Gak Semrawut Lagi, PLN Icon Plus Rapikan Kabel-kabel Tiang Listrik Kota Madiun

  • PLN membenahi kabel-kabel listrik di kota Madiun. Selain memperbaiki estetika, kegiatan ini bertujuan menjaga aset dan keefektifan pelayanan.

Madiun, Suarajatim.com - PLN Icon Plus SBU Regional Jawa Bagian Timur melakukan patroli untuk merapikan kabel-kabel fiber optic yang semrawut di tiang-tiang listrik milik PLN kota Madiun pada Rabu (27/9).


Kegiatan tersebut juga didampingi oleh perwakilan PT PLN (Persero) UP3 Madiun selaku holding dan pemilik asset tiang PLN area Madiun. 


"Kegiatan perapihan ini dilakukan mulai dari Kawasan tugu 0 Km sampai McD Jl.Panglima Sudirman, Kejuron, Kota Madiun. Tujuannya untuk menjaga asset sekaligus estetika kota. Jadi ke depannya apabila ada gangguan, penangannya bisa lebih efektif," kata Senior Manager PLN Icon Plus SBU Regional Jawa Bagian Timur, Rory Aditya.

Rory melanjutkan, jika kabel-kabel fiber optic sudah rapi, maka akan mempermudah proses perawatan dan perbaikan jaringan internet ke depannya. Selain itu, akan lebih jelas kabel milik siapa saja yang terpasang.


“Hal ini sangat penting karena kecepatan dan kualitas koneksi internet yang diperoleh pelanggan bergantung pada jaringan kabel yang terpasang,” sambung Rory.


Pada kegiatan ini, PLN Icon Plus Jawa Bagian Timur menerjunkan 8 orang petugas yang terdiri dari 5 orang teknisi, 1 orang pengawas pekerjaan, dan 1 orang pengawas K3.


“Kegiatan ini juga merupakan komitmen kami untuk menjaga aset atau Right of Ways (ROW) di tiang-tiang milik PLN” ujar Rory.

Adapun teknis perapihan kabel, dimulai dengan pendataan terhadap kabel yang terpasang di tiang PLN (apakah milik PLN Icon plus atau bukan), apabila ada kabel yang sudah tidak ter-utilize maka akan dipotong. Sedangkan kabel-kabel yang masih bermuatan akan digabung dengan O-ring atau diikat jadi satu sehingga lebih rapi.


"Ini tidak hanya soal estetika kota, tapi juga kenyamanan pelanggan dan masyarakat pun bisa terwujud," pungkas Rory.

LihatTutupKomentar