iklan jual beli mobil

Dihujat Kurang Pribumi, Ini Fakta Tzu Chi Hospital yang Diresmikan Jokowi

  • Peresmian Tzu Chi Hospital oleh Presiden Jokowi mengundang pro kontra netizen karena namanya yang dinilai kurang pribumi. Padahal Tzu Chi sendiri merupakan yayasan amal yang sudah ada sejak puluhan tahun di Indonesia. Berikut faktanya untuk Anda.

Suarajatim.com - Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meresmikan Tzu Chi Hospital di Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta Utara, pada Rabu (14/6/2023). Turut hadir juga Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, hingga Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.


Jokowi mengatakan, Tzu Chi Hospital memiliki 576 kamar perawatan, serta layanan penanganan penyakit lengkap dengan alat medis yang modern. Terutama dalam menangani kasus transplantasi sumsum tulang belakang, perawatan paliatif, bedah syaraf, kanker, serta perawatan ibu dan anak.


"Semuanya saya lihat peralatan, sarana prasarana, semuanya sangat modern. Kita ingin semuanya sehat. Tetapi kalau pas sakit, jangan pergi ke luar negeri. Pergi saja ke rumah sakit Tzu Chi Hospital," ujar Jokowi dalam pidatonya.


Jokowi menuturkan bawa hampir 1 juta orang Indonesia pergi berobat ke luar negeri setiap tahunnya. Hal ini berdampak pada hilangnya devisa negara sebesar 11,5 miliar US dollar, Rp170 triliun. Padahal menurutnya, kualitas dokter-dokter di Indonesia tidak kalah baik dengan dokter di luar negeri. Namun ia mengakui dari sisi peralatan, rumah sakit di luar negeri masih lebih baik. Oleh karenanya kehadiran Tzu Chi Hospital menjadi angin segar.

Namun, peresmian Tzu Chi Hospital oleh Presiden Jokowi ini menuai pro kontra di masyarakat. Tak sedikit netizen yang skeptis pada rumah sakit ini, karena namanya yang dinilai tidak pribumi. Lagi-lagi mereka pun mempertanyakan keberpihakan pemerintah terhadap rakyat kecil.


"Promonya kok RS Tzu Chi Pak? Kenapa tidak benerin RS milik pemerintah?" kata salah satu netizen.


"Serius nanya, bisa pake BPJS gak?" timpal yang lainnya.


"Stop ke luar negeri tapi nama RS nya non pribumi??"


Terlepas dari pro dan kontra tersebut, sebenarnya seperti apa sih fakta Tzu Chi Hospital? Berikut ulasan Suarajatim untuk Anda. 

1. Telah Didirikan Sejak Tahun 2013

Tzu Chi Hospital merupakan rumah sakit di bawah naungan Yayasan Budha Tzu Chi. Peletakkan batu pertama dilakukan pada Februari 2013. Hingga kini telah terbangun 22 lantai di atas lahan seluas 2,68 hektar. Tzu Chi Hospital sebenarnya sudah beroperasi sejak 14 Juni 2021, dimulai dengan layanan kesehatan untuk pasien Covid-19.


2. Fokus Beramal Sejak Tahun 1966

Ditelisik dari namanya, "Tzu" berarti cinta kasih dan "Chi" berarti memberi bantuan. Secara harafiah Tzu Chi berarti memberi bantuan dengan cinta kasih. 


Mulanya, Tzu Chi adalah lembaga sosial kemanusiaan Budha yang didirikan pada tahun 1966 Hualien, Taiwan. Terus berkembang hingga ke 67 negara di dunia dan telah memberikan bantuan ke lebih dari 128 negara (data tahun 2022).


Organisasi amal ini fokus berjuang meringankan penderitaan yang ada di dunia lewat jaringan relawan internasional  untuk memberikan dukungan dan pelayanan kemanusiaan tanpa memandang ras, suku, agama, kebangsaan, dan jenis kelamin.


Sejak 1998, Yayasan Tzu Chi Indonesia telah mendistribusikan beras langsung kepada banyak komunitas yang tersebar di beberapa lokasi seperti DKI Jakarta, Sumatera, Jawa, Makassar, dan Nusa Tenggara Timur. Saat bencana Tsunami Aceh pada Desember 2014 lalu, Tzu Chi juga hadir mendermakan bantuan.


Bantuan lainnya yang dilakukan adalah pengobatan bibir sumbing, hidrosephalus, hernia, katarak, dan penyakit lainnya. Tak hanya medis, bidang pendidikan juga terjamah melalui kegiatan mengecat gedung sekolah, mendonasikan buku, menyediakan pelatihan manajemen sekolah dasar dan pelatihan bagi para guru.


Pada pandemi lalu, Yayasan Tzu Chi menggaet sejumlah konglomerat mengumpulkan donasi hingga Rp 500 miliar untuk mempercepat penanggulangan COVID-19.

3. Menyediakan Peralatan Modern

Berdirinya Tzu Chi Hospital dilatarbelakangi oleh fenomena masifnya masyarakat Indonesia yang berobat ke luar negeri akibat fasilitas medis di Tanah Air kurang memadai. 


Maka Tzu Chi Hospital hadir menyediakan fasilitas dan peralatan medis yang canggih, diantaranya; Advanced 4D Cardiac MRI 3 Tesla, 4D CT-Scan 512 Slices, 3D Mamografi, rehabilitasi robotik, Elekta Linac Versa HD, PET/CT dan SPEC/CT, serta kamar operasi hybrid yang dilengkapi dengan CT-Scan dan Robotic C-Arm yang mempermudah proses operasi dan meningkatkan keselamatan pasien.


4. Bisa Pakai BPJS

Kabar baiknya, Tzu Chi Hospital telah menjalin kerjas sama dengan BPJS Kesehatan dan sejumlah perusahaan asuransi. Maka, bagi pasien rujukan BPJS Kesehatan bisa mendatangi rumah sakit di Pantai Indah Kapuk ini untuk memperoleh layanan kesehatan yang dibutuhkan tanpa rasa khawatir.

LihatTutupKomentar