iklan jual beli mobil

Kalahkan 15 Negara, PLN Raih 2 Penghargaan di Asian Experience Awards 2023

  • Keberhasilan transformasi dan inovasi digital yang dilakukan PLN demi meningkatkan pelayanan, meraih dua penghargaan internasional.

Jakarta, Suarajatim.com - PT PLN (Persero) jadi perusahaan energi yang mewakili Indonesia di ajang Asian Experience Awards 2023 bersaing dengan 15 negara lainnya.


Acara penghargaan tersebut digelar di Marina Bay Sands Expo and Convention Center Singapura, pada Kamis (5/10).


PLN berhasil menyabet dua penghargaan, yakni Indonesia User Experience of the Year untuk aplikasi PLN Mobile dan Indonesia Digital Experience of the Year untuk transformasi digital pada lini bisnis untuk kategori energi.


Asian Experience Awards 2023 diinisiasi oleh media The Asian Business Review (Charlton Media Group) yang berbasis di Singapura. The Asian Business Review menilai PLN sebagai sebuah badan usaha negara Indonesia, telah berhasil melahirkan inovasi-inovasi terbaru di bidang energi, terutama ketenagalistrikan. 


Penghargaan bergengsi ini diikuti oleh 16 negara dan 60 perusahaan ternama di Asia. PLN jadi satu-satunya perusahaan di bidang energi yang mendapatkan penghargaan ini.

Darmawan Prasodjo selaku Direktur Utama PLN, mengatakan bahwa capaian ini adalah bukti nyata inovasi dan transformasi PLN demi memuaskan konsumen.


“Dalam tiga tahun terakhir PLN terus menjalankan transformasi berbasis digital secara end-to-end mulai dari energi primer, pembangkitan, transmisi, distribusi, sistem keuangan, sistem pengadaan hingga pelayanan pelanggan. Transformasi digital ini mampu meningkatkan efisiensi perusahaan,” terang Darmawan.


Menurut Darmawan, digitalisasi yang dilakukan PLN dan subholding-nya ini telah berhasil membuat seluruh proses bisnis jadi lebih efisien, cepat, terintegrasi, dan dapat dikontrol secara real-time.


“PLN terus bergerak maju dan berkembang mengikuti perubahan zaman. Oleh karenanya kita terus menjalankan transformasi berbasis digital, untuk mengubah sistem pelayanan yang sebelumnya lambat, tidak responsif, menjadi cepat dan sangat memuaskan," ujar Darmawan.


Salah satu hasil transformasi ini adalah aplikasi New PLN Mobile yang telah diauki di tingkat mancanegara.


“PLN Mobile yang baru ini mampu menjawab kebutuhan pelanggan sebagai aplikasi one-stop solution. Beberapa layanan yang ditawarkan aplikasi new PLN Mobile antara lain: pasang baru, tambah daya, pembayaran listrik, pembelian token, pengaduan, EV digital services, dan marketplace. Aplikasi ini telah diiunduh oleh hampir 44 juta pengguna dengan rating 4,9 dari skala 5,” tambahnya.


Darmawan mengatakan bahwa prestasi ini ia dedikasikan kepada seluruh anggota tim PLN yang terus semangat dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.


Selain bidang energi, Asian Experience Awards 2023 juga diberikan kepada perusahaan yang bergerak di bidang lain seperti oil and gas yang dimenangkan Petronas dari Malaysia, telekomunikasi yang dimenangkan oleh China Mobile International dari Singapura, dan perbankan oleh Khrungthai Bank PCL dari Thailand.

LihatTutupKomentar