iklan jual beli mobil

Olahan Ayam Termahal di Dunia, Harganya Rp 35 Juta Berasal dari Indonesia

  • Olahan ayam paling mahal di Dunia ternyata dari Indonesia. Seperti apa keunggulannya?

Suarajatim.com - Ayam adalah salah satu bahan masakan yang paling banyak disukai masyarakat. Selain mudah ditemukan, mudah diolah, harganya bersahabat, juga rasanya aman untuk dimakan bersama menu lainnya. Tapi tahukan Anda, ada sup ayam yang dibanderol seharga Rp 35 juta per porsinya?


Adalah Ayam Cemani, unggas khas Indonesia yang banyak dijumpai di Tanah Jawa. Warnanya serba hitam mulai dari bulu, paruh, jengger, daging, organ dalam, hingga tulang, semua berwarna hitam.


Di Indonesia, harganya sekitar Rp 3 juta per ekor. Tapi kalau sudah diekspor bisa mencapai Rp 37 juta per ekor. Telurnya pun mahal yakni Rp250 ribu per butir.


Greenfire Farms, peternakan Ayaam Cemani paling terkenal di Amerika Serikat, mengaku menjual anak ayam cemani umur sehari seharga $199 (Rp3.026.790).

Ayam Cemani bukanlah bahan masakan yang biasa diolah jadi masakan harian. Ayam ini biasanya dipakai untuk kontes atau malah kerap dikaitkan dengan hal-hal mistis.


Padahal, Ayam Cemani mempunya banyak khasiat bagi kesehatan. Di China, ayam ini biasa diolah jadi sup herbal yang dipercaya dapat mempercepat penyembuhan penyakit.


"Ada salah satu restoran di Amerika yang menyediakan hidangan ayam cemani dengan harga Rp35 juta per ekor," kata Sultan, Ketua Komunitas Black Indonesia (BI), kumpulan pecinta Ayam Cemani.


Soal rasa, daging Ayam Cemani dinilai lebih kenyal, tidak seperti ayam ras kampung. Dagingnya tidak mudah hancur ketika dimasak.


Di sisi lain, permintaan pasar yang tinggi membuat Ayam Cemani terancam punah karena cara berkembangbiaknya butuh perhatian khusus mengingat cangkang telurnya keras sehingga anak ayam kerap susah keluar dari sana dan butuh dibantu oleh manusia.

LihatTutupKomentar