktur Keuangan PLN, sebagai Srikandi yang berperan besar dalam membangun PLN.

LihatTutupKomentar